1. Pengertian leasing dan jenisnya itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan leasing dan contohnya ?
  3. Apa arti kata leasing ? Apa itu leasing ?
  4. Apa yang dimaksud dengan leasing motor?

Pengertian Leasing Menurut Para Ahli


Arti leasing adalah :

Pengertian leasing adalah suatu kegiatan pembiayaan melalui penyediaan barang-barang modal untuk dipakai oleh suatu perusahaan (dengan debitur atau lessee) dalam suatu jangka waktu tertentu. Jenis-jenis leasing ada tiga yaitu operating leasing, financial leasing dan sale & release back (Zen, A Patra M : 2006) 

Definisi leasing adalah suatu perjanjian penyediaan barang-barang modal yang digunakan dalam suatu jangka waktu tertentu. (Financial Accounting Standard Board, FASB13)

Pengertian leasing syariah adalah suatu kegiatan pembiayaan dalam bentuk penyediaan barang modal baik secara finance lease (sewa guna usaha dengan hak opsi) maupun operating lease (sewa guna usaha tanpa hak opsi) untuk digunakan oleh lesse (penyewa guna usaha) selama periode waktu tertentu berdasarkan pembayaran secara angsuran sesuai dengan prinsip syariah. (Andri Soemitra, M.A. : 2017)

Pengertian leasing mobil adalah suatu perjanjian menyewakan mobil dalam jangka waktu tertentu kemudian mobil tersebut menjadi milik Anda atau perusahaan leasing setelah perjanjian berakhir. Mobil yang Anda pakai itu belum bisa dikatakan menjadi milik Anda sepenuhnya jika perjanjian belum berakhir.

Pengertian leasing motor adalah leasing yang mana motor dijual kepada pembeli dengan sistem kredit, yang mana uang yang ditambah dengan bunga akan dibayarkan ke perusahaan leasing. Pada akhir tenor si pembeli diberikan pilihan apakah motornya ingin dibeli atau menjadi milik perusahaan leasing. 


Pada zaman sekarang istilah leasing sudah begitu dikenal, tidak hanya oleh masyarakat perkotaan namun hingga masyarakat di pelosok desa sudah sangat akrab dengan istilah ini. Coba saja kita perhatikan hampir di setiap daerah setidaknya ada dua hingga tiga lembaga leasing didirikan. Hal ini tidak lepas dari permintaan yang demikian tinggi dari masyarakat sehingga lembaga-lembaga leasing tumbuh subur di Indonesia. Kebutuhan masyarakat terhadap berbagai barang untuk menjalankan usahanya sementara kemampuan keuangan mereka yang masih terbatas sehingga tidak mampu membeli barang secara tunai.

Sebagian besar orang bahkan nasabah leasing sendiri masih sering salah memahami apa itu leasing. Mereka menganggap leasing sama dengan kredit. Padahal keduanya memiliki maksud yang berbeda. Istilah leasing atau lease berasal dari bahasa Inggris yang artinya menyewakan. Menurut definisinya leasing adalah sewa-guna-usaha dimana lessor (pihak penyelenggara leasing) melakukan kegiatan pembiayaan terhadap barang modal untuk kemudian disewakan kepada lesse (pihak yang mengajukan leasing), sebagai balas jasanya lesse harus membayar biaya sewa barang tersebut kepada lessor secara berkala sesuai dengan kesepakatan kedua belah pihak.

Leasing dapat disertai hak opsi atau tanpa hak opsi dimana jika disepakati dengan hak opsi maka di akhir pembayaran sesuai masa sewa yang disepakati barang tersebut menjadi hak milik lesse, namun jika disepakati tanpa hak opsi maka sampai akhir pembayaran dan masa sewa yang disepakati habis barang tetap menjadi milik lessor. Dengan demikian jika lesse tidak mampu melunasi pembayaran, barang tersebut dapat disita oleh lessor. Yang kebanyakan diterapkan di Indonesia adalah leasing dengan opsi dimana pada akhir masa pembayaran hak milik barang jatuh ke tangan lesse sehingga terlihat mirip dengan kredit.

Pada dasarnya ada tiga pihak yang terlibat dalam kegiatan leasing yaitu lessor yang dapat berupa bank atau lembaga / perusahaan lain yang memiliki izin usaha untuk mengadakan kegiatan leasing, lesse yaitu masyarakat luas yang memenuhi persyaratan yang ditentukan lessor, serta supplier sebagai pihak penyedia barang yang akan di-leasing-kan. Pada prakteknya ada satu pihak lagi yang selalu terlibat dalam kegiatan leasing yaitu pihak asuransi sebagai penanggung resiko terhadap perjanjian leasing.


Itulah penjelasan tentang pengertian leasing dan jenisnya secara singkat. Semoga kalian bisa menjelaskan apa yang dimaksud dengan leasing (sewa guna) secara umum ya ! Baca juga pengertian deposito berjangka dan sertifikat deposito 🙂