1. Pengertian bahasa ibu dan contohnya itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan bahasa ibu ?
  3. Apa arti kata bahasa ibu ?
  4. Apa itu bahasa ibu ?

Pengertian Bahasa Ibu Menurut Para Ahli


Arti bahasa ibu adalah :

Pengertian bahasa ibu adalah bahasa yang pertama kali dikuasai atau diperoleh anak. Bahasa ibu adalah padanan kata dari native language. (Soenjono Dardjowidjojo : 2003)

Definisi bahasa ibu adalah bahasa pertama kita atau bahasa daerah kita masing-masing. Jadi, bahasa Indonesia adalah bahasa kedua yang baru mulai kita pelajari dalam pendidikan formal di sekolah dasar. (Abdul Chaer : 1993)

Pengertian bahasa ibu adalah bahasa yang mempunyai hubungan emosional dengan penuturnya secara langsung. (Endang Retnowati : 2012)

Pengertian bahasa ibu adalah bahasa yang pertama dikuasai oleh anak. (Ag Soejono : 1984) 


Bahasa ibu sering disebut sebagai bahasa asli atau bahasa pertama adalah bahasa yang pertama yang dipelajari oleh seseorang. Misalnya seseorang yang yang dilahirkan dari etnis Batak maka bahasa ibunya adalah bahasa Batak. Sehingga dalam kehidupan sehari-hari orang tersebut akan menggunakan bahasa Batak untuk berkomunikasi.

Bahasa ibu sering dianggap sebagai dasar seseorang untuk berpikir. Ketidakpandaian dalam mempelajari bahasa ibu atau bahasa pertama akan menyebabkan seseorang akan susah untuk belajar bahasa yang lainnya. Jika seseorang memiliki bahasa ibu yang sangat kental, maka ia akan sedikit susah untuk mempelajari bahasa Indonesia. Bisa sih bisa, tapi pelafalannya agak sedikit janggal dan tekanan bahasanya juga pasti akan berbeda.

Manfaat bahasa ibu adalah seseorang sudah mengenal budayanya sendiri, sehingga ia akan menghargai dan akan terus mempertahankan budaya apalagi bahasa ibunya.

Era globalisasi yang semakin berkembang dengan pesat memaksa seseorang untuk tidak hanya menguasai bahasa ibunya, melainkan juga bahasa asing seperti Bahasa Inggris, Mandarin, Spanyol, Prancis, dan ragam bahasa asing lainnya.

Dunia pendidikan sekarang sudah bisa dikatakan modern, apalagi dengan munculnya berbagai macam pendidikan bertaraf internasional yang menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantarnya. Namun ada dampak negatif dari penggunaan bahasa asing ini yaitu bahasa Indonesia atau bahasa daerahnya jadi dinomor duakan. Mengapa hal ini bisa terjadi? Karena mungkin dalam kehidupan sehari-hari sudah selalu menggunakan bahasa asing.

Kasus di atas sangatlah disayangkan, karena akan menghilangkan ciri khas dari orang itu sendiri. Namun tidak bisa disalahkan juga karena memang zaman sudah menuntut seseorang untuk bisa menguasai bahasa asing.

Lantas apakah langkah yang dilakukan agar bahasa ibu tetap ada dan tidak pudar?

  • Masih tetap menggunakan bahasa ibu dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya: menggunakan bahasa Indonesia untuk berkomunikasi dengan keluarga di rumah, dan tidak menggunakan bahasa Inggris karena akan nanti akan membuat bahasa Indonesia tersingkirkan.
  • Kalau pun harus menggunakan bahasa asing untuk berkomunikasi, mungkin untuk menulis atau curhat bisa menggunakan bahasa Indonesia agar keberadaannya tidak dilupakan

Itulah penjelasan singkat tentang definisi bahasa ibu menurut para ahli. Semoga kalian bisa menjelaskan pengertian pengertian bahasa ibu dan contohnya secara umum ya ! Baca juga pengertian literasi dan contohnya & pengertian hutan hujan tropis 🙂