1. Pengertian jendela atmosfer geografi itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan jendela atmosfer ?
  3. Apa fungsi jendela atmosfer dalam penginderaan jauh ?
  4. Apa arti kata jendela atmosfer ?
  5. Apa itu jendela atmosfer ?

Pengertian Jendela Atmosfer Menurut Para Ahli


Arti jendela atmosfer adalah :

Pengertian jendela atmosfer adalah bagian dari spektrum elektromagnetik yang bisa mencapai bumi. Jendela atmosfer ini pada umumnya masih sering terjadi gangguan, terutama hamburan pada spektrum tampak mata dan spektrum inframerah. (Ika Femilia S.Pd dkk : 2019)

Definisi jendela atmosfer adalah panjang gelombang elektromagnetik yang melewati atmosfer bumi dan dipantulkan oleh bumi serta bisa diterima oleh sensor. (Sapto Wasono, S.Pd & Agus Bustanul : 2012) 


Pengertian Jendela Atmosfer

Istilah jendela atmosfer dalam penginderaan jauh artinya apa?

Jendela atmosfer adalah istilah yang sering digunakan pada saat penginderaan jauh. Pengertian jendela atmosfer adalah bagian-bagian dari gelombang atau spektrum elektromagnetik yang dapat menembus bumi melalui celah-celah atmosfer atmosfer dan sampai ke permukaan bumi. Spetrum elektromagnetik yang dipancarkan hanyalah sedikit saja yang masuk ke permukaan bumi, dan sebagian besarnya dihamburkan, dipantulkan, dan diserap kembali oleh atmosfer itu sendiri.

Jendela atmosfer terbentuk karena adanya unsur kimia yang fungsinya untuk menyerap energi. Pada saat suhu dipermukaan bumi lebih rendah daripada suhu objeknya, maka tenaga yang tadinya diserap oleh objek tersebut nantinya akan dikeluarkan lagi ke angkasa dalam bentuk tenaga yang terpancar. Tenaga yang terpancar ini memiliki perbedaan antara pantulan dan panjang gelombangnya. Mengapa demikian? Karena setiap objek yang ada di bumi memiliki perbedaan tingkat kandungan airnya, kekerasan, dan lain-lain.

Jendela yang dari dulu hingga sekarang digunakan orang dalam pengideraan jauh adalah tenaga yang tampak yang dibatasi oleh gelombang 0,4 hingga 0,7 µm. Pada tenaga atmosfer ini akan tampak perluasan jendela atmosfer dengan panjang gelombang antara 0,3 hingga 0,9 µm dengan julat yang hanya sebesar 0,6 µm. Julat ini memiliki panjang mencapai 10 kali lipat dari panjang gelombang. Jendela atmosfer yang relatif besar biasanya terdapat pada panjang gelombang 4 µm, dan yang paling besar berada antara 8 µm hingga 14 µm.

Sebenarnya tidak semua energi yang terpancar masuk ke permukaan bumi, namun hanya sebagian saja. Hal ini diakibatkan karena adanya hambatan oleh atmosfer melalui pantulan dan transmisi. Kondisi cuaca yang buruk juga bisa menjadi faktor penghambat masuknya suatu energi ke permukaan bumi.

Apa fungsi jendela atmosfer dalam penginderaan jauh?

Jendela atmosfer digunakan untuk membantu merekam data serta mengumpulkan berbagai informasi dalam penginderaan jauh. Untuk merekam suatu objek dalam jendela atmosfer, digunakanlah sebuah alat yang dapat merekam tenaga pancaran dan pantulan dari suatu objek yaitu sensor. Agar tenaga dan pantulannya dapat direkam maka harus ada interaksi diantara keduanya. Hasil dari rekaman ini akan menunjukkan keadaan yang sebenarnya di permukaan bumi. Data hasil rekaman ini akan sangat bermanfaat bagi orang-orang yang menginterpretasikannya. Keakuratan data yang diperoleh bergantung pada kualitas dan wawasan dari orang yang menginterpretasikannya.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian jendela atmosfer geografi. Semoga kalian bisa menjelaskan fungsi jendela atmosfer dalam penginderaan jauh secara umum ya ! Baca juga pengertian resiprokal dan contohnya 🙂