1. Pengertian rule of third dalam fotografi itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan rule of third ?
  3. Apa arti rule of third photography ? Apa itu rule of third ?
  4. Apa pengertian komposisi rule of third?
  5. Apa pengertian rule of third pada fotografi ?

Pengertian Rule of Third Dalam Fotografi


pengertian rule of third photography – Bagian paling penting ketika mempelajari fotografi adalah belajar rule of third. Pemahaman penggunaan rule of third adalah penting dikarenakan ini adalah teknik fotografi dasar (selain tone dan saturasi) yang harus dikuasai oleh fotografer pemula yang ingin mempelajari teknik foto yang baik dan benar. Seorang fotografer profesional pun pastinya mempelajari dan menerapkan rule of third ketika memotret sehingga foto yang dihasilkan memiliki komposisi yang seimbang. Lalu apakah rule of third itu?

Rule of third photography adalah aturan memposisikan objek di sepertiga bagian dalam foto agar lebih menarik sehingga enak untuk dilihat. Ketika kamu sedang memotret maka bayangkanlah di jendela bidikmu terdapat dua buah garis vertikal dan horizontal yang sejajar sehingga membagi frame menjadi Sembilan bagian sama besar. Jika kamu tidak bisa membayangkannya maka aktifkanlah fitur grid line pada kameramu untuk menampilkan garis imaginer rule of third pada layar kameramu. Kamera sekarang biasanya sudah memiliki fitur tersebut sehingga memudahkan para fotografer pemula dalam menentukan rule of third suatu objek.

Bagaimana teknik dasar fotografi rule of thirds & cara menggunakan rule of third?

Mempelajari rule of third sangat penting untuk kamu yang sedang belajar fotografi. Meskipun begitu rule of third bukanlah suatu aturan baku yang tidak boleh dilanggar. Para fotografer profesional biasanya mengabaikan aturan rule of third pada foto yang mereka hasilkan, namun mereka tetap bisa menempatkan objek dalam komposisi yang menarik. Walaupun boleh dilanggar, bagi kalian yang sedang belajar maka alangkah baiknya untuk menerapkan rule of third objek yang akan dibidik sehingga foto yang dihasilkan akan memiliki komposisi yang menarik serta profesional.

Cara sederhana menerapkan rule of third untuk foto yang akan kamu bidik adalah dengan menempatkan objek yang kamu anggap memiliki point of interest pada salah satu bagian rule of third (bisa di kiri atas, kiri bawah, kanan atas, atau kanan bawah, atau diantara dua titik pertemuan garis horizontal dan vertikal). Obyek yang ditempatkan dalam ruang rule of third maka akan lebih menarik daripada obyek yang ditempatkan di tengah-tengah frame. Dengan mengikuti aturan rule of third juga memudahkan kamu untuk menemparkan point of interest dalam frame sehingga foto yang kamu hasilkan lebih memiliki cerita yang mendalam.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian rule of third dalam fotografi. Semoga kalian semakin mudah memahami komposisi rule of third ya !