1. Pengertian daya tahan kardiovaskuler itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan daya tahan kardiovaskuler ?
  3. Apa arti kata daya tahan kardiovaskuler ?
  4. Apa itu daya tahan kardiovaskuler ?
  5. Sebutkan bentuk latihan daya tahan kardiovaskuler!

Pengertian Daya Tahan Kardiovaskuler Menurut Para Ahli


Arti daya tahan kardiovaskuler adalah :

Definisi daya tahan kardiovaskuler adalah kesanggupan sistem jantung, paru-paru, serta pembuluh darah untuk berfungsi secara optimal baik pada keadaan kerja ataupun istirahat dalam mengambil oksigen dan menyalurkannya ke jaringan yang aktif sehingga bisa digunakan pada proses metabolisme tubuh. (Drs. Agus Mukholid, M.Pd : 2007)

Pengertian daya tahan kardiovaskuler adalah daya tahan jantung yaitu kesegaran sistem jantung, paru, serta pembuluh darah untuk bekerja secara optimal pada keadaan istirahat maupun kerja dalam mengambil oksigen dan menyalurkannya ke bagian aktif sehingga dapat digunakan pada proses metabolisme tubuh. (Bafirman : 2016) 


Pernah berlari? Pasti pernah dong, contohnya saat mengejar bus sekolah, mengejar ayam peliharaan yang lepas, atau ketika dikejar anjing tetangga. Ketika berlari sangat wajar jika kita merasa lelah dan napas tersengal-sengal, namun jika hal ini terjadi ketika kita baru sebentar berlari maka kemungkinan besar daya tahan kardiovaskuler teman-teman tidak bagus atau kurang bagus.

Namun ada juga orang-orang yang biasanya rajin berolahraga dan bergaya hidup sehat yang mampu berlari dalam waktu lama tetapi napasnya masih teratur dan tidak terlihat sangat kelelahan, kemungkinan besar mereka memiliki daya tahan kardiovaskuler yang bagus.

Apa itu daya tahan kardiovaskuler? Seperti yang kita ketahui bahwa setiap saat jaringan dan organ-organ dalam tubuh kita bekerja untuk menopang semua kegiatan tubuh, baik ketika istirahat, terlebih lagi ketika melakukan suatu pekerjaan.

Agar jaringan dan organ-organ ini dapat bekerja dengan baik diperlukan asupan sari makanan dan oksigen yang dibawa oleh darah. Oleh karena itu kelancaran sistem peredaran darah yang melibatkan jantung, paru-paru, dan pembuluh darah sangat mempengaruhi kinerja organ-organ di dalam tubuh.

Nah, kemampuan ketiga komponen ini yaitu jantung, paru-paru, dan pembuluh darah dalam mengedarkan darah yang membawa oksigen dan sari makanan ke seluruh tubuh secara optimal sehingga seseorang dapat melakukan suatu pekerjaan secara terus-menerus dalam waktu yang cukup lama tanpa merasa sangat kelelahan atau sakit disebut dengan daya tahan kardiovaskuler.

Setiap orang memiliki daya tahan kardiovaskuler yang berbeda-beda. Ada yang sangat baik, cukup baik, atau malah buruk tergantung gaya hidup mereka, salah satunya apakah mereka berolahraga atau tidak. Olahraga merupakan latihan yang sangat penting untuk meningkatkan daya tahan kardiovaskuler dan kesehatan secara umum.

Ada begitu banyak jenis olahraga yang dapat kita lakukan yang dapat disesuaikan dengan kondisi tubuh dan tujuan yang ingin dicapai. Untuk meningkatkan daya tahan kardiovaskuler kita dapat melakukan olahraga seperti joging, berjalan, bersepeda, berenang, bergerak naik turun tangga, dan lain sebagainya. Seseorang dengan daya tahan kardiovaskuler yang baik tidak hanya memiliki daya tahan tubuh yang baik, tubuhnya juga dapat pulih dengan lebih cepat dari kelelahan.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian daya tahan kardiovaskuler. Semoga kalian bisa menjelaskan apa perbedaan antara daya tahan kardiovaskuler dengan daya tahan otot lokal secara umum ya ! Baca juga pengertian luka 🙂