1. Pengertian psikologis menurut para ahli itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan psikologis dan contohnya ?
  3. Apa arti kata psikologis ? Apa itu psikologis pendidikan ?
  4. Apa pengertian psikologis manusia ?
  5. Apa pengertian psikologis sosial ?

Pengertian Psikologis Menurut Para Ahli


Definisi psikologis menurut para ahli :

Pengertian psikologis adalah ilmu tentang aktivitas-aktivitas individu baik itu aktivitas motorik ataupun aktivitas emosional serta tentang perilaku manusia yang tampak maupun perilaku yang tidak tampak. (Bimo Walgito : 2010 dalam buku Pengantar Psikologi Umum)

Pengertian psikologis menurut KBBI adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan psikologi atau segala sesuatu yang bersifat kejiwaan.

Pengertian psikologis pendidikan adalah bagian psikologi yang objeknya adalah berbagai perilaku individu yang terlibat secara langsung maupun tidak langsung dengan dunia pendidikan, seperti pendidik, peserta didik, , orang tua peserta didik, administrator, dan masyarakat pendidikan.

Pengertian psikologis sosial adalah bagian ilmu psikologi yang objeknya adalah tingkah laku atau gerak gerik individu yang timbul di dalam lingkungan sosialnya.

Pengertian psikologi sosial adalah suatu studi ilmiah mengenai proses mental manusia sebagai makhluk sosial. (Fairchild, H.P, dkk : 1982)

Pengertian psikologis anak adalah berbagai kondisi mental, sosial dan emosional anak.

pengertian psikologis remaja bagian ilmu psikologi yang objek permasalahannya adalah berusaha untuk menguraikan, meramalkan dan mengendalikan berbagai peristiwa mental dan tingkah laku remaja. (Faizah dan Muchsin Effendi : 2006) 


Pengertian Psikologis Secara Umum

Secara umum, pengertian psikologis adalah segala sesuatu hal yang berkaitan dengan kondisi kejiwaan seseorang. Psikologis secara etimologis berasal dari dua kata yang diambil dari bahasa Yunani. Yaitu “psyche” yang berarti “jiwa” dan “logos” yang memiliki arti ilmu. Dari kedua arti ini maka bisa dilihat secara umum jika psikologis merupakan ilmu yang mempelajari tentang kejiwaan dari manusia.

Ilmu Psikologi secara bahasa atau etimologi bisa diartikan sebagai ilmu yang mempelajari tentang jiwa. Hal yang dipelajari seperti mengenai tentang macam, gejala, tanda, proses hingga latar belakang dari kejiwaan tersebut. Meskipun demikian, namun tetap ada beberapa ahli yang memiliki pengertian beragam dan lebih luas lagi tentang psikologis. Contohnya;

  1. Edwin G.Boring dan Herbert S.Langfeld

Psikologis lebih berarti tentang suatu ilmu yang mempelajari hakekat manusia.

  1. Garden Murphy

Psikologis lebih diartikan sebagai ilmu yang mempelajari tentang respon dari makluk hidup dan lingkungannya.

  1. Woodwort dan Marquis

Psikologi diartikan sebagai sebuah ilmu yang mempelajari tentang aktivitas manusia atau individu yang terjadi dari dalam kandungan hingga meninggal. Aktivitas yang dimaksud adalah hubungan antara indiviidu dan alam sekitar.

  1. Wilhem Wund

Psikologi lebih diartikan sebagai ilmu yang mempelajari tentang pengalaman yang timbul pada diri manusia. Pengalaman ini seperti tentang perasaan, pikiran, merasa dan juga berkehendak.

Banyak ilmuwan juga yang mengartikan tentang psikologis dengan pengertian yang lebih kompleks apalagi setelah dijabarkan dengan pengertian harfiah dari Bahasa Indonesia. Psikologi merupakan sebuah ilmu yang mempelajari tentang jiwa baik itu berupa pemikiran, pengetahuan, tanggapan ataupun khayalan pada diri manusia yang berlandaskan pada sebuah keilmuwan. Psikologi mempelajari tentang kejiwaan manusia dengan lebih sistematis dimana menggunakan metode ilmiah yang juga dilengkapi dengan syarat-syarat yang sudah dimufakati oleh para ahli psikologi.

Dari berbagai pengertian diatas juga bisa disimpulkan jika psikologi juga berbeda dengan ilmu jiwa. Dimana psikologi lebih kepada sisi  yang ilmiah atau bersifat scientific. Sehingga ketika ahli psikologi ingin mempelajari tentang kejiwaan seseorang haruslah berdasarkan satu ilmu tertentu dan sudut pandang tertentu. Psikologi juga hadir dengan berbagai tugas yang tentunya sangat berhubungan dengan kejiwaan pada diri manusia.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian psikologis menurut para ahli. Semoga kalian bisa menjelaskan pengertian psikologis secara umum ya ! Baca juga pengertian sarkofagus dan fungsinyapengertian sarana dan prasarana menurut para ahli 🙂