1. Pengertian hewan melata dan contohnya itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan hewan melata ?
  3. Apa arti kata hewan melata ? Apa itu hewan melata ?
  4. Apa definisi hewan melata?
  5. Sebutkan ciri-ciri hewan melata (reptilia)!

Pengertian Hewan Melata Menurut Para Ahli


Arti hewan melata adalah :

Pengertian hewan melata adalah jenis hewan vertebrata yang berjalan dengan cara melata atau merayap, tubuhnya dilindungi oleh sisik, merupakan hewan berdarah dingin (poikiloterm), peredaran darahnya ganda, dan jantungnya memiliki 4 ruang yang mana sekat bilik kiri dan sekat bilik kanan masih belum sempurna. Contoh hewan melata adalah kadal, buaya, kura-kura dan komodo. (Drs. Agus Sartono : 2015) 


Hewan melata disebut juga sebagai reptil, yaitu sekumpulan hewan vertebrata yang memiliki suhu tubuh dingin atau berdarah dingin dan memiliki sisik untuk menutupi kulitnya. Reptil adalah kelompok hewan yang hidupnya di darat dan menggunakan paru-paru untuk bernapas. Jantung pada hewan reptil terdiri dari 4 lobi yaitu 2 atrium dan 2 ventrikel. Pada beberapa hewan reptil, sekat antara ventrikel kanan dan kiri tidaklah sama yang dapat menyebabkan darah kotor dan darah bersih bisa bercampur.

Hewan reptil umumnya akan mengalami pergantian kulit pada waktu tertentu. pembagian jenis hewan reptil ini sendiri bergantung pada ordo atau sub ordonya. Pada sub ordo Ophidia, pergantian kulit akan dilakukan secara total. Pada sub ordo Lacertilia, pergantian kulit hanya dilakukan sebagian saja. berbeda dengan ordo chelonia dan crocodilia yang hampir atau tidak pernah sama sekali mengalami pergantian atau pengelupasan kulit.

Mayoritas hewan reptil berkembang biak dengan cara bertelur, namun ada juga sebagian dari kelompok reptil yang berkembang biak dengan cara melahirkan (vivipar). Reptil vivipar akan memberi janin mereka makan sama halnya dengan hewan mamalia yaitu dengan menggunakan plasenta.

Hewan reptil termasuk ke dalam hewan yang berdarah dingin sehingga untuk menjaga metabolisme tubuh dan untuk menghangatkan tubuhnya, hewan reptil akan senantiasa berjemur di bawah sinar matahari. Hewan reptil memiliki gigi yang tajam untuk bisa merobek makanannya. Beberapa dari hewan reptil juga memiliki lapisan pendengaran yang dilengkapi telinga luar maupun tidak.

Kelas pada hewan reptil, dibagi menjadi empat kelas diantaranya:

  • Rhyncocephalia, contohnya tuatara
  • Testudinata atau chelonia, contohnya kura-kura, bulus, dan penyu
  • Squamata, contohnya serpentes, lacertilia, dan amphisbaena
  • Crocodilia, contohnya caiman, buaya, dan aligator

Apa ciri ciri hewan melata? Adapun ciri-ciri hewan melata adalah sebagai berikut:

  • Zat tanduk yang ada dalam tubuh berasal dari zat kertin yang membuat tubuh hewan melata menjadi kering dan bersisik
  • Bernapas dengan paru-paru
  • Secara umum berkembang biak dengan cara bertelur contohnya kadal, dan dengan cara melahirkan (beranak)
  • Berdarah dingin, dimana suhu tubunya bergantung pada lingkungan tempat tinggalnya
  • Jantungnya terbagi atas empat ruang, yaitu dua serambi dan dua bilik yang pertumbuhannya belum sempurna

Itulah penjelasan singkat tentang pengertian hewan melata dan contohnya. Semoga kalian bisa  menjelaskan pengertian dan contoh hewan melata secara umum ya ! Baca juga pengertian hewan berdarah dingin dan contohnya 🙂