1. Pengertian tone dalam fotografi itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud tone dalam fotografi ?
  3. Apa arti tone dalam photography / arti tonal dalam fotografi ?
  4. Apa itu tone dalam photography ?
  5. Apa saja jenis tone photography / macam-macam tone photography?

Pengertian Tone Dalam Fotografi


Apa pengertian tone pada fotografi / arti tone pada photography?

Warna merupakan elemen yang paling penting dalam sebuah foto. Jika kamu mencermati, hasil foto yang dibidik menggunakan kamera yang berbeda tentu hasilnya juga akan berbeda. Misalnya kamu memotret bunga mawar merah yang sedang merekah menggunakan kamera Canon hasilnya akan sedikit lebih soft dibandingkan ketika kamu memotret menggunakan kamera Nikon yang memang terkenal karena ketajaman warnanya.

Kamera-kamera canggih saat ini memang akan otomatis memberikan sentuhan tone yang berbeda pada gambar yang di potret. Pengertian tone dalam photography adalah nilai warna yang menunjukkan tingkat kecerahan yang paling dominan dalam sebuah foto.

Lebih mudahnya untuk memahami pengertian tone dalam sebuah fotografi maka lihatlah foto hitam putih, warna hitam putih merupakan sebuah tone yang menjadi warna dominan dalam foto tersebut. Ada juga sebuah foto yang menggunakan tone kebiruan untuk menunjukkan kesan dingin, tone kemerahan untuk menunjukkan kesan hangat atau tone dengan warna kontras untuk menonjolkan suatu obyek. Karena warna mempengaruhi nilai dari suatu foto maka dari itu tone juga memiliki fungsi untuk membangun karakteristik atau mood yang ingin ditonjolkan dalam sebuah foto, mulai dari mood yang segar, misterius, hangat dan lainnya.

Tonal selain dapat dipengaruhi oleh hasil foto dari masing-masing kamera bawaan juga bisa diatur menggunakan berbagai jenis software editing photo. Ketika foto sudah siap untuk diedit maka seorang fotografer yang ingin memberikan sentuhan tone tertentu pada foto hasil bidikannya dapat mengaturnya dari histogram yang terdapat pada software pengolah foto seperti Adobe Photoshop atau Adobe Lightroom.

Di dalam dunia fotografi, baik itu fotografi komersial, fotografi makro, food fotografi dsb, untuk mengatur warna tone pada sebuah foto tidak ada pakem tertentu sehingga kamu bebas untuk memberikan sentuhan tone apapun dalam sebuah fotomu. Namun karena warna dapat berbicara dan memiliki karakteristik khusus sebaiknya sesuaikan penggunaan tone yang kamu atur lewat software pengolah foto sesuai dengan karakteristik atau pesan yang ingin kamu sampaikan lewat foto tersebut. Sehingga penikmat fotomu juga akan lebih mudah menangkap maksud atau makna dari foto yang kamu jepret dengan pemilihan tone yang sesuai dengan makna yang ingin disampaikan.


Nah itulah penjelasan singkat mengenai pengertian tone dalam fotografi. Semoga bermanfaat !