1. Pengertian ginjal bocor itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan ginjal bocor ?
  3. Apa arti kata ginjal bocor ?
  4. Apa itu ginjal bocor ?
  5. Apa yang menyebabkan ginjal bocor ?

Pengertian Ginjal Bocor Menurut Para Ahli


Definisi ginjal bocor adalah :

Pengertian ginjal bocor adalah sindrom nefropati atau kerusakan ginjal yang mana racun tidak bisa dikeluarkan, sedangkan protein yang seharusnya dipertahankan ginjal malah bocor keluar. (Tandra : 2007) 


Pengertian Ginjal Bocor

Secara umum, pengertian ginjal bocor adalah salah satu penyakit dimana ginjal kita mengalami kerusakan atau kebocoran. Jika hal demikian terjadi, maka ginjal manusia tidak akan dapat berfungsi dan bekerja dengan baik. Penyakit ginjal bocor ini tidak hanya terjadi pada orang dewasa saja tetapi juga sudah terjadi pada anak-anak umur 3 atau 4 tahun. Penyakit ginjal termasuk penyakit yang berbahaya karena penyakit ini terdapat pada organ dalam tubuh manusia.

Apakah ginjal bocor apakah berbahaya ? Apa yang terjadi jika ginjal bocor ?

Istilah ginjal bocor itu bukan berarti ada lubang yang bocor pada ginjal tersebut namun untuk menggambarkan bocor atau keluarnya protein (alubumin) dari dalam tubuh melalui air kencing. Jika protein dalam tubuh banyak yang keluar, maka akan membuat kadar protein dalam tubuh kita pun ikut menurun.

Alubumin berfungsi adalah menahan agar cairan dalam tubuh tidak mudah keluar. Namun ketika tubuh kekurangan alubumin, maka cairan dalam tubuh akan sangat mudah keluar yang alhasil akan membuat tubuh membengkak. Jika sudah kekurangan alubumin, maka tubuh akan melakukan penyesuaian salah satunya yaitu dengan memecah lemak dari seluruh tubuh sehingga kadar kolesterol dalam tubuh akan naik.

Penyebab Ginjal Bocor

Apa penyebab ginjal bocor / apa yang menyebabkan ginjal bocor ? Peristiwa keluarnya protein dalam tubuh melalui urin disebabkan karena membran inti yang gunanya sebagai lapisan penyaring telah berubah. Perubahan lapisan penyaring dalam tubuh biasanya disebabkan oleh dua faktor, yaitu:

  • Karena ada sesuatu di organ ginjal itu sendiri yang disebut dengan penyakit ginjal primer. Penyakit ini biasanya dikarenakan oleh infeksi dalam tubuh
  • Karena penyakit non ginjal namun tetap melibatkan organ ginjal itu sendiri. Misalnya penyakit yang berkaitan dengan sistem imun atau kekebalan tubuh seperti lupus, diabetes, maupun malaria.

Gejala Ginjal Bocor

Apa gejala ginjal bocor ? Untuk mengetahui apakah ginjal kita sudah bocor atau tidak, maka kita dapat melakukan tes urine terlebih dahulu sehingga dapat diketahui bagaimana keadaan ginjal kita yang sebenarnya. Penyakit ginjal bocor juga dapat kita ketahui secara perlahan-lahan yaitu dengan cara:

  • Perubahan pada urin. Perubahan ini dapat kita ketahui ketika kita sedang buang air, maka urin yang kita keluarkan akan ikut mengeluarkan busa atau buih
  • Tubuh mudah terinfeksi oleh virus, bakteri atau sebagainya. Karena bocornya ginjal akan menyebabkan kekebalan tubuh menurun, maka kita akan sagat mudah diserang oleh virus dan menimbulkan penyakit
  • Penumpukan cairan dalam ginjal akan menyebabkan pembengkakan dalam tubuh. Pembengkakan ini akan terjadi pada sebagian anggota tubuh kita.
  • Para penderita ginjal bocor akan mengalami masalah pencernaan seperti diare, mual atau muntah-muntah
  • Kenaikan berat badan yang disebabkan karena menumpuknya cairan dalam tubuh
  • Jika ginjal yang sudah bocor tidak cepat ditangani, maka akan menyebabkan kesehatan tubuh akan menurun perlahan-lahan

Itulah penjelasan singkat tentang pengertian ginjal bocor dan penyebabnya. Semoga kalian bisa menjelaskan pengertian penyakit ginjal bocor dan penyebabnya secara umum ya ! Baca juga pengertian giro wajib minimum 🙂