1. Pengertian data primer dan data sekunder itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan data primer dan data sekunder ?
  3. Apa arti kata data primer dan data sekunder ?
  4. Apa itu data primer dan data sekunder ?
  5. Apa perbedaan data primer dan data sekunder ?
  6. Jelaskan perbedaan antara data primer dan data sekunder dan berikan contoh!

Pengertian Data Primer dan Data Sekunder Menurut Para Ahli


Arti data primer dan data sekunder adalah :

Apa pengertian data primer dan data sekunder menurut para ahli dan bukunya ?

Pengertian data primer adalah data asli yang dikumpulkan sendiri oleh periset untuk menjawab berbagasi pokok permasalahan risetnya secara khusus. Data primer ini tidak tersedia dikarenakan sebelumnya belum pernah ada riset yang sejenis atau hasil riset yang sejenis sudah kadaluarsa. (Istijanto, M.M., M.Com  : 2005 dalam buku Riset Sumber Daya Manusia)

Definisi data primer adalah keterangan atau data yang didapatkan oleh peneliti secara langsung dari sumbernya. Sedangkan definisi data sekunder adalah data atau keterangan yang diperoleh dari pihak kedua, baik itu berupa orang maupun yang berbentuk catatan, seperti laporan, buku, buletin dan majalah yang sifatnya sebagai dokumentasi. (Bagja Waluya : 2007 dalam buku Sosiologi : Menyelami Fenomena Sosial di Masyarakat)

Pengertian data primer adalah suatu data yang didapat dari sumber pertama, seperti hasil pengisian kuesioner atau hasil wawancara yang biasa dilakukan oleh peneliti. (Husein Umar : 2000 dalam buku Business an Introduction)

Pengertian data sekunder adalah data yang didapat dan disimpan oleh orang lain yang pada umumnya merupakan data masa dari lalu atau bersifat historikal. (Dermawan Wibisono : 2003 dalam buku Riset Bisnis Panduan Bagi Praktisi & Akademisi)

Definisi data sekunder adalah suatu data yang sudah dikumpulkan oleh lembaga pengumpul data dan dipublikasikan kepada masyarakat pengguna jasa. (Nur Achmad Budi Yulianto dkk : 2018 dalam buku Metode Penelitian Bisnis)

Arti data primer adalah sumber data yang langsung memberikan data kepada si pengumpul data. Sedangkan arti data sekunder adalah sumber data yang didapatkan dengan cara membaca, mempelajari serta memahami suatu media lain yang bersumber dari buku-buku, literatur, serta dokumen perusahaan. (pengertian data primer dan data sekunder menurut Sugiyono : 2012) 


 Penelitian merupakan kegiatan yang sangat penting dan bermanfaat untuk memperdalam dan menemukan pengetahuan-pengetahuan baru serta memperluas wawasan. Oleh karena itu penelitian dijadikan salah satu syarat untuk seseorang mendapatkan titel akademis seperti sarjana, master, atau doktor.

Salah satu komponen penting dalam suatu penelitian adalah data. Apapun penelitian yang dilakukan pasti membutuhkan data sebagai sumber atau bahan yang akan diteliti sesuai dengan topik penelitian. Tanpa dukungan data yang baik dan benar hasil sebuah penelitian akan dipertanyakan.

Untuk mendapatkan data dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti wawancara, melakukan pengamatan, membuat kuesioner, dan lain sebagainya. Berdasarkan cara memperolehnya ada dua jenis data yaitu data primer dan data sekunder.

Data primer adalah data yang didapatkan langsung dari sumber pertama atau sumber aslinya. Seperti data yang didapatkan dari pengujian yang kita lakukan sendiri di laboratorium, wawancara secara langsung dengan narasumber, melakukukan survei dan membuat kuesioner, dan lain sebagainya. Sementara data sekunder adalah data yang didapatkan bukan dari sumber pertama, melalui perantara, atau tidak langsung dari sumber aslinya. Seperti data yang berasal dari dokumentasi seseorang, catatan atau jurnal hasil penelitian orang lain, arsip, dan lain sebagainya.

Dalam hal pengorbanan yang harus dilakukan baik pengorbanan waktu, tenaga, maupun biaya maka data primer lebih sulit didapatkan daripada data sekunder. Contohnya data primer dari penelitian yang kita lakukan sendiri dimana kita harus melakukan penelitian, pengamatan, dan pencatatan sendiri yang menghabiskan banyak waktu, tenaga, dan biaya. Atau melakukan wawancara dengan narasumber dimana kita harus mencari info mengenai narasumber tersebut, membuat janji bertemu, meminta izin melakukan wawancara, belum lagi jika ia sulit diajak wawancara, hingga mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang dapat mengungkap fakta dan data yang diperlukan.

Lain halnya dengan data sekunder yang lebih mudah didapatkan karena kita mengandalkan data yang telah dikumpulkan dan dirangkum oleh orang lain melalui berbagai buku, jurnal, artikel, laporan perusahaan, dan lain sebagainya. Meskipun demikian kita tetap harus berhati-hati dan selektif dalam memilih data sekunder yang akan digunakan, harus dipilih yang terpercaya dan berkualitas sehingga hasil penelitian yang dilakukan menjadi berkualitas. Kita tidak bisa mengandalkan data sekunder saja dalam melakukan penelitian, agar penelitian yang kita lakukan lebih berkualitas perlu adanya data primer sebagai sumber utama.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian data primer dan data sekunder dan contohnya. Semoga kalian bisa menjelaskan perbedaan antara data primer dan data sekunder dalam penelitian secara umum ya ! Baca juga pengertian lay up dalam bola basket 🙂