1. Pengertian latar belakang pendidikan itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan latar belakang pendidikan ?
  3. Apa arti kata latar belakang pendidikan ?
  4. Apa itu latar belakang pendidikan ?

Pengertian Latar Belakang Pendidikan Menurut Para Ahli


Arti latar belakang pendidikan adalah :

Pengertian latar belakang pendidikan adalah mengacu pada semua tingkat pendidikan yang sudah Anda jalani baik formal maupun informal. Ini dimulai dengan Taman Kanak-kanak (atau yang serupa) dan diakhiri dengan Sekolah Pasca Sarjana atau Training / Pelatihan Teknis tambahan. Jika seseorang bertanya tentang latar belakang pendidikan Anda, mereka ingin tahu pendidikan apa saja yang sudah Anda miliki, termasuk tempat Anda bersekolah, gelar, ataupun sertifikat yang Anda miliki. 


Tidak ada yang menyangkal bahwa pendidikan merupakan sesuatu yang penting. Kita lihat betapa orangtua kita rela bekerja keras dan meminjam uang kesana kemari hanya untuk membiayai pendidikan anaknya setinggi mungkin. Hal ini diamini pula oleh negara-negara di dunia yang sebagian menggratiskan pendidikan bagi warganya demi mencetak generasi penerus yang berpendidikan.

Secara umum pendidikan tidak hanya bersifat formal seperti pendidikan di bangku sekolah baik sd, smp, sma, atau kuliah. Pendidikan bisa didapatkan dari mana saja dimulai dari ibu, keluarga, lingkungan sekitar, dan lain sebagainya.

Latar belakang pendidikan seseorang menjadi faktor penting dalam berbagai hal, baik sebagai bahan pertimbangan ketika melamar pekerjaan, pengaruhnya terhadap pola asuh ibu, bahkan turut menjadi pertimbangan ketika memutuskan menerima lamaran seorang laki-laki/perempuan.

Pendek kata, pengertian latar belakang pendidikan adalah menunjukkan pendidikan apa saja yang diterima atau ditempuh seseorang selama hidupnya yang akan menentukan bagaimana tumbuh kembang orang tersebut, bagaimana pola pikirnya, respon terhadap masalah, langkah atau tindakan yang diambil ketika menyelesaikan masalah, dan lain sebagainya.

Idealnya seseorang dengan latar belakang pendidikan yang tinggi memiliki pola pikir, respon terhadap masalah, dan sikap yang lebih baik daripada orang dengan latar belakang pendidikan yang lebih rendah. Namun hal ini tidak mutlak karena banyak juga contoh orang-orang dengan latar belakang pendidikan yang biasa-biasa saja bahkan sebagian tidak menamatkan sekolah dasar namun memiliki pola pikir yang baik. Mengapa demikian? Karena seperti yang telah disinggung di atas dimana pendidikan tidak hanya didapatkan dari bangku sekolah. Pergaulan dan pengalaman di lapangan juga dapat menjadi media pendidikan bagi seseorang yang menentukan tumbuh kembangnya.

Latar belakang pendidikan yang baik juga dibutuhkan ketika seseorang menjadi ibu karena ibu merupakan guru pertama bagi seorang anak. Jika dulu sering kita dengar celaan kepada kaum perempuan yang bersekolah tinggi karena pendidikannya dianggap tidak berguna. Dimana setelah menikah ia hanya akan menjadi ibu rumah tangga. Namun pandangan tersebut sedikit demi sedikit mulai berubah. Kini banyak pemerhati anak dan pakar yang menekankan pentingnya pendidikan yang baik bagi calon ibu. Agar dapat mendidik anak dengan baik seorang ibu haruslah memiliki latar belakang pendidikan yang baik pula.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian latar belakang pendidikan. Semoga kalian bisa menjelaskan pengertian latar belakang pendidikan guru, orang tua dsb secara umum ya ! Baca juga pengertian legenda pada peta 🙂