1. Pengertian garis astronomis pada peta itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan garis astronomis ?
  3. Apa arti kata garis astronomis ? Apa itu garis astronomis ?
  4. Apa fungsi dari garis astronomis pada peta ?
  5. Apa manfaat garis astronomis / apa kegunaan dari garis astronomis ?

Pengertian Garis Astronomis Menurut Para Ahli


Arti garis astronomis adalah :

Pengertian garis astronomis adalah garis yang menunjukkan di mana daerah lokasiyang digambar berdasarkan garis garis tegak (bujur) dan garis mendatar (garis lintang). (Drs. Joko Untoro : 2010)

Definisi garis astronomis adalah garis khayal yang mengelilingi bumi yang terdiri atas garis bujur (meridian) dan garis lintang (paralel). Kegunaan dari garis astronomis adalah untuk menentukan letak astronomis suatu tempat yang dipetakan. (Y. Sri Pujiastuti dkk : 2007) 


Pengertian garis astronomis adalah garis khayal yang terdapat pada sebuah peta yang berfungsi untuk menentukan letak astronomis suatu daerah tertentu. letak astronomis Indonesia adalah 60 Lintang Utara (LU) – 110 Lintang Selatan (LS) dan 95Bujur Timur (BT) – 141Bujur Timur (BT).

Garis astronomis terdiri dari dua jenis yaitu garis lintang dan garis bujur. Apa pengertian dari kedua garis ini? Simak ulasannya di bawah ini.

Garis Lintang

Adalah garis khayal yang melintang secara horizontal pada sebuah peta yang digunakan untuk menentukan lokasi suatu wilayah terhadap garis khatulistiwa. Garis lintang berada pada posisi  00 hingga 900. Posisi 00 ini berada di kota Pontianak, Indonesia. Keberadaan garis lintang membagi bumi menjadi dua bagian yaitu bumi bagian utara (kutub utara) dan bumi bagian selatan (kutub selatan). Semakin ke utara atau semakin ke selatan, maka letak garis lintangnya akan semakin besar.

Garis lintang dibagi atas dua, yaitu garis lintang utara yang berada di sebelah utara garis khatulistiwa, dan garis lintang selatan yang letaknya di sebelah selatan garis khatulistiwa. Setiap derajat pada garis lintang dibagi dalam waktu 60 menit (simbolnya ‘) dan 60 detik (simbol “). Fungsi dari garis lintang yaitu membagi wilayah Indonesia ke dalam dua iklim yaitu iklim tropis dan iklim subtropis.

Garis lintang yang tergolog “istimewa dan “cukup terkenal”, diantaranya:

  • Garis lintang pada posisi 00 disebut sebagai garis equator
  • Garis lintang pada posisi 231/20 pada lintang utara disebut sebagai garis balik utara atau tropic of cancer
  • Garis lintang pada posisi 231/20 pada lintang selatan disebut sebagai garis balik selatan atau tropic of capricorn
  • Garis lintang pada posisi 661/2 pada lintang utara disebut sebagai garis lingkar kutub utara
  • Garis lintang pada posisi 661/2 pada lintang selatan disebut sebagai garis lingkar kutub selatan.
  • Garis lintang pada posisi 900 disebut sebagai garis kutub

Garis Bujur

Pengertian garis bujur adalah garis khayal yang melintang secara vertikal pada sebuah peta yang membagi Indonesi menjadi dua bagian yaitu bagian Barat dan Timur. Garis bujur berada pada posisi  00 disebut sebagai garis meridian yang berada pada kota Greenwich, Inggris. Dalam garis bujur, tidak ada ukuran yang dijadikan sebagai patokan untuk menetapkan garis bujur barat maupun timur.

Jenis garis bujur dibagi atas dua, yaitu garis bujur barat yang letaknya berada di sebelah barat garis meridian, dan garis bujur timur yang letaknya berada di sebelah timur garis meridian. Fungsi dari garis bujur adalah membagi wilayah waktu di Indonesia menjadi tiga bagian yaitu WIB (Waktu Indonesia bagian Barat), WIT (Waktu Indonesia  bagian Timur), dan WITA (Waktu Indonesia bagian Tengah).


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian garis astronomis pada peta. Semoga kalian bisa menjelaskan pengertian garis astronomis dan geografis secara umum ya ! Baca juga pengertian hutan hujan tropispengertian hewan ternak dan contohnya 🙂