1. Pengertian loyalitas karyawan itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan loyalitas karyawan ?
  3. Apa arti kata loyalitas karyawan ?
  4. Apa itu loyalitas karyawan ?

Pengertian Loyalitas Karyawan Menurut Para Ahli


Pengertian loyalitas karyawan adalah suatu rasa memiliki seorang karyawan yang diwujudkan dalam keinginan untuk tetap bertahan dalam suatu organisasi, atau suatu kepercayaan terhadap manajemen bahwa mereka sudah atau akan melakukan hal-hal yang baik. (Porter dalam Mullins : 2005)

Arti loyalitas karyawan adalah seberapa loyalnya karyawan yang bisa diukur dari lamanya karyawan bisa bertahan dalam perusahaan. Untuk mempertahankan karyawan, perusahaan harus melakukan ERP (Employee Retention Program). (Arvan Pradiansyah : 2010)

Definisi loyalitas karyawan adalah suatu manifestasi dari komitmen organisasi dengan mengidentifikasi kekuatan dan keterlibatan individu dalam organisasi (Seema et al : 2010)

Pengertian loyalitas karyawan adalah karyawan yang puas dan menjadi loyal ketika melihat perusahaan atau organisasi mereka menyediakan jalur karir yang bisa diraih dengan jelas serta menawarkan berbagai peluang untuk tumbuh dan belajar (Walker : 2005)

Pengertian loyalitas karyawan adalah komitmen terhadap perusahaan atau organisasi yang terjadi sebagai akibat dari meningkatnya kepuasan yang berasal dari hasil proses evaluasi internal. Jika tingkat harapan karyawan terpenuhi maka kepuasan akan tumbuh. (McCusker dan Wolfman : 2008) 


Perusahaan dan karyawan merupakan dua hal yang saling membutuhkan, sebuah perusahaan tidak akan mampu beroperasi tanpa adanya karyawan, sementara karyawan membutuhkan pekerjaan dan imbalan dari perusahaan untuk menafkahi hidupnya.

Untuk itu seyogyanya kedua belah pihak saling menghormati dan menghargai yang terlihat dari bagaimana kedua belah pihak menjalankan hak dan kewajibannya sebaik mungkin. Karyawan bekerja sebaik-baiknya dan perusahaan memberi imbalan yang sesuai.

Berbicara mengenai hubungan perusahaan dan karyawannya maka kita tidak lepas dari pembicaraan mengenai loyalitas karyawan. Setiap perusahaan pasti menginginkan karyawan dengan loyalitas yang baik. Apa itu loyalitas? Ada dua kata yang dianggap dapat mewakili istilah loyalitas yaitu patuh dan setia.

Secara umum pengertian loyalitas karyawan adalah kualitas kepatuhan dan kesetiaan seorang karyawan terhadap perusahaan tempat ia bekerja, bagaimana ia memberi dukungan pada perusahaan dan mematuhi semua aturan yang ditetapkan dengan teguh secara terus-menerus. Dukungan dapat diberikan dalam berbagai bentuk seperti dengan bekerja sebaik-baiknya, memberikan ide-ide baru bagi perusahaan, atau menjaga nama baik perusahaan. Semua aturan yang dibuat perusahaan tujuannya pasti untuk kebaikan perusahaan sehingga karyawan yang loyal sadar betul bahwa setiap aturan perusahaan harus dipatuhi.

Layaknya hal-hal non-materi lainnya seperti cinta dan kebahagiaan maka loyalitas karyawan bukanlah suatu hal yang dapat dibeli dengan uang. Perlu waktu dan proses untuk menumbuhkan loyalitas karyawan meskipun lamanya seorang karyawan bekerja tidak dapat menjamin loyalitas mereka terhadap perusahaan. Diantara hal-hal yang dapat meningkatkan loyalitas karyawan adalah :

  • Pemenuhan hak-hak karyawan

Perusahaan harus memberikan hak-hak karyawan dengan baik dan profesional, seperti gaji, tunjangan, bonus, fasilitas kesehatan, dan lain sebagainya. Bagaimana karyawan dapat bekerja dengan baik dan profesional jika kebutuhan pokoknya belum terpenuhi dengan baik.

  • Penilaian kerja yang objektif dan fair

Dengan adanya penilaian kerja yang objektif dan fair dari perusahaan maka karyawan yang telah bekerja dengan baik dan mencurahkan segala kemampuannya akan merasa dihargai oleh perusahaan.

  • Kejelasan jenjang karir

Sebagai manusia yang berpikir seorang karyawan tentu tidak mau sekian lama melakukan pekerjaan yang sama atau berada pada posisi yang sama terus-menerus, tentu ia menginginkan peningkatan baik dari segi kemampuan, posisi, maupun penghasilan. Dengan adanya jenjang karir yang jelas membuat karyawan bersemangat bekerja dan meningkatkan kemampuannya sehingga membuatnya loyal pada perusahaan.

  • Kebebasan berkreativitas

Jika kita tengok di perusahaan-perusahaan besar dunia, mereka memberikan kebebasan pada karyawannya untuk berkreativitas. Mereka dibebaskan untuk berinovasi dalam melaksanakan pekerjaannya. Bahkan para karyawan diberikan alokasi waktu sekian persen dari seluruh jam kerja untuk mengerjakan proyek pribadi sehingga mereka tidak merasa seperti robot yang sekedar mengerjakan perintah. Hasilnya perusahaan-perusahaan ini tumbuh pesat karena berbagai inovasi dari para karyawannya.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian loyalitas karyawan terhadap perusahaan. Semoga kalian bisa menjelaskan contoh loyalitas dalam organisasi secara umum ya ! Baca juga pengertian lukisan abstrak 🙂