1. Pengertian pasar konkret dan ciri cirinya itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan pasar konkret dan ciri cirinya ?
  3. Apa arti pasar konkret ? Apa itu pasar konkret ?
  4. Sebutkan ciri-ciri pasar konkret / tuliskan ciri-ciri pasar konkret!
  5. Sebutkan 4 ciri pasar konkret!

Pengertian Pasar Konkret Menurut Para Ahli


Arti pasar konkret adalah :

Definisi pasar konkret adalah pasar yang memperjualbelikan barang dan barangnya ada di pasar tersebut dengan sistem cash and carry yang mana setelah dibayar, barang bisa langsung dibawa pulang.

Pengertian pasar konkret adalah suatu tempat di mana pembeli dan penjual saling bertemu untuk melakukan transaksi jual beli secara nyata. Contoh pasar konkret adalah pasar-pasar tradisional, pasar swalayan, supermarket, toseba dsb. 


Pengertian Pasar Konkret dan Ciri Cirinya

Pasar konkret memiliki arti sebagai pasar yang nyata. Pengertian ini diambil dari kata konkret yang berarti terlihat atau bisa dilihat secara nyata dan kasat mata (fisik) dan pasar yang memiliki arti sebagai tempat penjual dan pembeli bertemu.

Secara umum pengertian pasar konkret adalah tempat dimana bertemunya pembeli dan penjual dimana mereka melakukan akvitias jual beli baik itu barang atau jasa secara nyata. Pasar konkret ini merupakan pasar yang bisa dilihat secara umum dan biasa ditemui setiap saat. Contoh pasar konkret adalah pasar tradisional, pasar modern, supermarket ataupun swalayan.

Pasar konkret juga memiliki arti sebagai tempat dimana tempat tersebut menjadi tempat jual beli dimana penjual dan pembeli bertemu secara langsung dan barang yang diperjualbelikan pun juga merupakan barang yang nyata atau konkrit. Pasar konkret juga bisa hanya menjual satu barang saja seperti buah-buahan saja, hewan ataupun sayur mayur. Pasar konkrit sendiri juga dibagi menjadi berbagai bentuk seperti berikut;

Jenis pasar konkret yang berdasarkan manajemen pengelolaan dibagi menjadi pasar tradisional dan pasar modern. Jenis pasar konkret yang berdasarkan manajemen pelayanan dibagi menjadi pasar swalayan atau supermarket, pertokoan dan mall/plaza/supermall. Sedangkan untuk jenis pasar konkret yang dibedakan berdasarkan jumlah barang yang dijual terbagi menjadi pasa eceran dan pasar grosir.

Apa sajakah ciri-ciri pasar konkret ?

Pasar konkrit memiliki beberapa cirri-ciri yang membedakannya dengan pasar abstrak yang juga menjadi salah satu jenis pasar selain dari pasar konkret. Ciri-ciri untuk pasar konkrit ini bisa terbagi menjadi beberapa ciri-ciri yang menandakan pasar konkrit ini. Diantaranya adalah sebagai berikut;

  1. Pasar konkrit merupakan pasar yang nyata dan bisa dijelas secara kasat mata oleh mata.
  2. Pelaku ekonomi baik itu penjual ataupun pembeli bisa dilihat secara nyata. Pembeli yang ingin membeli barang dan juga penjual yang menawarkan barang yang akan dijual terlihat dengan konkrit dan nyata.
  3. Barang yang diperjual belikan juga merupakan barang yang nyata dan nampak oleh mata.
  4. Menggunakan sistem cash and carry.
  5. Pada umumnya barang yang diperjualbelikan merupakan kebutuhan sehari-hari.

Itulah penjelasan singkat tentang pengertian pasar konkret dan penjelasannya. Semoga kalian bisa menjelaskan pengertian pasar konkret dan ciri cirinya secara umum ya ! Baca juga pengertian pasar lokal dan contohnyapengertian pemasaran langsung dan tidak langsung 🙂