1. Pengertian duet dalam musik itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan duet ?
  3. Apa arti kata duet ?Apa itu duet ?
  4. Apa yang dimaksud dengan menyanyi solo duet trio dan kuartet ?
  5. Apakah yang dimaksud dengan tari duet?

Pengertian Duet Menurut Para Ahli


Arti duet adalah :

Pengertian duet adalah nyanyian yang dibawakan oleh dua orang dalam dua suara. Pegertian Trio adalah nyanyian yang disajikan oleh 3 orang dalam 3 suara. Pengertian kwartet adalah nyanyian yang disajikan oleh 4 orang dalam 4 suara. (Suwardi Bay & ‎Farha Daulima : 2006)

Pengertian tari duet adalah genre tari yang disusun berdasarkan dua karateristik yang berbeda. Adapun tujuan dari kedudukan pasangan dua karakter yang berbeda pada satu tarian ini dimaksudkan agar tari memiliki koneksitas secara garap tema. (Maryono : 2012) 


 Yang suka menonton pertunjukan musik silahkan angkat tangan. Wah, ternyata banyak sekali peminatnya. Meskipun saya tidak bisa melihat dan menghitung acungan tangan teman-teman, saya yakin kebanyakan orang suka menonton pertunjukan musik. Buktinya banyak orang yang rela merogoh dompet cukup dalam untuk membeli selembar tiket konser hingga ada yang tidak mendapat tiket karena tiketnya sudah habis terjual. Sudah tiketnya mahal, menontonnya berdesak-desakan pula. Tapi anehnya mereka justru terlihat senang karena telah berhasil menyaksikan idolanya bermain musik.

Dalam melakukan pertunjukan musik seorang penyanyi atau musisi dapat tampil dalam berbagai format. Bisa sendiri yang disebut juga dengan solo, bisa dilakukan berdua atau duet, bisa juga dalam bentuk paduan suara, atau yang lainnya. Lantas apa pengertian duet dalam kelompok vokal ?

Duet adalah istilah dalam dunia musik untuk menyatakan pertunjukan musik yang dilakukan oleh dua orang, baik duet penyanyi dengan penyanyi, penyanyi dengan pemain alat musik, atau sesama pemain alat musik. Duet dapat dilakukan oleh musisi baik dari genre musik yang sama atau berbeda. Ada duet sesama penyanyi pop, duet band dengan penyanyi dangdut, duet band dengan penyanyi rap, duet sesama pemain gitar, duet dua orang pianis, dan lain sebagainya.

Berbeda dengan menyanyi atau bermain musik sendiri, menyanyi atau bermain musik secara duet memiliki kesulitan dan tantangan tersendiri. Kedua musisi harus dapat bermain dengan selaras dan tidak egois menonjolkan kelebihan masing-masing sehingga menghasilkan perpaduan yang indah. Oleh karena itu tidak semua orang dapat berduet, meskipun masing-masing merupakan solois yang sangat hebat belum tentu mereka dapat berduet dengan baik. Disamping kemampuan teknis juga diperlukan chemistry di antara keduanya sehingga dapat berduet dengan baik.

Jika lagu yang dibawakan pasangan duet pada awalnya merupakan lagu yang dimainkan solo maka lagu tersebut perlu diaransemen sehingga komposisinya pas untuk dinyanyikan berdua dan jelas pembagian suaranya. Pertunjukan musik dalam bentuk duet memiliki daya tarik tersendiri karena kita dapat mendengarkan musik yang lebih berwarna. Selain dalam dunia musik, belakangan istilah duet sudah mulai banyak digunakan di bidang-bidang lain. Seperti duet dua orang penulis dalam menulis sebuah buku, duet dua orang pemain bola di lapangan, dan lain-lain.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian duet dalam musik. Semoga kalian bisa menjelaskan pengertian duet dalam bernyanyi secara umum ya ! Baca juga pengertian distribusi pendapatan 🙂