1. Pengertian hutan bakau dan manfaatnya itu apa sih ?
  2. Apa manfaat hutan bakau bagi manusia ?
  3. Apa sajakah fungsi ekologis hutan bakau ?
  4. Apa yang dimaksud dengan hutan bakau ?
  5. Apa arti kata hutan bakau ? Apa itu hutan bakau ?

Pengertian Hutan Bakau Menurut Para Ahli


Arti hutan bakau adalah :

Pengertian hutan bakau adalah jenis hutan yang berlokasi di daerah pinggiran pantai. Hutan bakau ini tumbuh di daerah yang beriklim subtropis dan tropis. (Deden Rohendi, S.Pd dkk : 2017)

Definisi hutan bakau adalah salah satu jenis hutan hujan yang tumbuh di garis pantai tropis. Hutan bakau ini memiliki keanekaragaman spesies yang rendah yang pada umumnya terdapat di sekitar sebelah barat Samudera Pasifik, pantai Samudera Hindia, serta di pesisir pantai Karibia, Amerika, dan Afrika Barat.

Manfaat hutan bakau adalah sebagai pemasok unsur hara ke perairan laut yang dapat dimanfaatkan oleh organisme laut serta sebagai penyangga ekosistem pantai dari gempuran gelombang laut dan ombak. (Victor P. H. Nikijuluw : 2002)

Fungsi hutan bakau adalah sebagai pelindung pantai dari abrasi, menjaga garis pantai agar tetap stabil, penyanggah terhadap rembesan air laut dan limbah, serta membantu mempercepat pertumbuhan daratan. (Tridoyo Kusumastanto : 2001) 


pengertian hutan bakau dan contohnya – Hutan bakau disebut juga sebagai hutan mangrove, yaitu hutan yang tumbuh di atas rawa-rawa air payau untuk menggambarkan komunitas hutan tropik yang terletak di garis pantai yang juga dipengaruhi oleh pasang surut air laut. Hutan ini banyak tumbuh khususnya di daerah yang banyak pelumpuran dan akumulasi bahan organiknya, baik di teluk yang terlindungi oleh gumparan ombak pantai  amupun di sekitar muara sungai dimana airnya mengalir dan mengendapkan lumpur yang dibawa dari hulu. Ekosistem di hutan bakau juga sangatlah khas karena adanya pelumpuran yang bisa mengurangi abrasi tanah, salinitas tanah yang tinggi, dan daur penggenangan oleh pasang surut air laut.

Hutan bakau terdapat di daerah garis khatulistiwa yang kita ketahui beriklim tropis dan sedikit subtropis. Hutan ini tumbuh dan menyebar luas pada daerah yang sangat panas di dunia. Hutan bakau yang terluas di dunia terdapat di Indonesia dengan luas 2,5 hingga 4,4 juta hektar, melebihi hutan yang ada di Nigeria, Brazil, dan Australia. Di Indonesia sendiri hutan bakau terdapat di daerah Dangkalan Sunda (yakni di pantai Timur Sumatera, dan pantai Barat serta Selatan Kalimantan) yang airnya cukup tenang dan sebagai tempat sungai-sungai bermuara.

Ciri-ciri dari hutan bakau atau hutan mangrove, antara lain:

  • Didominasi oleh pohon-pohon bakau, yaitu pohon yang mempunyai akar yang mencuat
  • Hidup di kawasan air payau yang kita ketahui merupakan pencampuran antara air asin dan air tawar
  • Keberadaannya sangat dipengaruhi oleh pasang surut air laut
  • Banyak ditemukan di daerah pelumpuran yang terakumulasi dengan bahan-bahan organik

Apa fungsi hutan bakau ? Manfaat hutan bakau atau hutan mangrove, antara lain:

  • Melindungi tanah dari abrasi atau pengikisan tanah akibat adanya pasang surut air laut yang menyebabkan wilayah daratan bisa semakin kecil
  • Menjaga kualitas air karena rakyat setempat bisa memanfaatkan keberadaan hutan bakau untuk membersihkan air laut agar airnya berubah menjadi air payau dan dapat dikonsumsi oleh rakyat
  • Mempertahankan kondisi tanah karena akar tumbuhan bakau dapat mengikat endapan tanah karena pasang surut air sehingga akan menghasilkan daratan baru yang luas
  • Dapat dijadikan sebagai tempat hidup oleh berbagai jenis hewan
  • Dapat digunakan sebagai tempat untuk mengatasi pencemaran air laut
  • Dapat dimanfaatkan sebagai daerah wisata

Itulah penjelasan singkat tentang pengertian hutan bakau dan manfaatnya. Semoga kalian bisa menjelaskan pengertian hutan bakau dan fungsinya secara umum ya ! Baca juga pengertian gurun sahara & pengertian futsal dan peraturannya 🙂