1. Pengertian hewan berdarah dingin dan contohnya itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan hewan berdarah dingin ?
  3. Apa arti hewan berdarah dingin dan contohnya ?
  4. Apa itu hewan berdarah dingin ?
  5. Sebutkan contoh hewan berdarah dingin!

Pengertian Hewan Berdarah Dingin Menurut Para Ahli


Arti hewan berdarah dingin adalah :

Pengertian hewan berdarah dingin adalah hewan yang tidak bisa menghasilkan panas untuk menghangatkan tubuhnya. Contoh hewan berdarah dingin adalah kadal. (Paul Bennet & Barbara Taylor : 2006)

Pengertian hewan berdarah dingin adalah hewan yang suhu tubuhnya bisa dapat berubah-ubah karena terpengaruh suhu lingkungan di sekitarnya. Contoh hewan berdarah dingin adalah reptilia (kura-kura dan ular sanca), pisces (ikan mas) dan amphibian (katak). (Puspa Swara dkk : 2008) 


Hewan berdarah dingin disebut juga sebagai poikiloterm. Secara umum, pengertian binatang berdarah dingin adalah hewan yang mengatur suhu di dalam tubuhnya sesuai dengan suhu yang ada di sekitar lingkungannya.  Jadi hewan jenis ini memiliki suhu tubuh yang hampir sama dengan lingkunganya. Suhu tubuh dalam hewan ini lebih tinggi daripada suhu luarnya. Jenis hewan yang termasuk dalam kategori poikiloterm ini adalah invertebrata, amfibi, dan hewan reptil.

Saat matahari memancarkan sinarnya, maka hewan-hewan ini akan keluar dari sarangnya dan menjemur tubuhnya di bawah sinar matahari untuk meningkatkan suhu tubuhnya dan untuk meningkatkan sistem metabolisme pada tubuh.

Suhu yang tinggi mengakibatkan mengapa hewan berdarah dingin ini lebih banyak hidup di daerah dengan lintang yang besar daripada kecil. Menurut penelitian yang dilakukan bahwa bermacam-macam jarak suhu dari spesies tersebut mengubah temperatur tubuhnya dengan temperatur lingkungannya. Temperatur lingkungan ini memiliki pengaruh terhadap jangka hidup dari spesies yang bersangkutan karena pola geografis populasi, dan proses ekologi memiliki hubungan dengan suhu dan ukuran tubuh dari hewan tersebut.

Untuk dapat bertahan hidup, hewan berdarah dingin tidak memerlukan banyak makanan, berbeda dengan hewan berdarah panas yang harus mengonsumsi 3 hingga 10 kali lebih banyak. Hewan berdarah dingin juga perlu untuk menjaga beberapa set enzim dalam tubuhnya untuk proses biologis karena akan memberikan pengaruh terhadap suhu.

Ciri hewan berdarah dingin adalah sebagai berikut:

  • Memiliki gerakan tubuh yang cepat, misalnya saja belalang. Ia dapat terbang kesana kemari bila mengetahui dirinya sedang dalam keadaan terancam
  • Sistem durabilitasnya lemah yang akan membuat hewan berdarah dingin gampang diburu oleh predator yang lebih kuat
  • Dapat bertahan hidup walaupun tidak makan selama beberapa hari karena hewan berdarah dingin termasuk hewan yang kuat, yang bisa menerima kenyataan bila lingkungannya sudah tidak menyediakan makanan lagi
  • Kemampuan untuk mengganti kulit, contohnya adalah ular. Ular akan senantiasa mengganti kulitnya jika menganggap kulitnya sudah tua. Fungsi pergantian kulit yang dilakukan oleh ular tak lain adalah untuk meremajakan dan mengganti jaringan kulitnya.

Itulah penjelasan singkat tentang pengertian hewan berdarah dingin beserta contohnya. Semoga kalian bisa menjelaskan pengertian hewan berdarah dingin dan contohnya secara umum ya ! Baca juga pengertian hukuman mati 🙂