1. Pengertian persahabatan menurut para ahli itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan sahabat pena ?
  3. Apa arti sahabat sejati ? Apa itu sahabat pena ?
  4. Apa pengertian sahabat dalam islam ?
  5. Apa pengertian sahabat karib ?

Pengertian Sahabat dan Persahabatan Menurut Para Ahli


Arti sahabat dan persahabatan adalah :

Pengertian sahabat adalah orang yang paling dekat. (Dini Fitri dkk : 2017)

Definisi sahabat adalah orang yang paling memahami dan mengerti apa yang kita rasakan dengan baik, dan sepenuh hati yang mau mengarungi segala bentuk rasa suka maupun duka yang datang menerpa. Sahabat adalah orang yang paling setia di dalam kehidupan kita, selain anggota keluarga dan sanak saudara. (Apri Kuncoro : 2019)

Pengertian sahabat sejati adalah sahabat yang mau berkorban untukmu, yang tak hanya ada saat engkau senang dan makmur, tetapi juga ada di saat engkau lemah dan susah. (Imelda Saputra : 2013)

Pengertian sahabat dalam Islam adalah seorang yang mendampingi Rasulullah atau melihatnya dari kalangan kaum muslimin dan mereka meninggal dunia dalam keadaan beriman. (pengertian persahabatan dalam Islam menurut Imam Bukhari)

Pengertian persahabatan adalah suatu kenyamanan dan perasaan aman yang tak bisa diungkapkan ketika kita bersama seseorang yang tidak membebani pikiran dan tanpa kata-kata yang menekan. (pengertian persahabatan menurut para ahli J. John : 2007)

Pengertian persahabatan dalam Islam : persahabatan adalah hubungan yang mengikat diantara 2 orang seperti layaknya ikatan pernikahan antara suami dan istri. Ikatan persahabatan mempunyai sejumlah hak yang harus ditepati diantaranya adalah : hak dalam harta dan jiwa, hati, ucapan, doa, ampunan, keikhlasan, meringankan beban, kesetiaan dan tidak terbebankan ataupun membebani satu dengan lainnya. (pengertian persahabatan menurut islam oleh Imam Ghazali dalam Kitab Ihya Ulum al-Din)

Pengertian sahabat karib adalah seorang akan mendengarkan berbagai ide Anda yang paling aneh tanpa menolak diri Anda, yang mengetahui segala sesuatu hal tentang Anda, namun tetap menerima Anda sepenuhnya, serta mengetahui cara mengkritik diri Anda yang akan Anda dengarkan. (Howard G. Hendricks : 2011)

Pengertian sahabat pena adalah orang-orang yang tidak saling bertemu bertatap muka setiap hari dan mereka mau berbagi cerita dan tetap menjadi sahabat dengan cara saling menulis surat. (Bernadette McCarver Snyder : 2000) 


Pengertian Sahabat dan Persahabatan

Selain teman, sahabat adalah seseorang yang selalu mengisi hari-hari baik itu untuk berbagi ataupun untuk berkeluh kesah. Secara istilah pengertian sahabat suatu hubungan yang terjalin antara dua orang atau lebih dalam hubungan social. Hubungan yang terjalin merupakan hubungan yang lebih dekat dan memiliki ciri khas tersendiri yang terjadi antar individu. Sahabat adalah pelaku dari hubungan tersebut.

Apa perbedaan teman dan sahabat?

Sahabat memiliki kedekatan yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan teman. Sahabat akan terbiasa untuk saling berbagi berbagai hal. Sahabat adalah orang yang memiliki kedekatan sosial atau individu antara satu orang dengan yang lainnya.

Persahabatan lebih condong pada jalinan hubungan social antara sahabat. Persahabatan merupakan kondisi dimana dua orang atau lebih memiliki kedekatan yang lebih menonjol. Kedekatan ini bisa perasaan dimana mereka selalu memberikan perhatian kepada teman dan memiliki kedekatan yang bahkan bisa mengalahkan antara ego antar sahabat. Secara umum dan lebih mendasar persahbatan merupakan suatu hubungan yang tergambarkan sebagai suatu hubungan yang melibatkan mulai dari pengetahuan, penghargaan dan juga afeksi antar pribadi.

Persahabatan yang terjalin antar sahabat akan memiliki kedudukan yang lebih tinggi dibandingkan dengan teman biasa. Sahabat memiliki kedekatan yang lebih intim lagi meskipun itu hanya digunakan untuk saling berbagi, saling menerima kekurangan ataupun untuk memberikan nasihat antara satu dengan yang lain. Sahabat tidak akan mementingkan kepribadian antara satu dengan yang lain melainkan bisa lebih menerima kekurangan dan juga kelebihan masing-masing.

Dalam suatu persahabatan ada nilai-nilai yang bisa dipelajari dan juga didapatkan. Dalam menjalin satu hubungan persahbatan akan membuat seseorang memiliki sifat untuk menginginkan hal yang terbaik antara satu dengan yang lain. Memilikir rasa simpati dan juga empati yang cukup tinggi. Mengajarkan nilai kejujuran baik itu berhubungan dengan hal yang kecil dan bahkan kejujuran tentang jati diri sahabat masing-masing. Nilai yang terakhir yang bisa didapatkan dalam menjalin satu hubungan persahabatan adalah antar sahabat akan memiliki sikap saling pengertian yang tinggi antar sahabat. Sehingga persahbatan yang dijalin oleh dua atau sahabat yang lebih menjadi lebih awet.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian sahabat dan persahabatan. Semoga kalian bisa menjelaskan pengertian persahabatan menurut islam secara umum ya ! Baca juga pengertian sakral & pengertian psikologis menurut para ahli  🙂