1. Pengertian literasi beserta contohnya itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan literasi ?
  3. Apa arti kata literasi ? Apa itu literasi ?
  4. Apa tujuan literasi ?

Pengertian Literasi Menurut Para Ahli


Arti literasi adalah :

Pengertian literasi adalah suatu kemampuan menulis dan membaca secara baik untuk berkompetisi ekonomis secara lengkap. (Robinson : 1983)

Pengertian literasi digital adalah suatu konsep literasi di era digital. (Bawden : 2001)

Definisi literasi digital adalah suatu ketertarikan, sikap dan kemampuan individu di dalam teknologi digital untuk berkomunikasi, mengelola, menganalisis, mengintegrasikan, mengevaluasikan kemudian membangun pengetahuan baru secara efektif dalam masyarakat. (Siregar : 2013)

Pengertian literasi digital adalah kemampuan untuk memahami dan menggunakan informasi yang berasal dari berbagi format. (Gilster : 1997)

Pengertian literasi sekolah adalah suatu gerakan yyang melibatkan semua warga sekolah yaitu guru, peserta didik, orang tua, wali murid serta masyarakat sebagai bagian dari ekosistem pendidikan secara menyeluruh. (Farid Ahmadi & Hamidulloh Ibda : 2018) 


Literasi merupakan istilah yang berkaitan dengan aksara atau sistem tulisan, yaitu kemampuan seseorang untuk membaca dan menulis, bagaimana seseorang dapat memahami maksud suatu tulisan dan menuangkan isi pikirannya dalam bentuk tulisan. Ini merupakan kemampuan dasar yang terlebih dahulu harus diajarkan sebelum disiplin ilmu lain. Mengapa demikian? Karena bagaimana seseorang dapat memahami berbagai disiplin ilmu jika ia tidak pandai membaca dan menulis. Istilah literasi terus mengalami perkembangan hingga literasi tidak hanya dipahami sebagai kemampuan memahami bacaan dan menuliskan ini pikiran namun berkembang menjadi kemampuan seseorang untuk mengolah berbagai informasi sehingga mendapatkan suatu kesimpulan.

Hal ini menjadikan literasi sebagai kemampuan dasar yang harus dimiliki seseorang untuk menjalani kehidupan dan meraih kesuksesan. Sederhana saja, seseorang yang tidak dapat membaca dan menulis tidak akan dapat berbuat apa-apa, mudah dibodohi, sehingga tidak dapat memaksimalkan semua potensi dalam dirinya. Berbagai kegiatan sehari-hari yang sifatnya sederhana membutuhkan kemampuan literasi, mulai dari berbelanja, mencari alamat, membaca papan petunjuk, membaca majalah, dan lain sebagainya.

Seiring meningkatnya kemampuan literasi seseorang tentu semakin meningkat pula kualitas hidupnya. Misalnya saja dalam mempelajari sesuatu, pada zaman sekarang kita dapat dengan mudah mengakses berbagai sumber pengetahuan baik dari berbagai buku di perpustakaan atau melalui situs-situs di internet. Namun tidak semua sumber pengetahaun tersebut menggunakan bahasa ibu kita yaitu bahasa Indonesia, ada banyak bahan-bahan bacaan yang ditulis dalam bahasa Inggris atau bahasa asing lain. Jika kita tidak memahami bahasa asing setidaknya bahasa Inggris, kita akan kesulitan menggali pengetahuan dari sumber-sumber tersebut.

Untuk itu literasi perlu diajarkan, dibiasakan, dan dijadikan budaya hidup kepada generasi muda. Jika telah menjadi budaya maka membaca dan menulis tidak lagi menjadi kewajiban atau beban tetapi telah menjadi kebiasaan. Diantara langkah yang dapat dilakukan untuk menjadikan literasi sebagai budaya hidup adalah (dekat, mudah, murah, senang, dan lanjut) :

  • mendekatkan akses kepada fasilitas-fasilitas membaca dan menulis
  • mempermudah akses kepada berbagai bahan bacaan
  • menjadikan murah atau menggratiskan akses ke sumber-sumber bacaan
  • menjadikan kegiatan membaca dan menulis sesuatu yang menyenangkan
  • melakukan kegiatan membaca dan menulis secara berkelanjutan.

Itulah penjelasan singkat tentang pengertian literasi beserta contohnya. Semoga kalian bisa menjelaskan pengertian literasi dan jenis jenisnya secara umum ya ! Baca juga pengertian luas bangun datar dan volume bangun ruang 🙂