1. Pengertian aerial photography itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan aerial photography ?
  3. Apa arti aerial photography ? Apa itu aerial photography ?
  4. Apa definisi aerial photography ?

Pengertian Aerial Photography


Menikmati Panorama Bumi dengan Aerial Fotografi

Apa itu aerial photography / arti aerial photography ?

Akhir-akhir ini kian marak karya fotografi atau sinematografi dengan objek foto tekstur atau penampakan permukaan bumi. Foto ini dihasilkan dari pengambilan gambar dengan posisi kamera ada di atas permukaan bumi atau udara, yang dikenal dengan aerial fotografi. Aerial sendiri artinya udara. Ada juga aerial fotografi merupakan foto yang dihasilkan dari mata atau pengamatan burung (bird’s eye view)

Bagaimana cara memotret atau teknik aerial photography?

Teknik pengambilan gambar aerial agak sedikit berbeda jika dibandingkan dengan architectural photography dan milky way photography. Biasanya apabila kita berada dalam pesawat dan ketika cuaca cerah dan letak kita berada di samping jendela, kemudian kita mengambil gambar permukaan suatu pulau misalnya yang nampak dari pesawat yang kita tumpangi, maka itulah yang dinamakan aerial fotografi. Bisa juga kita menggunakan bantuan helicopter untuk menangkap permukaan bumi dari atas.

Aerial fotografi menggunakan helicopter bukan hal yang ringan karena memerlukan dana yang besar untuk menyewa sebuah helicopter. Namun kini makin marak dengan lebih mudahnya kita mengambil gambar dari udara atas menggunakan helicam atau pesawat tanpa awak, atau biasa dikenal dengan nama Drone. Hanya dengan remote control di tangan kita, pesawat akan mengudara dengan kendali di tangan kita.

Tujuan dari aerial fotografi ini untuk menciptakan sudut pandang yang menarik dari tekstur permukaan bumi, gedung, laut, atau apapun yang ada di muka bumi ini. Dalam aerial fotografi pun tak hanya asal mengambil gambar saja. Teknik fotografi seperti mengatur posisi kamera agar cahaya yang masuk pas, menentukan sudut pandang juga atau menentukan objek yang tepat untuk difoto agar dapat menghasilkan foto yang menarik.

Selain untuk menghasilkan karya foto yang menarik, aerial fotografi juga sangat berguna bagi pemerintah setempat untuk membuat denah atau peta serta mengilustrasikan perkembangan daerah sesuai dengan potensi yang ada di wilayah tersebut. Selain itu, biasanya juga dimanfaatkan untuk keperluan survey lokasi, pengukuran tata ruang dan pertanian atau pun juga dalam tujuan militer.

Untuk memulai fotografi aerial apabila memiliki drone camera, aspek pertama yang dicermati adalah perkiraan cuaca di wilayah Anda. Pastikan hari itu cerah dan diprediksi tidak terjadi hujan, maka mulailah hunting foto aerial sejak pagi. Banyak fenomena alam yang bisa diambil gambarnya yang terjadi mulai pagi hari hingga biasanya terbenam matahari.

Selain itu, tentukan juga lokasi yang pas untuk menerbangkan drone, karena lokasi merupakan kunci utama hasil foto kita. Lokasi terbuka sangat disarankan karena jarak pandang yang luas sehingga akan menghasilkan foto yang mengesankan. Usahakan tidak terlalu banyak pepohonan, tidak banyak burung yang sedang beterbangan sehingga drone kita tidak diganggu terbangnya atau malah drone kita bisa menabrak burung. Hindari juga tempat dengan banyak gedung pencakar langit, Karena view yang dihasilkan kurang baik.

Setelah dapat kunci utama dalam fotografi aerial cobalah menerbangkannya. Jika sudah mencapai titik yang diharapkan cobalah untuk mengambil gambar beberapa kali. Lakukan berulang-ulang dengan angle dan objek yang berbeda. Dari sana kita bisa menentukan mana karya foto aerial terbaik kita.


Nah semoga penjelasan singkat tentang pengertian aerial photography ini bisa bermanfaat ya!