1. Pengertian ekosistem alami dan buatan beserta contohnya itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan ekosistem alami dan buatan ?
  3. Apa itu ekosistem alami dan buatan ?
  4. Apa contoh ekosistem alami dan buatan dalam biologi ?
  5. Apa perbedaan ekosistem alami dan ekosistem buatan ?

Pengertian Ekosistem Alami dan Buatan Menurut Para Ahli


Arti ekosistem alami dan buatan adalah :

Pengertian ekosistem alami adalah ekosistem yang terbentuk secara alamiah, tanpa adanya campur tangan manusia. Contoh ekosistem alami adalah sungai, rawa, dan laut. Apabila suatu ekosistem sengaja dibuat oleh manusia maka ekosistem tersebut disebut ekosistem buatan. (Djoko Arisworo dkk)

Pengertian ekosistem buatan adalah ekosistem ekosistem yang sengaja dibuat manusia. Contoh ekosistem buatan adalah ekosistem waduk, ekosistem akuarium, ekosistem kolam, ekosistem sawah, ekosistem kebun dsb . (Saktiono : 2004) 


Ciri ciri ekosistem alami dan buatan itu seperti apa sih? Makhluk hidup seperti manusia, hewan, dan tumbuhan tidak mungkin dapat hidup tanpa adanya lingkungan seperti tanah dan bebatuan, suhu udara, garam, air, iklim, dan tentu saja cahaya matahari. Tanpa tanah kita tidak akan punya tempat untuk berdiri dan menjalani seluruh aktivitas, tempat untuk hewan hidup, atau tempat untuk tumbuhnya tanaman.

Begitu pula dengan air, cahaya matahari, dan lain sebagainya yang memiliki peran penting dalam kelangsungan hidup seluruh makhluk hidup yang ada di bumi. Hubungan yang terjadi antara makhluk hidup dan lingkungannya ini disebut dengan ekosistem, bagaimana kedua hal ini saling mempengaruhi dan menciptakan keseimbangan di alam.

Pada dasarnya berbagai ekosistem yang ada di alam telah terbentuk secara alami dan makhluk hidup tinggal menjalaninya saja. Ada ekosistem air atau akuatik seperti ekosistem air tawar, air laut, pantai, estuari, sungai, terumbu karang, laut dalam, serta lamun. Ada juga ekosistem darat atau terestrial seperti ekosistem hutan hujan tropis, sabana, padang rumput, gurun, hutan gugur, taiga, tundra, serta karst atau gua/batu gamping.

Setiap ekosistem ini memiliki pola kehidupan dan karakteristik yang berbeda-beda mulai dari suhu, cahaya matahari, kandungan garam, iklim, dan lain sebagainya sehingga makhluk hidup yang mendiaminya pun berbeda-beda. Contohnya ikan yang hidup di air tawar sangat berbeda dengan ikan yang hidup di air laut, atau hewan yang hidup di padang rumput memiliki karakteristik yang berbeda dengan hewan yang hidup di hutan hujan tropis. Antara makhluk hidup dan lingkungannya terjadi hubungan timbal balik dan saling mempengaruhi.

Ada juga ekosistem buatan yang memang sengaja dibuat oleh manusia untuk berbagai keperluan. Mereka membuat suatu ekosistem dengan memanipulasi berbagai faktor lingkungan seperti suhu, tanah, air, dan pasokan cahaya matahari serta mengisinya dengan makhluk hidup yang cocok dengan ekosistem tersebut.

Contohnya contoh ekosistem buatan seperti ekosistem sawah, hutan tanaman produksi, bendungan, kebun binatang, dan lain sebagainya. Meskipun demikian ekosistem buatan tentu saja tidak dapat menyamai ekosistem alami yang telah diciptakan Tuhan dengan sangat presisi. Ekosistem buatan membutuhkan pasokan energi dan materi dari luar, harus mendapat perhatian dan pemeliharaan dari manusia, serta memiliki tingkat keanekaragaman yang rendah.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian ekosistem alami dan buatan beserta contohnya. Semoga kalian bisa menjelaskan perbedaan ekosistem alami dan buatan secara umum ya ! Baca juga pengertian radioaktif 🙂