1. Pengertian kamera dslr dan slr itu apa sih ?
  2. Apa perbedaan kamera slr dan dslr ?
  3. Apa kelebihan dan kekurangan kamera dslr dan slr ?
  4. Apa yang dimaksud dengan kamera dslr dan slr ?
  5. Apa arti kamera dslr dan slr ? Apa contoh kamera dslr dan slr ?

Pengertian Kamera DSLR dan SLR


Pilih Kamera DSLR atau SLR?
arti dslr dan slr pada kamera – Kita pasti sudah akrab dengan istilah kamera DSLR maupun SLR. Bahkan mungkin kita juga salah satu pengguna kamera salah satu tipe diantaranya. Namun mungkin kita belum memahami dengan rinci, kenapa dibedakan antara DSLR dengan SLR. Kita juga mungkin sedikit yang memahami apa perbedaan keduanya. Malah bisa jadi, kita juga tidak tahu sebenarnya kamera yang sedang kita miliki ini merupakan kamera DSLR ataukah SLR.

Kamera Digital Single Lens Reflex atau kita biasa menyingkatnya dengan sebutan DSLR saja, adalah kamera digital yang memakai sistem cermin otomatis serta penta prisma yang berfungsi untuk meneruskan cahaya dari lensa ke tempat intip mata kita ketika hendak memotret atau view finder istilahnya.

Lalu apa kelebihan kamera dslr / keunggulan kamera dslr?

Keunggulan dari kamera DSLR ini diantaranya jika berbicara ukuran sensor, kamera DLSR ini memiliki ukuran sensor yang jauh lebih besar apabila dibandingkan dengan kamera digital biasanya. Biasanya dikenal dengan sebutan full frame. Sehingga karena sensor yang dimiliki besar, kamera DSLR ini memiliki kemampuan ISO yang tinggi. Namun jangan khawatir, meskipun kita mensetting kamera DSLR ini pada posisi ISO yang tinggi di spot foto yang gelap, namun noise yang dihasilkan tidak terlalu kentara dan masih bisa ditoleransi.

Lalu apa kepanjangan slr ? Jelaskan mengenai prinsip kerja kamera slr!

SLR adalah singkatan dari Single Lens Reflex merupakan kamera yang memakai sistem jajar lensa satu jalur untuk meneruskan cahaya ke dua tempat sekaligus, yakni focal plane atau istilah lainnya sensor gambar, dan satunya diteruskan menuju viewfinder. Sehingga pada kamera SLR memungkinkan sang fotografer dapat melihat objek foto melalui kamera yang persis sama dengan hasil fotonya nanti. Bedanya dengan kamera non SLR tentu gambar yang terlihat di viewfinder bisa berbeda dengan yang ditangkap oleh film, karena menggunakan jajaran lensa ganda.

Kamera SLR ini juga menggunakan penta prisma yang diposisikan di atas lintasan optikal melalui lensa ke lempengan filmnya. Berkas cahaya yang masuk lalu dipantulkan ke atas oleh cermin pantul dan mengenai penta prisma. Kemudian oleh penta prisma dipantulkan cahaya tersebut beberapa kali sehingga mengenai jendela bidik.

Apa bedanya kamera dslr dan slr / perbedaan antara kamera dslr dan slr?

Perbedaan antara kamera DSLR dan SLR tidak terlalu beda jauh, hanya berbeda pada sistem kerjanya saja. Kamera DSLR bekerja dengan sistem yang digital secara menyeluruh sejak kita menekan tombol shutter sampai pada mengisi data pada kartu memori. Karena produk digital, maka kamera DSLR lebih banyak memiliki tombol konfigurasi dibandingkan SLR, seperti setting ISO, white balance, resolusi dan banyak lain. Sedangkan pada SLR tidak tersedia pilihan ISO dan setting tombol lainnya. Hal ini membuat kamera SLR lebih sederhana. Sistem elektronik pada kamera SLR hanya berguna pada pengaturan komposisi secara otomatis, yang kadang malah bagi fotografer professional, setting ini tidak digunakan.

Kesamaannya antara kamera DSLR dan SLR terletak pada mekanisme pengambilan objek foto yang hanya menggunakan satu lensa sama untuk fungsi bidik dan untuk meneruskan hasil bidikan ke image sensor pada DSLR atau ke film untuk SLR. Baik kamera DSLR maupun SLR memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, fotografer pun berhak menjatuhkan seleranya memilih diantaranya.

Contoh kamera SLR adalah Nikon F Series, Canon AE1, Yashica FX3, Olympus Pen F, dll. Contoh kamera DSLR adalah Canon EOS Rebel T100, Canon EOS 90D, Nikon D750, Nikon D7500, Canon EOS 6D Mark II, Nikon D850, Canon EOS 5D Mark IV, Pentax K-1 Mark II dsb.


Nah itulah penjelasan singkat tentang pengertian kamera dslr dan slr & perbedaan kamera dslr dan slr. Semoga kalian semakin paham akan kelebihan dan kekurangan kamera dslr dan slr secara umum ya !