1. Pengertian lugas dan contohnya itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud gaya bahasa lugas ?
  3. Apa engertian lugas dalam karya ilmiah?
  4. Apa itu lugas dalam bahasa indonesia ?
  5. Apa yang dimaksud dengan menggunakan kata-kata yang lugas ?

Pengertian Lugas Menurut Para Ahli


Arti lugas adalah :

Pengertian lugas adalah kata dengan arti yang baku atau yang berlaku. Penyebutan yang lugas adalah penyebutan yang apa adanya. (Markiswo, ‎Augustinus Supratiknya : 1996)

Definisi lugas adalah bahasa yang mampu mengungkap gagasan secara tepat. Oleh karena itu, setiap gagasan harus diungkapkan secara langsung sehingga bermakna lugas. (Ahmad Rofi’uddin dkk : 2017)

Pengertian makna lugas adalah makna yang langsung menunjuk pada benda atau suatu referensi tertentu ( yaitu makna konseptual, leksikal, dan denotatif). (P. TUkan. S.Pd : 2006) 


Sebenarnya apa sih pengertian kata bermakna lugas ? Istilah lugas merupakan istilah yang sering kita dengar berhubungan dengan bagaimana cara seseorang menyampaikan sesuatu.

Istilah ini merupakan kata sifat untuk menyatakan sesuatu yang disampaikan secara sederhana, apa adanya, tidak menimbulkan penafsiran ganda, langsung pada pokok permasalahan, dan tidak berbelit-belit. Istilah ini sering ditujukan pada gaya bahasa baik dalam pembicaraan secara lisan atau dalam bentuk tulisan. Contohnya seseorang dikatakan berbicara secara lugas ketika ia menyampaikan isi pikirannya secara jelas dan tidak berbelit-belit.

Gaya bahasa yang lugas biasanya digunakan untuk pembicaraan-pembicaraan resmi seperti di kantor dan proses belajar dan mengajar di sekolah, menyampaikan berita, mempresentasikan hasil penelitian, dan lain sebagainya. Ini dilakukan agar pesan yang ingin disampaikan dapat diterima dengan baik dan benar oleh pendengar sehingga tidak terjadi kesalahpahaman dimana pembicara bermaksud menyampaikan A sementara yang ditangkap pendengar adalah B. Kesalahpahaman ini bisa saja menyebabkan dampak negatif yang tidak diinginkan. Contohnya dalam menyampaikan berita, penggunaan gaya bahasa yang tidak lugas dapat menyebabkan masyarakat salah memahami isi berita sehingga menimbulkan opini-opini keliru mengenai berita tersebut.

Untuk berkomunikasi secara lugas perlu diperhatikan hal-hal berikut :

  • Pilihan kata

Sebaiknya pilih kata-kata yang memiliki makna tunggal dan tidak menimbulkan tafsiran ganda. Seperti kata orang tua, kata ini dapat menimbulkan makna ganda, dapat berarti ayah dan ibu dari seseorang atau berarti orang yang sudah tua. Jika yang dimaksud adalah orang yang sudah tua dapat menggunakan kata lansia atau lanjut usia sehingga tidak berpotensi menimbulkan tafsiran ganda.

  • Bentuk kata

Pemilihan bentuk kata juga dapat mempengaruhi makna sebuah kalimat. Pemberian imbuhan tertentu menjadikan suatu kata memiliki makna tertentu pula sehingga kita harus berhati-hati dalam memilih bentuk kata yang digunakan. Contohnya kata tertelan dalam kalimat : Daging yang liat itu tertelan olehku. Kalimat ini bisa bermakna aku mampu menelan daging yang liat, bisa juga bermakna aku tidak sengaja menelan daging yang liat.

  • Tanda baca

Meskipun terkesan sepele namun tanda baca memiliki peran penting dalam menentukan makna sebuah kalimat. Kesalahan penempatan tanda baca dapat menyebabkan perbedaan makna. Contohnya kalimat : Ibu, kakak Ani pergi ke pasar dan kalimat :  Ibu, kakak, Ani pergi ke pasar. Pada kalimat pertama yang pergi ke pasar adalah ibu dan kakak Ani, sementara pada kalimat kedua yang pergi ke pasar adalah ibu, kakak, dan Ani.

  • Susunan kalimat

Bagaimana susunan kata-kata yang membentuk sebuah kalimat sangat mempengaruhi makna kalimat tersebut. Kita harus dapat menentukan dengan jelas mana yang subjek, predikat, objek, atau keterangan.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian lugas dan contohnya Semoga kalian bisa menjelaskan arti kata lugas secara umum ya ! Baca juga pengertian daya tahan kardiovaskuler 🙂