1. Pengertian filosofi kerja dan contohnya itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan filosofi kerja ?
  3. Apa arti kata filosofi kerja ?
  4. Apa itu filosofi kerja ?

Pengertian Filosofi Kerja Menurut Para Ahli


Arti filosofi kerja adalah :

Pengertian filosofi kerja adalah segala pengetahuan dan akal budi mengenai hakikat segala yang ada, asal, sebab dan hukum di dalam bekerja. Filosofi kerja yang baik di dalam perusahaan seharusnya mengutamakan efisiensi dan produktivitas di dalam pekerjaan, bukan untuk kepentingan diri sendiri semata. (Bob Waworuntu : 2016) 


Pengertian filosofi kerja dan contohnya – Tidak salah jika dikatakan bahwa pekerjaan seseorang adalah hidupnya. Mengapa demikian? Karena jika kita perhatikan pekerjaan telah menyita sebagian besar waktu dalam hidup kita. Betapa tidak, rata-rata jam kerja normal seorang pegawai adalah 8 jam yang artinya sepertiga hari, belum lagi jika ditambah lembur atau membawa pekerjaan ke rumah.

Demikian pula dengan wiraswasta yang justru lebih gila lagi jam kerjanya. Coba saja kita perhatikan toko kelontong yang buka mulai dari pagi hingga malam hari atau seorang penulis yang harus begadang berhari-hari untuk menyelesaikan deadline tulisannya. Sehingga tidak heran jika faktor pekerjaan menjadi salah satu penyebab stres yang banyak terjadi pada orang dewasa.

Oleh karena itu sebaiknya kita bekerja tidak asal bekerja, harus memiliki pandangan hidup yang menjadi landasan dalam melakukan semua pekerjaan yang disebut juga dengan filosofi kerja. Bagaimana kita memandang pekerjaan, apa tujuan kita bekerja, prinsip-prinsip apa yang kita anut dalam bekerja, dan lain sebagainya. Hal ini menjadikan filosofi kerja yang dianut seseorang sangat penting karena akan menuntun semua langkahnya dalam bekerja, apakah akan bekerja dengan baik sesuai aturan atau bekerja secara ambisius tanpa memedulikan benar dan salah.

Contohnya saja filosofi kerja bahwa bekerja bukan hanya untuk mencari materi namun juga untuk mengamalkan ilmu yang dimiliki serta menyebarkan manfaat untuk lingkungan. Dengan memegang filosofi ini seseorang akan bekerja dengan baik dan benar. Ia tidak akan melakukan pekerjaan-pekerjaan yang dapat menimbulkan efek negatif baik bagi orang lain maupun bagi lingkungan. Ia juga tidak akan menghalalkan segala cara demi mengeruk keuntungan besar atau demi meraih jabatan yang tinggi.

Atau filosofi bahwa kerja adalah ibadah. Dengan menganut filosofi ini membuat kita lebih semagat dan ikhlas dalam bekerja. Tidak sombong ketika mencapai kesuksesan dan tidak putus asa ketika menemui kegagalan. Selain itu masih banyak filosofi-filosofi kerja lainnya yang baik untuk kita terapkan diantaranya bekerja untuk hidup dan bukan hidup untuk bekerja, bekerja sesuai dengan keahlian, bekerja untuk hal-hal yang bermanfaat, serta bekerja ikhlas, tangkas, cerdas, dan keras.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian filosofi kerja beserta contohnya. Semoga kalian bisa menjelaskan pengertian filosofi kerja secara umum ya ! Baca juga pengertian loyalitas karyawan 🙂