1. Pengertian hewan ternak itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan hewan ternak ?
  3. Apa arti kata hewan ternak ?
  4. Apa itu hewan ternak ?
  5. Apa pengertian hewan ternak ayam sapi dsb?

Pengertian Hewan Ternak Menurut Para Ahli


Arti hewan ternak adalah :

Definisi hewan ternak adalah hewan yang dipelihara karena memberikan banyak manfaat seperti daging, telur, bulu, dan susu. (Risti Praswiti, S.Pd dkk : 2007)

Pengertian hewan ternak adalah jenis hewan yang sengaja dipelihara untuk diambil hasilnya. (Ajen Dianawati : 2006)

Pengertian hewan ternak konsumsi adalah hewan ternak yang dipelihara atau diternakkan karena kebutuhan manusia akan konsumsi hewan ini sangat tinggi.

Pengertian hewan ternak hias adalah hewan yang diternakkan karena mempunyai suatu nilai keindahan, kekhasan serta keunikan. Contoh hewan ternak hias adalah kucing persia, ikan arwana, ayam kate, lovebird, ayam berkisar, burung kacer, burung gelatik dsb. 


Hewan ternak adalah segala jenis hewan baik serangga, vertebrata dan apapun jenisnya yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber kebutuhan pangan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, sumber bahan baku industri, atau dapat digunakan untuk membantu manusia dalam melakukan pekerjaannya, contohnya kerbau untuk membantu petani membajak sawah. Usaha pemeliharaan hewan ternak biasanya dinamakan peternakan, dan untuk pemeliharaan hewan jenis ikan dinamakan perikanan.

Jenis-jenis peternakan dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu:

  • Ternak besar, meliputi hewan yang berbadan besar seperti sapi, kerbau, kuda. Hewan ini nantinya tidak hanya bisa dimanfaatkan dagingnya namun juga bisa dimanfaatkan tenaganya
  • Ternak sedang, meliputi hewan dengan ukuran tubuh yang sedang seperti kambing, domba, babi, dan sebagainya.
  • Ternak kecil, meliputi hewan dengan ukuran tubuh kecil seperti ayam, burung, bebek, dan lain sebagainya

Hewan ternak cocok digunakan pada hewan yang tidak sekedar ditangkap manusia dari alam liar kemudian dipelihara, namun juga pada hewan yang dipelihara secara khusus dengan perawatan sedemikian rupa dan tidak dibiarkan berkelana kesana kemari melainkan akan dibuatkan tempat khusus sebagai tempat tinggalnya.

Hewan yang dipelihara dalam kandang secara khusus memang kadang menimbulkan kontroversi diantaranya adanya bau kotoran dari hewan tersebut, persebaran penyakit, limbah, dan kesejahteraan dari hewan itu sendiri. Hewan ternak untuk kebutuhan bisnis biasanya akan dipantau perkembangannya lewat penggunaan label, penggunaan RFID, dan pemasangan implan microchip di dalam tubuh hewan tersebut untuk memantau detak jantung, komposisi darah, temperatur tubuhnya dan masih banyak lagi.

Untuk dapat meningkatkan pertumbuhan pada hewan ternak, biasana hewan tersebut akan diberikan semacam multivitamin untuk menjaga kesehatannya, penyuntikan vaksin, dan penyemprotan pestisida untuk menjaga agar serangga tidak masuk ke dalam kandanh hewan ternak. Namun pemberian ketiga unsur tersebut haruslah dibatasi agar tidak mengganggu kesehatan, dan kualitas prosuk yang nantinya akan dihasilkan.

Jenis-jenis ternak ada beragam di dunia, tergantung pada sejumlah faktor yang mempengaruhinya seperti iklim, daerah asal, permintaan konsumen, budaya lokalnya seperti apa, dan daerah topografinya. Tikus belanda, unta, bison, dan burung unta juga termasuk salah satu hewan ternak khas yang ada di dunia.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian hewan ternak dan contohnya. Semoga kalian bisa menjelaskan contoh hewan ternak dan manfaatnya secara umum ya ! Baca juga pengertian hewan melata dan contohnya 🙂