1. Pengertian fotografi arsitektur itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan fotografi arsitektur ?
  3. Apa arti fotografi arsitektur ? Apa itu fotografi arsitektur?
  4. Bagaimana teknik fotografi arsitektur?
  5. Jenis fotografi arsitektur itu seperti apa?

Pengertian Fotografi Arsitektur


Menikmati Arsitektur dalam Fotografi 

definisi fotografi arsitektur – Bangunan kantor kita bekerja, atau gedung kampus tempat kita kuliah, atau bahkan rumah tempat dimana kita tinggal, merupakan hasil karya arsitektur yang ada keindahan dan nilai seni dari bangunan yang kita lihat. Keindahan terhadap bangunan bagi beberapa pecinta fotografi bisa diabadikan dengan indah pula dengan pengambilan di berbagai sudut tertentu yang mengutamakan nilai estetika sehingga menjadi karya foto yang istimewa.

Jenis fotografi yang menghasilkan karya yang objeknya merupakan bangunan atau karya arsitektur biasanya dikenal dengan fotografi arsitektur. Kebanyakan mereka yang menjadi penggemar fotografi arsitektur juga suka bahkan memiliki pengetahuan mengenai arsitektur. Mereka bisa menilai karya arsitektur yang baik dan istimewa seperti apa. Kemudian mereka akan merekam bangunan tersebut dari berbagai sudut pandang dan memperhatikan komposisi yang tepat sehingga karya foto arsitektur mereka menjadi baik.

Fotografi arsitektur selain merupakan hobi bagi sebagian orang, tapi banyak juga yang mendapatkan penghasilan dari ketekunan mempelajari jenis fotografi ini. Biasanya majalah – majalah arsitektural akan menggunakan jasa dari fotografer arsitektur untuk mengambil gambar bangunan. Biro – biro arsitek juga kerap kali menggunakan jasa fotografi arsitektural untuk memotret hasil bangunan yang telah selesai dibangun oleh biro arsitek. Foto ini digunakan untuk portofolio mereka. Keuntungan lain apabila ada agen marketing property, building material, hotel dan resort serta restoran, mereka akan menggunakan jasa foto bidang arsitektur ini untuk mendapatkan bahan promosi mereka.

Bagaimana tips fotografi arsitektur & konsep fotografi arsitektur itu?

Kemampuan yang setidaknya harus dimiliki apabila ingin terjun mendalami fotografi arsitektur adalah komposisi foto yang baik antara bangunan, ruang udara (langit), dataran atau tanah serta komposisi cahaya dan warna. Soal komposisi ini hampir sama dengan fotografi lainnya dalam memahami komposisi. Selain itu, yang perlu dipelajari adalah bagian mana dari bangunan yang mau ditonjolkan, biasanya ini disesuaikan dengan konten promosi atau permintaan klien.

Selanjutnya agar foto arsitektur kita menarik, harus memahami momen terbaik untuk dilakukan pemotretan. Waktu ini sangat berpengaruh karena dalam fotografi arsitektur, kebanyakan lighting masih bergantung pada matahari. Sedangkan waktu yang sangat pas untuk foto adalah sore hari, karena cahaya sore lebih kalem tidak tajam. Kemudian tinggal sesuaikan dengan komposisi cahaya yang pas menurut kita. Soal pas atau tidak mengatur komposisi dan banyak hal dalam fotografi, sebaiknya perbanyak referensi gambar fotografi arstitektur. Gambar – gambar fotografi jurnalistik biasanya ada di majalah atau buku serta website arsitektur. Dengan begitu, kita akan semakin terlatih dengan tepat dan cepat menentukan komposisi dan set kamera.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian fotografi arsitektur. Nah gimana apakah tertarik untuk menjadi fotografer arsitektur indonesia ? Kalau iya semoga cita-citamu menjadi fotografer arsitektur terkenal bisa tercapai ya!