1. Pengertian siaga bencana itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan siaga bencana ?
  3. Apa contoh tindakan yang mencerminkan siaga bencana ?
  4. Apa arti kata siaga bencana ? Apa itu siaga bencana ?
  5. Sebutkan dua contoh tindakan yang mencerminkan siaga bencana!

Pengertian Siaga Bencana


Definisi siaga bencana adalah :

Pengertian siaga bencana adalah kesiapan untuk menghadapi berbagai keadaan bencana yang datangnya mendadak yang dimulai dari pemenuhan kesiapan kebutuhan dasar pribadi sampai menunggu bantuan datang. 


Saat perubahaan musim ataupun disaat tertentu dimana bencana mulai terjadi dibeberapa bagian wilayah, Anda pasti akan lebih sering mendengar kata Siaga Bencana. Istilah ini memiliki arti khusus yang pastinya memiliki hubungan dengan bencana.

Bencana merupakan sebuah fenomena alam yang luar biasa dan atau yang disebabkan oleh manusia yang dapat menimbulkan korban jiwa, kerugian material dan juga kerusakan lingkungan dimana masyarakat setempat kemudian tidak bisa untuk mengatasinya sehingga mebmutuhkan orang lain atau bantuan dari luar daerah tersebut.

Pengertian Siaga Bencana

Pengertian siaga bencana adalah satu kondisi atau keadaan yang ditetapkan oleh pemerintah terutama dalam hal ini adalah BNPB untuk jangka waktu tertentu yang merupakan rekomendasi badan yang diberi tugas untuk menanggulangi bencana seperti BMKG. Misalnya saja hasil kajian dari BMG yang menemukan tentang ancaman cuaca ekstrim bisa digunakan jika akan ada ancaman bencana diseluruh Indonesia. Kejadian yang ekstrim dan merupakan dalam bencana yang ekstrim diantara seperti banjir, tanah longsor, putting beling, gelombang tinggi ataupun lainnya.

Penentuan siaga bencana ini sangatlah penting dimana hal ini bertujuan untuk menjadi satu upaya antisipasi untuk hal-hal yang tidak diinginkan. Hal ini sudah dijelaskan pada UU no. 24 tahun 2007 yang menjelaskan tentang kesiapsiagaan. Dalam UU ini pengertian siaga bencana adalah sebagai serangkaian kegaitan yang dilakukan untuk mengantisipasi bencana dengan menggunakan pengorganisasian serta langkah yang tepat uguna dan berdaya guna. Upaya ini bisa dilakukan oleh masyarakat, organisasi, pemerintah ataupun individu dalam menanggapi situasi secara tepat.

Untuk menganggulangi atau mengatasi hal tersebut maka yang bisa dilakukan diantaranya seperti pertama memberikan pengetahuan terlebih dahulu tentang sikap terhadap risiko bencana. Kemudian yang kedua adalah melakukan pengorganisasian, pemasangan serta pengujian sistim peringatan dini. Ketiga, peyediaan ataupun penerapan barang pasokan pemenuhan kebutuhan dasar yang dibutuhkan pada bencana tersebut. Keempat, perngorganisasian, penyuluhan, pelatihan, gladi tengang mekanisme tanggap darurat.

Apa tujuan pendidikan siaga bencana ?

Siaga bencana ini juga memiliki tujuan untuk bisa meminimalisir kerusakan yang terjadi pada saat terjadinya bencana alam tersebut. Sehingga, dengan melakukan hal yang tepat kerugian dalam berbagai bentuk bisa dihindari dengan semaksimal mungkin.

Apa contoh tindakan yang mencerminkan siaga bencana ? Contoh tindakan siaga bencana :

  • Selalu mempersiapkan diri jauh-jauh hari peralatan siaga bencana seperti tas siaga bencana.
  • Belajar tentang teknik evakuasi bencana.
  • Memperhatikan lingkungan apabila terjadi gejala-gejala aneh seperti longsor, gempa kecil dan tsunami.

Itulah penjelasan singkat tentang pengertian siaga bencana. Semoga kalian bisa menjelaskan contoh tindakan yang mencerminkan siaga bencana secara umum ya ! Baca juga pengertian sianida dan kegunaannyapengertian volunteer 🙂