1. Pengertian portrait dalam fotografi itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan foto portrait &  teknik photo portrait ?
  3. Apa arti portrait photography / arti portrait dalam fotografi ?
  4. Apa itu foto portrait dan landscape ?
  5. Bagaimana teknik pengambilan foto portrait / teknik dasar fotografi portrait?

Pengertian Portrait Dalam Fotografi


Apa pengertian portrait photography / pengertian portrait foto?

definisi portrait photography – Arti foto portrait adalah foto yang menjadikan orang sebagai subyeknya. Untuk membuat foto portrait maka biasanya disesuaikan dengan kebutuhan fotografer.

Bagaimana teknik memotret portrait / teknik portrait photography?

Jika untuk mengabadikan momen ketika beraktivitas, maka yang ditonjolkan dalam foto portrait adalah ekspresi atau emosi orang yang difoto melalui air mukanya.

Sedangkan ketika memotret untuk kebutuhan profesional seperti foto model, maka seorang fotografer harus mampu mengarahkan model untuk menciptakan pose serta ekspresi yang pas sesuai yang dibutuhkan. Foto portrait yang paling familiar bagi kalian pastinya adalah foto diri untuk keperluan foto KTP atau untuk keperluan ijazah sekolah. Jika untuk keperluan formal seperti itu maka seorang fotografer harus menggunakan latar belakang polos dan biasanya dilakukan di dalam studio ruangan dengan berbagai bantuan lighting agar hasilnya memuaskan.

Sedangkan untuk foto portrait untuk model maka bisa dilakukan di dalam maupun di luar ruangan. Baik dilakukan di dalam maupun di luar ruangan seorang fotografer membutuhkan peralatan strobist lighting agar hasil foto portrait tidak mengecewakan. Sedangkan latar belakang untuk foto portrait model biasanya dapat menyesuaikan. Berbeda dengan foto portrait untuk kebutuhan mengabadikan momen, untuk itu biasanya tidak diperlukan lighting tambahan dan jika ingin hasilnya bagus kamu bisa memotret di luar ruangan ketika pagi hari atau sore hari agar mendapatkan cahaya alami yang bisa membuat foto semakin bagus.

Jika kamu tidak terbiasa memotret portrait maka skill yang harus kamu asah adalah kemampuan berkomunikasi dan berinteraksi dengan subyek yang akan kita foto. Ketrampilan berinteraksi dengan orang yang akan difoto menjadi penting untuk dapat mengkomunikasikan foto seperti apa yang diinginkan fotografer maupun foto seperti apa yang diinginkan oleh klien yang akan difoto. Terkadang banyak orang yang grogi pada saat akan difoto sehingga hasilnya pun tidak maksimal. Ketika fotografer berada di situasi tersebut maka fotografer harus bisa mencairkan suasana agar subyek yang difoto bisa nyaman berpose di depan kamera. Kunci dari foto portrait yang bagus adalah ketika fotografer telah mampu menciptakan foto yang menggambarkan subyek yang difoto.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian portrait dalam fotografi serta tips teknik fotografi portrait. Semoga artikel fotografi portrait yang singkat ini bisa bermanfaat ya!