1. Pengertian luber jurdil pada asas pemilu itu apa sih ?
  2. Apakah yang dimaksud asas pemilihan luber jurdil ?
  3. Jelaskan pengertian luber dan jurdil
  4. Apa pengertian luber dan jurdil ?

Pengertian Luber Jurdil Pada Asas Pemilu


Pemilu atau pemilihan umum merupakan salah satu ciri negara demokrasi dimana para wakil rakyat, kepala negara, dan kepala daerah dipilih langsung oleh rakyat. Demikian pula dengan negara kita Indonesia yang menggunakan mekanisme ini untuk memilih para pemimpin setiap lima tahun sekali.

Awalnya pemilu digunakan untuk memilih wakil rakyat dimana wakil rakyat inilah nantinya yang akan memilih presiden dan wakil presiden, baru pada tahun 2004 rakyat diberi hak untuk memilih presiden dan wakil presiden secara langsung.

Agar pemilu berjalan dengan baik, tertib, dan jauh dari kecurangan diperlukan asas-asas yang harus dipatuhi oleh semua peserta pemilu baik kandidat yang akan dipilih, pemilih, serta penyelenggara pemilu.

Di Indonesia asas-asas pemilu dikenal dengan akronim luber dan jurdil yang artinya langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil. Awalnya hanya menggunakan asas luber, baru pada era reformasi tahun 1999 ditambahkan asas jurdil sebagai asas pemilu.

  • Langsung artinya setiap orang yang memiliki hak pilih dapat memberikan suaranya secara langsung dan tidak bisa diwakilkan. Hal ini diperlukan agar pilihan orang tersebut dapat terealisasi secara langsung dan terjaga kerahasiaannya.
  • Umum artinya pemilu dapat diikuti oleh seluruh rakyat Indonesia tanpa membeda-bedakan suku, kelompok, agama, ras, dan lain sebagainya selama memenuhi persyaratan, seperti usia minimal 17 tahun bagi pemilih dan 21 tahun bagi kandidat yang akan dipilih.
  • Bebas artinya seluruh rakyat diberikan kebebasan dalam menjatuhkan pilihannya. Tidak ada satu orang pun yang dapat dan boleh memaksa dan mengintervensi pilihan seseorang.
  • Rahasia artinya apapun pilihan seseorang dijamin kerahasiaannya sehingga pilihan seseorang terbebas dari intervensi atau tekanan pihak manapun. Seseorang tidak perlu takut atau segan karena berbeda pilihan dengan lingkungan sekitar, teman, atau keluarganya.
  • Jujur artinya seluruh pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan pemilu harus berlaku jujur terutama para petugas atau panitia pelaksanaan pemilu.
  • Adil artinya pemilu dilaksanakan tanpa ada kecenderungan atau keberpihakan kepada pihak atau kubu tertentu yang dapat merusak asas jujur dalam pemilu seperti melakukan hal-hal yang dapat menguntungkan pihak atau kubu tertentu.

Itulah penjelasan singkat tentang pengertian asas luber dan jurdil dalam pemilihan umum. Semoga kalian bisa menjelaskan asas luber dan jurdil yang diterapkan dalam pemilihan umum di indonesia secara umum ya ! Baca juga pengertian lugas 🙂