1. Pengertian radioaktif dan contohnya itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan radioaktif dalam fisika dan kimia?
  3. Apa arti kata radioaktif ? Apa itu radioaktif ?
  4. Apa dampak radioaktif / bahaya radioaktif ?
  5. Apa manfaat radioaktif ?

Pengertian Radioaktif Menurut Para Ahli


Arti radioaktif adalah :

Pengertian radioaktif adalah setiap zat yang memancarkan radiasi pengion dengan aktivitas jenis yang lebih besar dari pada 70 kBq/kg (2 nCi/g). Sedangkan pengertian limbah radioaktif adalah zat radioaktif dan bahan serta peralatan yang sudah terkena zat radioaktif atau menjadi radioaktif karena pengoperasian instalasi nuklir yang sudah tidak dapat dipergunakan lagi. (tertuang dalam UU Ketenaganukliran) 

Pengertian radioaktif adalah suatu unsur yang tidak stabil. Untuk menuju kestabilan, unsur ini akan memancarkan partikel-partikel atau sinar-sinar radioaktif. Gejala radioaktifitas pertama kali diamati oleh Henry Becquerel saat mempelajari garam uranium. (Nana Sutresna dkk : 2008)

Definisi radioaktif adalah unsur yang dapat memancarkan sinar radioaktif. Contoh radioaktif adalah uranium, polonium. Sinar-sinar radioaktif yang dipancarkan adalah sinar alfa, sinar beta, dan sinar gamma. (Drs. Anwar Santoso : 2008)


Apa pengertian radioaktif dan kegunaannya ? Pernah mendengar istilah radioaktif? Jika mendengar istilah ini mungkin teman-teman akan teringat dengan radiasi, bom atom, perang nuklir, kanker, kerusakan atau perubahan DNA, dan lain sebagainya.

Ya, radioaktif memang berkaitan dengan itu semua namun tidak hanya yang seram-seram saja, pemanfaatan radioaktif secara tepat memberi banyak keuntungan bagi manusia seperti dalam bidang kedokteran, pertanian, pertambangan, dan lain sebagainya. Ada begitu banyak manfaat dan kemudahan yang didapatkan dengan memanfaatkan sifat radioaktif yang dimiliki oleh unsur-unsur tertentu.

Adapun manfaat radioaktif dalam bidang radioterapi yaitu dapat menghancurkan kanker, radioaktif juga dapat berguna untuk mengukur ketebalan logam, dapat mendeksi kebocoran, serta jugadapat dimanfaatkan sebagai PLTN. Sedangkan dampak bahaya radioaktif antara lain dapat menyebabkan mutasi gen yang buruk.

Istilah radioaktif merupakan kata sifat yang menunjukkan gejala atau kemampuan untuk memancarkan partikel atom dan radiasi. Seperti istilah unsur radioaktif yang mengacu pada unsur-unsur yang mampu memancarkan partikel atom dan radiasi berupa sinar radioaktif secara alami atau spontan.

Hal ini disebabkan karena unsur-unsur radioaktif memiliki inti atom yang tidak stabil. Ketidakstabilan ini disebabkan oleh tidak seimbangnya perbandingan jumlah proton dan neutron yang ada pada inti atom tersebut. Untuk itu inti atom ini berupaya mencapai kestabilannya dengan cara melepaskan sebagian kelebihan partikel atomnya yang tentu saja dibarengi dengan peluruhan sebagian energi yang dimilikinya. Pelepasan energi inilah yang disebut dengan radiasi.

Unsur-unsur radioaktif dapat diketahui dengan melihat tabel periodik unsur kimia dimana unsur-unsur radioaktif bernomor atom di atas 83. Contohnya seperti uranium yang bernomor atom 92 dan polonium dengan nomor atom 84.

Ada tiga jenis sinar radioaktif yang dipancarkan oleh unsur radioaktif ketika berupaya mencapai kestabilannya yaitu sinar alpha, beta, dan gamma. Ketiga sinar radioaktif ini memiliki perbedaan daya tembus dan kemampuan mengionkan benda atau materi yang dilaluinya.

Daya tembus paling besar dimiliki oleh sinar gamma, diikuti oleh sinar beta dan alpha. Sinar alpha hanya memiliki daya tembus sekitar 2,8–8,5 centimeter pada udara dan dapat dihentikan oleh selembar kertas. Sinar beta memiliki daya tembus yang lebih besar, ia mampu menembus logam seperti alumunium yang cukup tebal. Sementara sinar gamma memiliki daya tembus yang sangat besar, sinar ini hanya mampu ditahan oleh beton atau baja sehingga sangat berbahaya jika terkena kulit karena dapat ditembus oleh sinar ini. Kebalikannya daya pengion yang paling besar justru dimiliki oleh sinar alpha, diikuti oleh sinar beta dan gamma.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian radioaktif dan contohnya. Semoga kalian bisa menjelaskan pengertian radioaktif secara umum ya ! Baca juga pengertian dusta 🙂