1. Pengertian radiasi dan contohnya itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan radiasi dan contohnya ?
  3. Apa arti radiasi dalam bahasa indonesia ?
  4. Apa perbedaan radiasi ionisasi dan non ionisasi ?
  5. Apa itu radiasi nuklir ?

Pengertian Radiasi Menurut Para Ahli


Arti radiasi adalah :

Definisi radiasi adalah pancaran energi melalui suatu ruang atau materi dalam bentuk panas, partikel atau gelombang elektromagnetik / cahaya (foton) dari sumber radiasi. (Asriwati : 2017)

Pengertian radiasi adalah perpindahan kalor tanpa melalui medium perantara yang merupakan bentuk gelombang elektromagnetik. (Prof. Dr. Mundilarto, M.Pd & Drs. Edi Istiyono, M.Si : 2007)

Pengertian radiasi adalah perpindahan kalor dalam bentuk gelombang elektromagnetik seperti cahaya tampak,  gelombang mikro, inframerah, dan sinar ultraviolet. (Drs. Bambang Ruwanto, M.Si : 2007)

Pengertian radiasi elektromagnetik adalah suatu proses pancaran dan perjalanan energi elektromagnetik, dalam gelombang elektromagnetik, dan efek yang ditimbulkannya pada materi yang dikenainya. (Lailatin Nuriyah, ‎A.M. Juwono : 2017)

Pengertian radiasi benda hitam adalah benda yang bisa memancarkan radiasi gelombang elektromagnetik. Benda hitam adalah benda yang bisa menyerap panas / kalor secara menyeluruh. (Hendri Hartanto, S.Pd & ‎Endang Purwanti : 2015)

Pengertian radiasi matahari adalah suatu pancaran energi gelombang elektromagnetik tanpa melalui medium yang mana bagian dari radiasi matahari yang sampai ke permukaan bumi disebut dengan insolasi. (Sucipto Hariyanto dkk : 2019)

Pengertian radiasi pengion adalah radiasi yang jika menabrak atau menubruk sesuatu maka akan muncul partikel bermuatan listrik yang disebut dengan ion. Peristiwa terjadinya ion ini disebut dengan ionisasi. (Syamsul Arifin : 2019)

Pengertian radiasi nuklir adalah sejumlah artikel yang dipancarkan setelah terjadinya suatu reaksi nuklir. Contoh reaksi nuklir yang memancarkan radiasi nuklir adalah reaksi fisi nuklir, peluruhan radioaktif, reaksi fusi nuklir dan reaksi transmutasi inti.

Pengertian radiasi inframerah adalah suatu bentuk penyerapan radiasi elektromagnetik yang menyebabkan getaran panas. 


Pengertian Radiasi dan Contohnya

Secara umum pengertian radiasi adalah proses transfer energi melalui suatu gelombang (radiasi elektromagnetik) atau pergerakan partikel secara cepat (radiasi partikel) dalam suatu ruangan yang nantinya akan diserap oleh benda lain.

Ada berbagai jenis sumber radiasi yang biasanya terdapat pada kehidupan sehari-hari seperti televisi, alat pemanas makanan (microwave), komputer, lampu penerangan, dan masih banyak lagi. Radiasi dalam gelombang elektromagnetik disebut juga dengan foton yang terdapat pada gelombang radio, cahaya inframerah, sinar ultra violet, radiasi akustik, atau proses lainnya.

Apa saja jenis jenis radiasi / macam macam radiasi ? Jenis-jenis radiasi dibagi menjadi dua yakni radiasi ionisasi dan non ionisasi. Lalu apa pengertian radiasi ionisasi dan non ionisasi dan perbedaan radiasi ionisasi dan non ionisasi ?

  1. Radiasi ionisasi

Pengertiaan radiasi ionisasi adalah jenis ionisasi yang dapat menyebabkan terjadinya suatu ionisasi (ion positif dan ion negatif) apabila berinteraksi dengan suatu materi. Radiasi ionisasi biasanya terjadi karena adanya gelombang elektromagnetik yang tinggi yang berasal dari pancaran partikel yang tinggi sehingga menyebabkan elektron-elektron terlepas dari orbitnya.

Yang termasuk dalam radiasi ionisasi, antara lain:

  • Partikel alpha

Ciri-ciri umumnya antara lain adalah mempunyai ukuran dan partikel listrik yang besar, tersusun dari dua proton dan dua neutron, dan partikelnya mudah dipengaruhi oleh medan

  • Partikel beta

Ciri-ciri umumnya adalah partikelnya lebih kecil daripada partikel alpha, daya tembusnya jauh lebih besar daripada partikel alpha, dan daya ionisasi di udara hanya 1/100 dari partikle alpha.

  • Sinar gamma

Ciri-ciri umumnya adalah termasuk gelombang elektromagnetik karena tidak mempunyai besaran volume dan muatan listrik di dalamnya, memiliki daya ionisasi medium yang relatif kecil.

  • Partikel neutron

Ciri-ciri umumnya adalah ukurannya kecil, tidak bermuatan listrik, tidak dapat terpengaruh oleh medan listrik

  • Sinar X

Sinar ini hampir mirip dengan sinar g dalam hal daya jangkau dan bagaimana pegaruhnya terhadap media listrik, yang membedakan kedua sinar ini adalah proses terjadinya

  1. Radiasi non ionisasi

Pengertian radiasi non ionisasi adalah radiasi yang tidak berinteraksi dengan suatu benda sehingga tidak adanya ionisasi yang dihasilkan baik secara langsung maupun secara tidak langsung. Yang termasuk dalam kategori radiasi non ionisasi adalah gelombang radio, sinar inframerah, gelombang mikro, dan sebagainya.

Jenis radiasi non ionisasi dibedakan menjadi dua jenis, antara lain:

  • Ditinjau dari massanya dibagi menjadi dua bagian yaitu radiasi partikel dan radiasi elektromagnetik
  • Ditinjau dari muatan listriknya dibagi menjadi dua bagian yaitu radiasi pengion dan radiasi non pengion

Itulah penjelasan singkat tentang pengertian radiasi dan jenisnya. Semoga kalian bisa menjelaskan pengertian radiasi dan contohnya secara umum ya ! Baca juga pengertian ulul azmi dan nabinya 🙂