1. Pengertian siluet dalam fotografi itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan siluet foto ?
  3. Apa arti siluet dalam fotografi ? Apa itu fotografi siluet ?
  4. Bagaimana cara membuat fotografi siluet?
  5. Apa pengertian siluet pada fotografi / pengertian siluet fotografi?

Pengertian Siluet Dalam Fotografi


Apakah pengertian siluet dalam fotografi / fotografi siluet?

Buat kalian yang suka fotografi pastinya sudah tidak asing lagi dengan istilah siluet dalam fotografi. Bagi kebanyakan orang pasti sudah pernah melihat foto dalam bentuk siluet. Pengertian siluet fotografi adalah hasil foto yang objek utama dalam frame terlihat under-exposure (gelap) dengan background yang terang. Karena cahaya background sangat terang dan obyek yang akan dipotret membelakangi sumber cahaya maka mengakibatkan obyek tersebut tidak mendapatkan cahaya yang cukup sehingga nampak gelap.

Bagaimana teknik fotografi siluet / cara fotografi siluet dengan dslr?

Foto siluet biasanya dilakukan ketika seorang fotografer berada disituasi low light sehingga tidak memungkinkan untuk mengambil detail objek karena terbatas sumber pencahayaan. Namun tak jarang juga ketika momen-momen tertentu seperti sunset dan sunrise seorang fotografer memang sengaja mengambil foto siluet untuk memberikan penekanan pada obyek yang sedang difoto. Selain itu lewat foto siluet kamu juga menyampaikan pesan bahwa  obyek kamu abadikan itu mengandung misteri, emosi dan menonjol karena terbentuk dari kondisi kontras dengan background.

Meskipun foto dengan teknik siluet itu mudah dilakukan bahkan dengan menggunakan kamera apapun, namun sebagai fotografer tentu saja kamu harus memperhatikan strategi memotret siluet agar hasil foto yang kamu bidik pun akan terlihat lebih menarik.

Hal paling dasar ketika ingin membuat foto siluet tentu saja dengan menempatkan obyek yang ingin di siluetkan berhadapan dengan sumber cahaya, baik dari sumber cahaya alami atau bantuan lighting. Setelah itu jika kamu menggunakan kamera digital maka aturlah eksposure dengan mengacu pada bagian background yang terang sehingga ketika kamu melepaskan tombol rana maka obyek yang berhadapat dengan sumber cahaya akan nampak gelap.

Jika kamu sudah bisa teknik memotret siluet namun masih belum puas dengan hasil foto yang telah kamu jepret maka kamu perlu mengevaluasi lagi bagian mana yang membuat foto siluetmu menjadi kurang menarik. Bisa jadi obyek yang kamu pilih tidak berkarakter kuat atau posisi objek yang salah saat berhadapan dengan kamera.

Objek yang berkarakter kuat bisa kamu temukan disekitarmu, seperti seorang nelayan yang sedang melaut di sore. Siluet aktivitas nelayan yang berwarna hitam akan kontras dengan langit senja sehingga membuat foto semakin mempunyai tone yang menarik. Dengan begitu suatu obyek yang menarik akan mempengaruhi karakter foto siluet yang kamu jepret. Ingat ketika mencoba menerapkan foto siluet jangan sampai menyalakan flash karena pastinya obyek akan diterangi oleh lampu flash dan foto siluetnya malah gagal.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian siluet dalam fotografi. Apakah kamu tertarik untuk menjadi fotografer siluet?