1. Pengertian garis paranada dan garis birama itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan garis paranada dan garis birama?
  3. Apa arti garis paranada dan garis birama ?
  4. Apa itu garis paranada dan garis birama ?
  5. Apakah kegunaan garis paranada / apa fungsi garis paranada ?

Pengertian Garis Paranada dan Garis Birama Menurut Para Ahli


Arti garis paranada dan garis birama adalah :

Pengertian garis paranada adalah tempat untuk meletakkan not yang terdiri dari 5 buah garis yang sejajar yang mana setiap garisnya memiliki jarak yang sama. Kelima garis sejajar ini menghasilkan 4 ruangan yang disebut dengan spasi. (Drs. Thursana Hakim : 2006)

Pengertian garis birama adalah garis tegak lurus yang terletak pada garis paranada yang berfungsi untuk memisahkan birama. (Peter Nickol : 2005) 


Dalam mempelajari not balok, kita pasti akan menemui garis paranada dan garis birama. Pengertian garis paranada adalah garis tempat dimana not dituliskan. Garis paranada terdiri dari 5 garis dan 4 spasi. Lalu apa kegunaan garis paranada?

Penggunaan garis paranada saat menuliskan not balok sangatlah membantu, karena kita dapat memposisikan not balok tersebut pada tempat yang benar dan digunakan sebagai patokan dalam membaca partitur.

Not balok dapat diletakkan tepat di dalam garis paranada ataupun di luar garis paranada. Simbol musik pada not balok didasarkan pada efek dan ditempatkan pada garis sesuai fungsinya. Notasi musik biasanya ditempatkan berdasarkan nada, notasi perkusi diletakkan berdasarkan instrumen yang digunakan, dan nada tanda berhenti dan nada lainnya didasarkan atas kesepakatan yang membuat not balok tersebut.

Penomoran dalam garis paranada dilakukan dari garis bawah hingga ke atas. Untuk mengetahui nada tersebut adalah nada tinggi atau rendah, dapat dilihat dari garis paranadanya. Jika not balok berada garis pertama berarti nadanya rendah, jika berada pada garis kedua maka nadanya lebih tinggi dari yang pertama. Begitu seterusya hingga mencapai garis kelima. Semakin tinggi letak not balok pada suatu garis paranada, maka akan semakin tinggi pula nadanya. Pembacaan not balok dilakukan dari kiri ke kanan.

Lalu apa pengertian garis birama dan contohnya? Birama adalah bagian dari suatu melodi yang digunakan untuk menunjukkan berapa ketukan yang terjadi pada bagian tersebut. Garis yang membatasi ketukan birama tersebut dinamakan garis birama. Setiap not balok dipisahkan oleh garis birama da diakhiri oleh garis birama. Garis birama yang letaknya diakhir not balok, berarti bahwa musik tersebut telah selesai.

Ketukan dalam not balok dapat diketahui dari berapa birama yang diberikan. Misalnya birama ¾ memiliki arti bahwa setiap nada dalam ruas birama memiliki 3 ketukan, dimana masing-masing ketukannya senilai ¼.  Tiap birama dalam musik biasanya memiliki tekanan suara yang teratur sesuai dengan birama yang ditentukan.

Apa saja jenis jenis birama dan contohnya ? Adapun macam macam birama dan penjelasannya adalah sebagai berikut :

Macam-macam birama:

  • Birama 2/4

Maksudnya adalah tiap birama memiliki nilai dua ketukan, contohnya adalah lagu Ampar-Ampar Pisang

  • Birama 3/4

Maksudnya adalah tiap birama memiliki nilai tiga ketukan, contohnya adalah lagu Burung Kakatua dari Maluku

  • Birama 4/4
  • Maksudnya adalah tiap birama memiliki nilai empat ketukan, contohnya adalah lagu Bungong Jeumpa dari daerah Aceh
  • Birama 6/8

Maksudnya adalah tiap birama memiliki nilai enam ketukan, contohnya adalah lagu Naik-Naik ke Puncak Gunung dari Maluku


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian garis paranada dan garis birama. Semoga kalian bisa menjelaskan pengertian garis paranada dan garis birama secara umum ya ! Baca juga pengertian garis astronomis 🙂