1. Pengertian vulnerability dalam keamanan komputer itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan vulnerability scanner ?
  3. Apa arti vulnerability scanner ? Apa itu vulnerability assessment ?
  4. Apa pengertian vca (vulnerability and capacity assessment)

Pengertian Vulnerability Menurut Para Ahli


Definisi vulnerability adalah :

Pengertian vulnerability adalah suatu kelemahan di dalam desain sistem, implementasi sistem atau operasi dan manajemen yang dapat dimanfaatkan untuk melanggar kebijakan kemanan sistem. (menurut Goverment Computer Security Incident Response Team / GOV-CSIRT)

Pengertian vulnerability dalam keamanan komputer adalah segala sesuatu yang berjalan pada komputer yang secara langsung ataupun tidak langsung dapat memicu terjadinya kebocoran kerahasiaan, integritas, ketersediaan layanan ataupun informasi di manapun pada suatu jaringan. (saint : 2008)

Pengertian vulnerability mapping  adalah pemetaan daerah atau wilayah mana saja yang dimungkinkan terjadinya suatu kerentanan / vurnerability.

Pengertian vulnerability assessment adalah suatu proses evaluasi, identifikasi, dan kuantifikasi yang mendalam terhadap kerentanan keamanan suatu sistem infomasi yang sedang aktif digunakan.

Pengertian vulnerability and capacity assessment adalah suatu metode pengumpulan informasi yang akan dipakain oleh pihak eksternal atau internal untuk mengambil keputusan dalam hal perencanaan pengurangan resiko terjadinya bencana.

Pengertian vulnerability scanning adalah proses mencari kelemahan pada suatu aplikasi atau sistem operasi.

Pengertian vulnerability scanner adalah sebuah tools atau program komputer yang di desain untuk melakukan proses vulnerability scanning dan vulnerability mapping pada suatu komputer, jaringan atau aplikasi. 


Pengertian Vulnerability Dalam Keamanan Komputer

Dalam kamus Bahasa Inggris, vulnerability artinya sifat mudah kena serang atau luka. Dalam arti umum, pengertian vulnerability adalah sesuatu yang berhubungan dengan sistem komputer yang memungkinkan seseorang untuk mengakses, mengoperasikan, dan menjalankan program tersebut dengan benar sehingga terjadilah eksploitasi sistem. Vulnerability (kerentanan) biasanya terjadi karena kesalahan saat membuat, merancang dan mengimplemetasikan sebuah sistem.

Sebuah sistem yang rentan akan sangat mudah diserang oleh para hacker, sehingga hacker tersebut nantinya bisa masuk ke dalam sebuah sistem secara ilegal. Seorang hacker yang berhasil masuk akan membuat “exploit” yang sesuai dengan sistem vulnerability yang ditemukannya. Exploid adalah pemanfaatan terhadap vulnerability sehingga kita bisa mengontrol atau mengawasi resource yang kita anggap penting.

Setiap aplikasi yang dirancang dalam sebuah sistem komputer pasti akan memiliki kelemahan. Hanya saja kelemahan tersebut belum diketahui. Namun kelemahan tersebut perlahan-lahan akan diketahui oleh para hacker. Setelah mengetahui adanya kelemahan pada sebuah aplikasi, seorang hacker yang baik biasanya akan melaporkan celah atau kelemahan tersebut pada server agar segera diperbaiki. Namun bagi hacker yang jahat, celah atau kelemahan ini akan dimanfaatkan untuk kepentingannya sendiri dengan cara dibajak dan dijual dengan harga yang sangat tinggi.

Segala sesuatu yang dihasilkan oleh tangan manusia tidaklah ada yang sempurna. Maka dari itu vulnerability ini bisa terjadi ketika seorang developer membuat kesalahan saat pembuatan aplikasi, mungkin dengan tidak menerapkan validasi yang sempurna sehingga pihak luar bisa saja menerobos masuk ke dalam sistem tersebut.

Vulnerability biasanya terjadi pada perangkat komputer, seperti:

  • Firmware, adalah sebuah software atau mini operating system yang tertanam langsung dalam sebuah perangkat tertentu seperti scanner, kamera, printer, dan lain sebagainya. Firmware biasanya berupa hardcode.
  • Sistem operasi, seperti windows, linux, mac, dan lain-lain
  • Aplikasi (software). Setiap aplikasi yang kita install atau download dari internet bisa saja menjadi celah bagi para hacker untuk menerobos keamanan sistem operasi komputer kita
  • Brainware (operator komputer), walaupun semua sistem dirancang seaman mungkin jika ilmu orang yang menggunakan komputer tersebut rendah, maka ini akan bisa menjadi jalan mulus bagi para hacker untuk membobol keamanan sistem

Itulah penjelasan singkat tentang pengertian vulnerability. Semoga kalian bisa menjelaskan pengertian vulnerability dalam keamanan komputer secara umum ya ! Baca juga pengertian vokasi 🙂