1. Pengertian kamera dslr full frame itu apa sih ?
  2. Apa perbedaan kamera dslr full frame dan non full frame ?
  3. Apa yang dimaksud dengan kamera full frame ?
  4. Apa full frame pada kamera dslr ?
  5. Apa itu full frame pada kamera dslr / apa itu kamera dslr full frame?

Pengertian Kamera DSLR Full Frame


Pilih Full Frame Untuk Dapat Panorama Luas

pengertian full frame pada kamera dslr – Fotografi kini menjadi hobi yang digandrungi banyak orang. Produsen kamera sebagai salah satu penyedia tools utama memotret pun mengimbangi kebutuhan pasar baik dari segi kuantitas maupun peningkatan kualitasnya. Biasanya satu merk perusahaan kamera akan memproduksi berbagai macam tipe dengan berbeda-beda fitur yang disediakan yang mengikuti perkembangan teknologi terkini. Tak hanya itu, produsen juga memproduksi berbagai macam jenis kamera yang disesuaikan dengan kebutuhan sang fotografer. Salah satunya adalah jenis kamera DSLR Full Frame.

Sebenarnya untuk mudah memahami kamera full frame ini, lebih baik kita lihat perbedaan full frame dengan yang non full frame serta kegunaan jenis kamera ini. Jika kita menjepret foto menggunakan kamera full frame, maka gambar yang dihasilkan akan lebih lebar dan luas dibandingkan dengan kamera non full frame. Jenis kamera ini memang cocok untuk kita yang hobi memotret panorama landscape atau memotret di alam bebas.

Istilah full frame dan non full frame sendiri awalnya dikenalkan oleh produsen kamera Canon dengan tujuan untuk membedakan kamera yang bersensor besar dan kecil. Kamera DSLR full frame memiliki ukuran sensor lebih besar dibanding dengan sensor kamera non full frame.  Dahulu, kamera full frame ini biasanya yang digunakan oleh fotografer pro. Kemudian untuk kebutuhan hobi dan profesi, maka disediakanlah yang non full frame.

Pada mulanya baik kamera full frame maupun non full frame keduanya hadir dalam jenis kamera DSLR, dan banyak tersedia untuk merk Canon dan Nikon. Saat ini ketika kamera mirrorless sudah semakin populer, kini hanya Sony yang mampu menyediakan dua jenis kamera ini. Sedangkan untuk merek Fuji, Canon dan Samsung nampaknya sudah stabil menggunakan dengan format mirrorless non full frame.

Jika kita ingin membeli sebuah kamera atau memutuskan untuk berganti dari non full frame menjadi full frame atau sebaliknya, maka faktor yang kita pertimbangkan bukan tentang berapa harga kamera. Bukan pula pilihan kamera mana yang menghasilkan hasil yang lebih bagus, karena tentu kamera jenis apapun kalau kita mampu memaksimalkannya tetap akan menghasilkan foto yang istimewa. Pilihan untuk menentukan jenis kamera ini lebih kepada foto apa yang kita akan hasilkan dengan kamera tersebut.


Nah itulah penjelasan singkat tentang apa yang dimaksud dengan kamera full frame. Semoga artikel tentang pengertian kamera DSLR full frame ini bisa menambah wawasan kamu ya!