1. Pengertian job fair dalam dunia pekerjaan itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan job fair ?
  3. Apa arti job fair dalam bahasa indonesia ?
  4. Apa saja yang harus dibawa saat job fair ?
  5. Apa itu job fair ?


Pengertian Job fair Menurut Para Ahli


Arti job fair adalah :

Pengertian job fair adalah tempat bertemunya perusahaan-perusahaan yang mencari pekerja dengan para pencari kerja yang membutuhkan pekerjaan di perusahaan. Job fair adalah sarana untuk mendapatkan calon karyawan yang diinginkan perusahaan dengan secara langsung memilah dan menilai para pencari kerja dari penampilan ataupun lewat CV yang mereka bawa. (Iskandarsyah Muhammad : 2016)

Definisi job fair adalah suatu media yang mempertemukan para pencari kerja dan lowongan yang ada secara langsung. (Departemen Tenaga Kerja RI, Badan Perencanaan dan Pengembangan Tenaga Kerja, Pusat Perencanaan dan Informasi Tenaga Kerja : 2000) 


Pengertian Job Fair Dalam Dunia Pekerjaan

Bagaimana proses job fair / bagaimana cara mengikuti job fair?

Job fair sering juga disebut sebagai carerr expo yang berarti sebuah event atau acara yang diselenggarakan secara khusus yang ditujukan bagi para pencari kerja. Job fair ini nantinnya akan diisi oleh berbagai jenis perusahaan yang ingin mencari sejumlah tenaga kerja atau karyawan di perusahaannya. Pada umumnya job fair ini diselenggarakan atas dasar kerja sama dari berbagai jenis perusahaan atau lembaga lainnya yang memiliki tujuan yang sama. Job fair ini biasanya diselenggarakan di berbagai kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, dan kota besar lainnya di Indonesia.

Untuk dapat mengikuti acara job fair, para peserta yang hadir harus mengisi form terlebih dahulu. Setelah mengisi form barulah nanti kita akan dipanggil untuk melakukan wawancara kerja. Maka dari itu  sewaktu dating pada acara job fair, alangkah baiknya jika Anda membawa surat lamaran kerja yang banyak dengan sppesifikasi pekerjaan yang beragam pula namun masih saling berhubungan antara yang satu dengan yang lainnya.

Bagaimana agar langkahmu di acara job fair sukses?

  1. Cari informasi sebanyak-banyaknya. Informasi ini bias Anda dapatkan dari iklan yang ada di koran, dari teman ke teman, atau dari media internet untuk mengetahui perusahaan mana saja yang ikut tergabung dalam acara job fair tersebut
  2. Siapkan Curriculum Vitae (CV). Cv biasanya berisi data-data pribadi si pencari kerja. Dalam membuat CV jangan bertele-tele dan usahakan isinya padat dan jelas. Ada baiknya dalam membuat CV juga harus menarik agar enak dibaca, Karena CV yang menarik akan menjadi nilai plus bagi suatu perusahaan
  3. Pikirkan jawaban dari pertanyaan yang nanti akan diajukan perusahaan. Biasanya perusahaan akan bertaya mengenai kekurangan dan kelemahan diri kita, dan bagaimana cara kita untuk mengatasinya, dan lain sebagainya.
  4. Jangan lupa untuk membawa perlengkapan yang mendukung, seperti bolpoin, laptop, flash disk, ataupun keperluan lain yang dibutuhkan.
  5. Jaga kesehataan. Ini sangat perlu agar pada saat wawancara kondisi tubuh fit dan membuat penampilan menjadi lebih fresh.
  6. Bersikap ramah dengan para pewawancara lainnya. Hal ini perlu dilakukan untuk menjalin tali silaturahmi, walaupun tidak kenal apa salahnya jika kita mendekatkan diri hanya untuk menambah kenalan.
  7. Berpenampilan dengan baik. Ini juga hal yang perluu diperhatikan dan jangan sampai terlewatkan. Berpenampilan sewajarnya dan jangan berlebihan. Kesan rapi dan bersih perlu ditonjolkan, serta anggaplah penampilan Anda saat datang pada acara expo layaknya Anda akan diwawancara kerja.

Itulah penjelasan singkat tentang pengertian job fair dalam dunia pekerjaan. Semoga kalian bisa menjelaskan pengertian job fair secara umum ya ! Baca juga pengertian header dan footer pada microsoft word 🙂