1. Pengertian sakral dan profan itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan sakral ?
  3. Apa arti sakral dalam pernikahan ?
  4. Apa pengertian sakral menurut para ahli ?
  5. Apa pengertian sakral dalam sejarah / pengertian sakral pkn ?
  6. Apa itu sakral dan profan ?

Pengertian Sakral Menurut Para Ahli


Arti sakral adalah :

Definisi sakral adalah suatu kualitas yang terpisah dari hal yang biasa. Lawan kata sakral adalah profan, yang berasal dari bahasa Latin, profânus, yang artinya secara harfiah adalah di sebelum tempat ibadah. (Jalaluddin Rakhmat : 2013)

Pengertian sakral adalah sesuatu yang dikhususkan bagi Tuhan, entah itu barang, orang, entah apa saja. Manusialah yang membuatnya menjadi sakral. Profan itu bidang manusia, sedang yang sakral adalah bidang Allah. (Dr. Tom Jacobs, SJ. : 2002)

Pengertian Sakral adalah sesuatu yang suci atau berbeda dengan yang Profan. (Dr. Nur Syam : 2005)

Pengertian profan adalah segala urusan atau wilayah setiap hari, hal-hal yang biasa, tak disengaja dan pada umumnya adalah sesuatu yang tidak penting, sementara yang sakral adalah hal yang sebaliknya yang pada umumnya menyangkut wilayah supernatural, mengesankan dan penting serta hal-hal yang luar biasa. (Mircea Eliade)

Pengertian sakralitas adalah suatu bentuk budaya yang menghormati sang pencipta serta pengejawantahannya di dunia ini.

Pengertian sakralisasi ideologi pancasila adalah nilai-nilai pancasila adalah sesuatu yang suci dan penting yang tidak boleh dirusak ataupun diganggu gugat oleh siapapun.

Pengertian seni sakral dan profan : Seni sakral adalah kesenian yang dipentaskan secara keramat dan suci pada saat pelaksanaan suatu upacara keagamaan dan disesuaikan dengan keperluannya. (I Wayan Yudabakti & ‎I Wayan Watra : 2007) Sedangkan pengertian seni profan adalah seni yang untuk hiburan semata.

Pengertian tari sakral dan profan :  Tari sakral adalah bentuk tarian yang pementasannya selalu dihubungkan dengan suatu upacara keagamaan tertentu, di pulau Bali tarian ini dikenal dengan Tari Wali. (Drs. Ida bagus Sudirga dkk : 2007). Sedangkan pengertian tari profan adalah tari yang dipentaskan khusus untuk dinikmati garapan artistiknya. (Sudarsono : 1974)


Sakral bermakna apa sih ?

Sakral adalah istilah yang sering disebutkan dan digunakan dengan hal yang berhubungan dengan keagamaan  ataupun sesuatu yang berhubungan dengan suatu tradisi. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pengertian sakral adalah sesuatu yang suci atau keramat. Sakral merupakan kata Adjectiva atau kata sifat dimana kata ini bertujuan untuk menjelaskan sesuatu.

Sakral jika digunakan dalam kalimat yang berhubungan dengan suatu kepercayaan atau agama memiliki arti sebagai suatu hal yang dianggap suci atau kudus. Sedangkan pengertian sakral dalam tradisi-tradisi memiliki arti lebih condong ke sesuatu yang keramat atau sesuatu yang wajib untuk dilakukan.

Kata sakral menjadi lebih lebar dan memiliki arti yang lebih luas lagi ketika digunakan dan dihubungkan pada sebuah agama. Sakral sering dikaitkan dengan sesuatu yang memiliki kesan yang misterius ataupun sesuatu hal yang bersifat misteri. Sakral juga sering dikaitkan dengan sesuatu yang berhubungan dengan hal yang suci dan yang tidak.

Sakral tidak hanya berhenti pada satu kegiatan saja melainkan sakral juga bisa digunakan untuk menjelaskan tentang satu benda, tokoh, satu aktifitas ataupun yang lainnya. Sakral menjadi satu hal yang sangat penting apalagi yang berhubungan dengan praktis religious. Sakral juga menjadi tanda-tanda tentang sesuatu yang bersifat suci dan istimewa yang membuat satu hal tersebut memiliki posisi yang paling tinggi dan memiliki keistimewaan tersendiri.

Secara lebih mendalam lagi, sakral yang berhubungan dengan agama juga memiliki definisi yang berbeda dan juga memiliki sesuatu hal yang berbeda pula antara agama yang satu dengan yang lain. Sebagai contoh, batu ka’bah menjadi satu hal yang snagat penting bagi umat muslim. Contoh lain adalah ketika pada saat merayakan satu hari besar yang diikuti dengan berbagai ritual yang diikuti oleh para umat Islam juga menjadi hal yang sangat sakral untuk dilakukan. Contoh dari agama lain seperti ritus yang dilakukan oleh masyarakat Tikopia. Hal ini juga menjadi hal yang sangat sakral untuk dilakukan oleh masyraakat setempat bahkan dari pada zaman dahulu.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian sakral dan artinya. Semoga kalian bisa menjelaskan arti kata sakral secara umum ya ! Baca juga pengertian samsara 🙂