1. Pengertian bisnis ritel dan contohnya itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan bisnis ritel atau eceran ?
  3. Apa yang membedakan bisnis ritel dengan bisnis lainnya ?
  4. Apa ciri ciri bisnis ritel / karakteristik bisnis ritel ?
  5. Apa itu bisnis ritel ?

Pengertian Bisnis Ritel Menurut Para Ahli


Arti bisnis ritel adalah :

Pengertian bisnis ritel adalah bisnis yang melayani penjualan secara langsung ke pemakai akhir. (Ignas G. Sidik : 2013)

Definisi bisnis ritel adalah bisnis yang targetnya adalah konsumen langsung (pemakai). Oleh karena itu, pada umumnya yang dijual dalam bisnis retail ini adalah jenis barang-barang kebutuhan pokok, peralatan pendidikan, obat-obatan, bahan bangunan, dan lain-lain. (Liem Phek Yiong : 2004) 


Pengertian Bisnis Ritel atau Eceran

Kata retail brasal dari bahasa Prancis “retailer” yang berarti memotong menjadi lebih kecil. Secara umum, pengertian bisnis retail adalah bisnis yang dijalankan dengan menjual kebutuhan untuk perorangan atau diri sendiri, keluarga, dan kebutuhan rumah tangga. Cakupan dalam bisnis retail ini ada yang luas dan ada pula yang sempit, tergantung pada jenis barang yang dijual kepada konsumen.

Contoh bisnis retail adalah menjual barang produksi kepada konsumen. Selain produk, penawaran jasa tukang salon juga termasuk ke dalam bisnis retail.

Penyampaian suatu produk dalam bisnis retail biasanya secara langsung. Namun untuk sebagian orang menjadikan dirinya sebagai perantara dalam kegiatan penjualan barang kepada konsumen dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan. Contohnya: Ani membeli baju per lusin dari perusahaan A, kemudian baju tersebut nantinya akan dijual kembali kepada tetangga dengan harga yag lebih tinggi. Dari kasus tersebut dapat dilihat bahwa status Ani adalah sebagai perantara. Pembelian baju secara borongan dari perusahaan A akan jauh lebih murah, sehingga keuntungan yang nantinya diperoleh oleh Ani sewaktu menjual kembali barang tersebut lebih maksimal.

Contoh Bisnis Ritel

Jenis usaha retail / macam macam bisnis ritel dibagi menjadi dua jenis yaitu bisnis ritel besar dan kecil. Pengertian bisnis ritel besar dan kecil adalah sebagai berikut :

  1. Ritel besar

Biasanya dilakukan oleh perusahaan dalam skala besar, contohnya Matahari Department Store. Department store biasanya menjual berbagai jenis barang atau produk dengan tingkat harga yang berbeda-beda. Tingkat kenyamanan berbelanja di retail besar juga akan lebih tinggi daripada berbelanja di retail kecil.

  1. Ritel kecil

Pengertian ritel kecil adalah jenis usaha yang berpenghasilan kurang dari US$500 per tahunnya. Pemilik dari retail ini biasanya akan bertanggung jawab penuh terhadap keseluruhan aktivitas yang ada dalam perusahaan serta manajemennya. Retail kecil ini biasanya didanai oleh modal individu.

Apa fungsi bisnis ritel dalam perdagangan khususnya konsumen? Kegunaan bisnis ritel bagi konsumen antara lain:

  • Memberikan suplai atau pasokan barang atau jasa pada saat barang tersebut sangat dibutuhkan oleh konsumen
  • Memudahkan konsumen dalam memiih dan membandingkan bentuk, jenis barang dan kualitas dari barang tersebut
  • Harga barangnya murah sehingga mampu bersaing dengan usaha jenis lainnya
  • Membantu meningkatkan standar hidup masyarakat
  • Memungkinkan untuk melakukan ekspansi atau perluasan usaha secara besar-besaran. Namun dalam produksi massal dibutuhkan peran pengecer untuk memudahkan penyampaian barang dari produsen ke konsumen

Itulah penjelasan singkat tentang pengertian bisnis ritel dan contohnya. Semoga kalian bisa menjelaskan pengertian bisnis ritel secara umum ya ! Baca juga pengertian riset pasar dan tujuannya 🙂