1. Pengertian sarana dan prasarana menurut para ahli terbaru itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan sarana dan prasarana ?
  3. Apa arti sarana dan prasarana menurut para ahli ?
  4. Apa pengertian sarana dan prasarana menurut KBBI ?
  5. Apa pengertian sarana dan prasarana menurut depdiknas ?

Pengertian Sarana dan Prasarana Menurut Para Ahli


Definisi sarana dan prasarana menurut para ahli adalah :

Pengertian sarana dan prasarana menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia : sarana adalah segala sesuatu yang bisa dipakai sebagai alat untuk mencapai maksud atau tujuan. Sedangkan pengertian prasarana adalah segala sesuatu yang merupakan penunjang utama terselenggaranya suatu proses usaha yang berhubungan dengan benda-benda yang tidak bergerak seperti ruang, gedung, tanah, dan kantor.

Sarana adalah suatu yang bisa dipergunakan dalam mencapai sesuatu tujuan. Pengertian prasarana adalah segala
sesuatu yang bisa menunjang terlaksananya suatu kegiatan”(pengertian sarana dan prasarana menurut Winarno Surakhmad : 2001)

Sarana adalah segala hal yang bisa digunakan sebagai alat untuk mencapai maksud dan tujuan yang meliputi perabotan dan peralatan yang diperlukan sebagai kelengkapan setiap ruangan atau gedung dalam menjalankan fungsinya untuk meningkatkan kualitas dan hubungan hasil layanan dan produknya. Sedangkan pengertian prasarana adalah perangkat penunjang utama suatu usaha untuk mencapai tujuan yang meliputi bangunan, lahan, gedung dan ruangan yang ada di dalamnya. (definisi sarana dan prasarana menurut Yuwono : 2008)

Pengertian sarana adalah perlengkapan berbagai peralatan seperti bahan atau perabot yang secara langsung dipakai dalam sebuah aktivitas atau kegiatan. (Bafadal : 2011)

Pengertian prasarana adalah alat yang secara tidak langsung dipakai untuk mencapai tujuan. (Daryanto : 2005)

Pengertian prasarana adalah segela kelengkapan dasar fisik suatu kawasan, lingkungan, kota atau wilayah yang memungkinkan ruang tersebut bisa berfungsi sebagaimana mestinya. (Grigg : 1988)

Pengertian sarana pendidikan adalah berbagai fasilitas yang diperlukan dalam proses belajar-mengajar, baik itu benda yang bergerak maupun yang tidak bergerak yang dimaksudkan agar pencapaian tujuan pendidikan bisa berjalan dengan teratur, lancar, efektif dan efisien. (Arikunto, 1993)

Pengertian sarana adalah perlengkapan pembelajaran yang bisa dipindah-pindah sedangkan pengertian prasarana adalah segala fasilitas dasar untuk menjalankan fungsi sekolah atau madrasah. (pengertian sarana dan prasarana menurut undang-undang Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI nomor 24 tahun 2007) 


Pengertian Sarana dan Prasarana Secara Umum

Istilah sarana dan prasara mungkin sudah menjadi salah satu istilah yang sudah sering untuk Anda dengar. Dalam penyelenggaraan sauatu acara pasti membutuhkan sarana dan prasarana untuk bisa menyelenggarakan acara tersebut dengan baik. Meskipun sering diucapkan secara bersamaan, tetapi sebenarnya kedua istilah ini memiliki arti yang berbea antara satu dengan yang lainnya. Tetapi, meskipun berbeda, tetapi tetap saja sarana dan prasara memiliki keterkaitan antara satu dengan yang lainnya.

Secara umum, pengertian sarana dan prasana adalah suatu alat ataupun bagian yang memiliki peran untuk mencapai keberhasilan dan juga kelancaran dalam berbagai hal atau lingkup. Sarana dan prasarana menjadi satu hal yang sangat penting dan harus ada dalam sebuah proses untuk menghasilkan hasil yang sesuai dengan harapan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Sarana jika diambil menurut KBBI merupakan segala sesuatu yang digunakan sebagai alat untuk mencapai maksud dan tujuan.

Prasarana menurut KBBI merupakan segala sesuatu yang bisa menunjang untuk terselenggaranya segala proses baik itu berupa usaha, pembangunan ataupun proyek.

Menurut Ketentuan Umum Permendiknas

Menurut Peraturan Menteri Pendidikan Nasional NO. 24 tahun 2007 juga memiliki arti sendiri tentang apa itu Sarana dan apa itu Prasarana.

Sarana merupakan sebuah perlengkapan pembelajaran yang bisa untuk dipindah-pindah. Contoh dari sarana dalam dunia pendidikan adalah gedung, ruang kelas, meja, kursi dan berbagai alat pembelajaran lainnya.

Kemudian untuk Prasarana lebih pada fasilitas dasar yang berguna untuk menjalankan sebuah fungsi sekolah / madrasah. Contoh prasarana adalah halaman, taman, lapangan, jalan untuk menuju sekolah dan lainnya.

Fungsi Sarana dan Prasarana

Baik itu sarana ataupun prasarana memiliki fungsi masing-masing. Fungsi dari seluruh sarana dan prasarana ini juga berbeda-beda tergantung dari ruang lingkup dan penggunaan pada proses apa sarana dan prasarana itu digunakan.

Secara umum penggunaan sarana dan prasarana berfungsi untuk menciptakan sebuah kenyamanan, kepuasan, mempercepat proses kerja, meningkatkan produktivitas dan juga untuk menghasilkan hasil yang bagus.

Sarana dan prasarana dalam bentuk lain seperti untuk sebuah kantor tentu akan berbeda dengan sekolah. Jika kantor yang menjadi sarana adalah bolpoin, kertas, meja dan sebagainya. Sedangkan prasarana bisa berupa akses ke kantor, gedung kantor dan lainnya.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian sarana dan prasarana menurut para ahli. Semoga kalian bisa menjelaskan pengertian sarana dan prasarana secara umum ya ! Baca juga pengertian sarana dan prasarana kantor & pengertian sarana dan prasarana transportasi  🙂