1. Pengertian luka menurut para ahli itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan luka ?
  3. Apa arti kata luka ? Apa itu luka ?

Pengertian Luka Menurut Para Ahli


Arti luka adalah :

Pengertian luka adalah rusak atau hilangnya sebagian jaringan tubuh. Keaadan ini bisa disebabkan oleh trauma benda tumpul ataupun tajam, perubahan suhu, zat kimia, sengatan listrik, ledakan,atau gigitan hewan. (De Jong : 2004)

Definisi luka adalah suatu keadaan terputusnya kontinuitas jaringan yang disebabkan oleh trauma, ischemia / vaskuler, intentional / operasi, tekanan dan keganasan. (Ekaputra : 2013)

Pengertian luka adalah suatu kondisi kerusakan kontinuitas kulit, mukosa membran & tulang atau organ tubuh lainnya (Kozier et all : 2004).

Arti luka adalah rusaknya fungsi dan struktur anatomis normal akibat suatu proses patologis yang berasal dari eksternal maupun internal serta mengenai organ tertentu. (Perry : 2005) 


Kita tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya luka. Berbagai kegiatan kita sehari-hari berpotensi menimbulkan luka. Terpeleset ketika berjalan, tersayat pisau ketika memasak, jatuh dari sepeda, terkena setrika, dan lain sebagainya dapat menyebabkan tubuh kita terluka.

Secara medis luka pada tubuh merupakan peristiwa hilang atau rusaknya sebagian jaringan tubuh karena sebab-sebab tertentu. Ada luka yang sifatnya ringan sehingga lebih mudah sembuh, ada pula yang sifatnya berat sehingga memerlukan penanganan khusus dan waktu yang lama agar dapat pulih.

Jika kita kelompokkan luka dapat disebabkan oleh tiga faktor yaitu fisik, mekanik, dan kimia. Secara fisik luka dapat disebabkan oleh paparan suhu yang terlalu ekstrem baik terlalu panas atau terlalu dingin, terkena aliran listrik (tersetrum), dan lain-lain.

Secara mekanik luka dapat disebabkan oleh trauma benda tajam seperti tusukan pisau, trauma benda tumpul seperti pukulan balok, terkena senjata api, terkena ledakan, dan lain sebagainya. Secara kimia luka dapat terjadi karena paparan zat-zat kimia baik yang bersifat asam maupun basa, seperti terkena air keras, sianida, sarin, dan lain sebagainya.

Luka yang terjadi pada tubuh dapat kita kelompokkan ke dalam beberapa jenis yaitu :

  • Luka memar

Pengertian luka memar adalah luka yang terjadi karena pecah atau rusaknya pembuluh darah sehingga darah meresap ke jaringan lain di sekitarnya. Luka ini biasanya berbentuk lebam kemerahan dan terjadi akibat pukulan benda tumpul.

  • Luka lecet

Pengertian luka lecet adalah jenis luka luar di atas permukaan kulit seperti kulit berdarah, memerah, serta kasar yang disertai dengan keluarnya cairan bening dari kulit. Biasanya terjadi karena kulit mengalami gesekan dengan benda kasar atau tajam.

  • Luka robek

Pengertian luka robek adalah luka yang ditandai dengan robeknya permukaan atas kulit dan bisa juga disertai dengan robekan pada jaringan di bawahnya. Hal ini terjadi ketika kulit menerima hantaman yang sedemikian kuat sehingga melampaui tingkat elastisitasnya dan akhirnya robek. Contohnya bibir yang robek karena terkena pukulan yang sangat kuat.

  • Luka sengatan listrik

Luka ini terjadi karena adanya aliran listrik yang besar dan lonjakan arus listrik ke dalam tubuh. Contohnya terkena petir atau tersetrum listrik ketika memegang kabel yang agak terbuka dengan tangan yang basah.

  • Luka tusuk

Pengertian luka tusuk adalah luka yang terjadi akibat trauma benda tajam seperti tusukan pisau atau golok.

  • Luka bakar

Pengertian luka bakar adalah luka yang terjadi karena tubuh terkena api atau panas baik secara langsung maupun tidak langsung. Contohnya terbakar, terpapar suhu sangat tinggi, terkena bahan kimia tertentu, dan lain sebagainya.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian luka menurut para ahli. Semoga kalian bisa menjelaskan pengertian luka secara umum ya ! Baca juga pengertian luka bakar 🙂