1. Pengertian koreografer dan koreografi itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan koreografer dan koreografi ?
  3. Apa arti kata koreografer dan koreografi ?
  4. Apa itu koreografer dan koreografi ?
  5. Apa perbedaan koreografi dan koreografer dalam karya seni ?
  6. Apa pengertian koreografer dan tugasnya ?

Pengertian Koreografer dan Koreografi Menurut Para Ahli


Arti koreografer dan koreografi adalah :

Pengertian koreografer adalah penata tari yang berkedudukan menata rangkaian gerak tari menjadi suatu bentuk tarian yang indah. (pengertian koreografer dalam seni tari menurut Tini Rustini dkk : 2011)

Pengertian koreografer adalah seorang seniman penyusun tari yang pada dasarnya menggunakan gerak sebagai medianya. (Endang Caturwati : 2000)

Pengertian koreografi adalah penataan gerakan-gerakan tari yang implisit, menggunakan pola waktu, dan terjadi dalam kesadaran ruang tertentu sehingga ketiga elemen ini yaitu energy-space-time membentuk ”tri tunggal sensasi” yang menyatu. (Y. Sumandiyo Hadi : 2012)

Pengertian koreografi adalah sebuah sajian atau pertunjukan tari, baik bersifat solo dance atau tarian tunggal maupun tarian massal atau kelompok. (Y. Sumandiyo Hadi : 2017) 


Salah satu idola bagi sebagian besar remaja pada saat sekarang adalah boyband dan girlband dari negara Korea Selatan. Personelnya ganteng dan cantik, lagunya enak didengar, ditambah lagi gerakan tarinya yang kompak dan indah. Gerakan tari ini merupakan salah satu daya tarik bagi penonton yang menyaksikan boyband ataupun girlband. Dibalik kompak dan indahnya gerakan tarian mereka ada jasa seorang atau sekelompok koreografer di belakangnya.

Secara umum, pengertian koreografer adalah orang yang menyusun dan menciptakan komposisi tarian (koreografi) sesuai dengan instrumen atau lagu yang dibawakan sehingga isi atau pesan lagu dapat tersampaikan dengan lebih baik.

Sementara itu secara bahasa, koreografi artinya pencatatan tari. Ini merujuk pada definisi koreografi sebagai sistem penotasian atau penulisan gerakan-gerakan tari dalam suatu penampilan tari. Secara makna, koreografi berarti seni menciptakan, menata, atau menyusun gerakan-gerakan tari. Istilah koreografi juga bisa ditujukan kepada komposisi atau susunan gerakan-gerakan tari yang digunakan untuk merepresentasikan gagasan dari koreografer atau untuk menyampaikan pesan dari sebuah lagu atau penampilan.

Untuk menghasilkan koreografi yang indah dan menarik diperlukan koreografer handal yang mengerti betul dasar-dasar gerakan tari dari berbagai jenis tarian, mampu menciptakan variasi-variasi gerakan tari, serta menciptakan dan menyusun gerakan-gerakan tari sehingga dapat mengekspresikan pesan-pesan yang ingin disampaikan dalam sebuah lagu atau penampilan. Selain itu seorang koreografer juga harus memiliki sifat jujur, kritis, terbuka, memiliki wawasan yang luas, kreatif, serta mampu mengembangkan imajinasinya.

Dalam menciptakan koreografi seorang koreografer juga harus memahami potensi para penari yang akan membawakan karyanya sehingga koreografi yang dihasilkan dapat ditampilkan secara maksimal oleh para penari. Sebab sebagus apapun koreografi yang diciptakan tidak akan dapat dinikmati oleh penonton jika para penari sebagai penyaji akhir tidak dapat membawakannya dengan baik. Sehingga penting bagi koreografer untuk memahami potensi para penarinya.

Pada zaman sekarang pemakaian istilah koreografi tidak terbatas pada seni tari. Ada bidang-bidang lain yang juga menggunakan istilah ini untuk menyatakan komposisi gerakan-gerakan dalam suatu penampilan, seperti gerakan penari pada kelompok marching band, gerakan-gerakan pemain dalam opera, gerakan-gerakan yang dibawakan pemandu sorak, gerakan-gerakan dalam permainan ski, gerakan-gerakan dalam olahraga gimnastik, serta gerakan-gerakan petarung di pertandingan bela diri.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian koreografer dan koreografi. Semoga kalian bisa menjelaskan pengertian koreografi dan koreografer secara umum ya ! Baca juga pengertian desain interior dan eksterior 🙂