1. Pengertian gelombang stasioner itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan gelombang stasioner ?
  3. Apa arti gelombang stasioner ? Apa itu gelombang stasioner ?
  4. Apa pengertian gelombang stasioner ujung terikat ?
  5. Apa pengertian gelombang stasioner pada ujung bebas ?

Pengertian Gelombang Stasioner Menurut Para Ahli


Arti gelombang stasioner adalah :

Pengertian gelombang stasioner adalah gelombang yang terjadi akibat interferensi dari dua gelombang yang mempunyai amplitudo dan frekuensinya sama serta beda fasenya tetap, namun arah rambatnya berlawanan. (Osa Puliza : 2008) 

Definisi gelombang stasioner adalah superposisi dua gelombang dengan amplitudo dan frekuensi yang sama, namun arah rambatnya berbeda. (M.Achya Arifudin : 2007) 


Apa Itu Gelombang Stasioner?

Dalam arti luas, gelombang stasioner adalah perpaduan antara dua buah gelombang yang memiliki cepat rambat gelombang, frekuensi, dan amplitudo yang besarnya sama namun arah gelombang yang merambat berbeda. Dalam arti sempit, gelombang stasioner adalah perpaduan dua buah gelombang yang identik atau sama namun arahnya berlawanan. Gelombang stasioner juga disebut sebagai gelombang berdiri atau gelombang tegak.

Gelombang stasioner dikelompokkan menjadi dua, yaitu gelombang stasioner pada ujung bebas dan terikat. Apa perbedaan gelombang stasioner ujung bebas dan terikat ?

  1. Pengertian gelombang stasioner pada ujung bebas tali

Sebuah percepatan yang digunakan pada tali akan memberikan reaksi pada tali itu sendiri. Reaksi ini akan menyebabkan tali bergerak kembali dengan arah yang berlawanan pada sisi masuknya. Pergeseran atau reaksi ini akan terjaid pada ujung bebas tali, dimana gelombang yang masuk haruslah berinteferensi secara konstruktif dengan gelombang tali yang direfleksikan. Dengan demikian, pada ujung bebas tali, tidak terdapat perubahan fase.

Rumus yang digunakan adalah:

Y = 2A cos kx sin ωt

Keterangan:

Y = simpangan gelombang stasioner dalam meter

A = besarnya amplitudo pada masing-masing gelombang berjalan

x = jarak titik dari ujung bebas

ω = frekuensi sudut yang dinyatakan dalam rad/s, dimana ω= 2π f

k = bilangan gelombang , dimana k = /λ

x = panjang gelombang dalam satuan meter

  1. Pengertian gelombang stasioner pada ujung terikat

Ketika sebuah simpul tali sampai di ujung, maka semua gaya akan mengarah ke seluruh penopang atas. Maka penopang tersebut memberikan gaya yang sama pada tali namun arahnya berlawanan dengan arah tali. Dengan demikian arah yang masuk berada di ujung tetap tali yang akan direfleksikan kembali ke arah pergeseran transversal yang dibalik. Pergeseran yang terjadi ini disebabkan oleh adanya pergeseran pada titik gelombang yang masuk dan gelombang yang direfleksikan.

Rumus yang digunakan adalah:

Y = 2A sin kx cos ωt

Keterangan:

Y = simpangan gelombang stasioner dalam meter

A = besarnya amplitudo pada masing-masing gelombang berjalan

x = jarak titik dari ujung bebas

ω = frekuensi sudut yang dinyatakan dalam rad/s, dimana ω= 2π f

k = bilangan gelombang , dimana k = /λ

x = panjang gelombang dalam satuan meter


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian gelombang stasioner beserta contohnya. Semoga kalian bisa menjelaskan pengertian gelombang stasioner dan contohnya secara umum ya ! Baca juga pengertian garis paranada dan garis birama 🙂