1. Pengertian value chain dan contohnya itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan rantai nilai (value chain) ?
  3. Apa yang dimaksud dengan value chain analysis ?
  4. Apa arti value chain ? Apa itu value chain analysis ?
  5. Apa konsep value chain menurut michael porter?

Pengertian Value Chain Menurut Para Ahli


Arti value chain adalah :

Definisi value chain adalah suatu metode untuk memandang perusahaan sebagai rantai aktivitas yang menyeluruh yang mengubah input menjadi output yang bernilai bagi pelanggan. (Pearce dan Robinson : 2013)

Pengertian value chain adalah suatu rangkaian kegiatan bisnis yang terdiri dari pengadaan barang pemasok, kegiatan produksi (manufaktur), distribusi, marketing (pemasaran), perdagangan eceran (retailing), dan purna jual. (Usman Effendy : 1999)

Pengertian value chain model adalah alat untuk mengidentifikasi berbagai cara dalam menghasilkan value atau nilai tambah bagi konsumen, yang mana model ini menampilkan keseluruhan nilai yang terdiri dari berbagai aktifitas nilai dan keuntungan (margin). Aktifitas nilai ini dibagi menjadi lima primary activities (aktifitas utama) dan empat support activities (aktifitas pendukung). (Porter : 1985)

Pengertian value chain analysis adalah alat analisis strategi yang dipakai untuk memahami berbagai keunggulan kompetitif yang mencakup identifikasi penurunan biaya operasional,peningkatan nilai pelanggan yang dapat ditingkatkan, dan hubungan perusahaan dengan supplier, pelanggan, serta perusahaan lain dalam industri yang sama. (Porter : 1985)

Pengertian value chain analysis adalah tool atau alat yang digunakan untuk menjelaskan organisasi sebagai sebuah jaringan dari berbagai komponen utama yang saling berkaitan. Tujuan value chain analysis adalah untuk menampilkan / menyajikan berbagai aktifitas utama dalam organiasasi serta hubungan dari aktifitas tersebut. (Donelan : 2000)

Definisi value chain analysis adalah serangkaian kumpulan kegiatan di dalam suatu perusahaan yang dilakukan untuk mendesain, memproduksi, memasarkan, mendistribusikan dan mendukung produk. (Ward dan Peppard : 2002)

Pengertian value chain management adalah proses mengelola urutan berbagai aktivitas dan informasi di sepanjang rantai produk. (Iwan Sidharta : 2019) 

Pengertian value chain strategy adalah strategi untuk mengatur dan membuat saluran distribusi yang efektif dan efisien dalam pengelolaan rantai nilai dengan mengikuti perubahan kebutuhan pelanggan dan pasar. 


Pengertian Value Chain dan Perannya Dalam Manajemen Operasi

Value chain atau rantai nilai adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan yang dibuat secara spesifik untuk meghasilkan barang atau jasa. Peran value chain adalah sebagai strategi untuk mencapai keunggulan bersaing. Konsep value chain ini dipopulerkan oleh seorang Michael Porter dalam bukunya yang berjudul “Competitive Advantage: Containing and Substaining Superior Performance (1985)”.

Apa saja konsep rantai nilai (value chain) / konsep dasar value chain ?

Dalam buku karangan Michael Porter, konsep value chain dibagi menjadi dua bagian besar yaitu:

  1. Konsep Utama

Yang terdiri dari lima jenis yaitu:

  • Logistik masuk, adalah aktivitas yang berhubungan dengan penanganan material apa saja yang diperlukan sebelum digunakan
  • Logistik keluar, adalah aktivitas yang digunakan untuk menyampaikan barang dari produsen ke konsumen
  • Manajemen operasi, adalah aktivitas apa saja yang digunakan untuk mengolah input menjadi output
  • Pemasaran dan penjualan, adalah aktivitas yang berkaitan dengan pengarahan atau rayuan yang ditujukan kepada konsumen agar bersedia membeli barang yang ditawarkan
  • Pelayanan, adalah aktivitas yang akan terus ditingkatkan untuk mempertahankan nilai dan kualitas dari sebuah produk
  1. Konsep Pendukung

Yang terdiri dari empat jenis yaitu:

  • Infrastruktur perusahaan, bisa terdiri dari departemen-departemen tertentu dalam perusahaan yang meliputi departemen keuangan, produksi, perencanaan, dan lain sebagainya
  • Manajemen sumber daya manusia, adalah pengaturan terhadap sumber daya manusia mulai dari perektutan, seleksi, pelatihan, kompensasi, pengangkatan, hingga pemberhentian karyawan
  • Teknologi, adalah aktivitas pengembangan peralatan, software, hardware, dan prosedur dalam perubahan input menjadi output yang siap untuk dijual
  • Pengadaan, adalah aktivitas yang berkaitan dengan cara memperoleh input atau output yang akan digunakan perusahaan

Fungsi yang bisa didapatkan dari penggunaan value chain (rantai nilai) antara lain:

  • Melakukan desain pada produk barang dan jasa
  • Melakukan proses produksi
  • Penelitian dan pengembangan
  • Pemasaran dan penjuaalan
  • Distibusi barang dari produsen ke konsumen
  • Layanan pelanggan

Itulah penjelasan singkat tentang pengertian value chain menurut para ahli. Semoga kalian bisa menjelaskan pengertian value chain dan contohnya secara umum ya ! Baca juga pengertian radiasi dan contohnya 🙂