1. Pengertian ulul azmi dan nabinya itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan ulul azmi ?
  3. Apa arti kata ulul azmi ? Apa itu ulul azmi ?
  4. Apa pengertian ulul azmi dan nama rasulnya ?
  5. Jelaskan pengertian rasul ulul azmi dan nama rasulnya!

Pengertian Ulul Azmi Menurut Para Ahli


Arti ulul azmi adalah :

Definisi ulul azmi adalah gelar kenabian istimewa yang diberikan kepada para rasul yang mempunyai kedudukan khusus karena memilikiketabahan, keteguhan hati, dan kesabaran yang luar biasa dalam menghadapi berbagai ujian dakwah. (Khalid Muhammad Khalid : 2014 dalam buku Hadza Al-Rasul / Sang Rasul Terkasih)

Pengertian ulul azmi adalah gelar kehormatan yang diberikan kepada beberapa nabi dan rasul yang memiliki keteguhan hati atau yang utama. Hal ini dikarenakan mereka banyak mengalami berbagai penderitaan dan cobaan ketika menyampaikan ajaran-ajaran Allah. Oleh karena kesabaran dan ketabahan itulah Allah menganugerahi mereka dengan gelar Ulul Azmi. (Martiani : 2010) 


Pengertian Ulul Azmi dan Nabinya

Apa pengertian ulul azmi dan nabi yang menerimanya / pengertian ulul azmi beserta nabinya ?

Secara umum pengertian Ulul Azmi adalah sebuah gelar khusus yang diberikan kepada seorang nabi pilihan yang memiliki keteguhan dan ketabahan hati yang sangat luar biasa dalam menghadapi segala bentuk dan jenis cobaan serta berjuang untuk senantiasa melaksanakan dakwah di tengah-tengah masyarakat yang menolak dengan keras dakwah yang disampaikannya.

Para Ulul Azmi tidak memiliki sifat pendendam, walaupun diperlakukan dengan tidak baik di tengah-tengah masyarakat, mereka tidak akan pernah dendam atau benci melainkan Ulul Azmi akan senantiasa mendoakan mereka agar segera bertobat dan selalu diberikan hidayah oleh sang pencipta.

Apa ciri ciri nabi dan rasul yang bergelar ulul azmi ? Ciri-ciri Ulul Azmi adalah sebagai berikut :

  • Memiliki seruan dakwah secara universal yang ditujukan bagi seluruh umat manusia maupun kumpulan jin yang ada di dunia ini
  • Menyampaikan syariat, agama, dan perintah apa saja yang dikehendaki oleh Allah
  • Menyampaikan isi dari kitab samawi
  • Menerima perjanjian serta wasiat yang telah disampaikan Allah kepada mereka
  • Selalu berdoa agar kaumnya tidak diberikan azab atau hukuman, dan senantiasa diberikan hidayah di sepanjang hidupnya

Kisah para Nabi dan Rasul yang termasuk ulul azmi adalah :

  1. Nabi Nuh As

Adalah nabi pertama yang membawa syariat agama. Nabi Nuh memiliki umur yang panjang melebihi umat manusia lainnya yang ada di bumi. Suatu hari ia diberikan peringatan oleh Allah bahwa akan ada banjir besar, dan ia memberitakannya kepada masyarakat. Namun masyarakat menganggapnya gila, mengejek, dan menghina. Alhasil banjir pun datang, dan Nabi Nuh menyaksikan sendiri mereka yang tenggelam karena banjir yang besar itu.

  1. Nabi Ibrahim As

Disebut sebagai bapak dari para nabi karena banyak keturunannya diangkat sebagai nabi dan rasul oleh Allah SWT. Nabi Ibrahim sangat menolak adanya pemujaan berhala yang dilakukan oleh rakyat. Karena melakukan penolakan maka nabi ini dibakar hidup-hidup namun Allah menyelamatkan dia dari kobaran api tersebut.

  1. Nabi Musa As

Adalah nabi yang berhasil menyelamatkan bangsa Israel dari kaum Firaun. Nabi ini adalah nabi yang mengajarkan 10 perintah pokok dari Allah SWT dalam perjanjian lama.

  1. Nabi Isa As

Adalah nabi untuk bangsa Israel. Mukjizat yang pernah dilakukannya adalah membuat burung dari tanah lalu menghidupkannya. Dalam hidupnya nabi ini sering difitnah oleh kaum kafir karena dilahirkan dari ibu yang tidak bersuami.

  1. Nabi Muhammad SAW

Adalah nabi terakhir sekaligus sebagai rasul penutup dari kisah kerasulan sebelumnya. Nabi ini adalah nabi yang menyempurnakan ajaran agama Islam.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian ulul azmi dan nabi yang termasuk didalamnya. Semoga kalian bisa menjelaskan pengertian ulul azmi dan nabinya secara umum ya ! Baca juga pengertian vulnerability 🙂