1. Pengertian junk food dan fast food itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan junk food dan fast food ?
  3. Apa contoh junk food dan fast food / jenis junk food dan fast food ?
  4. Apa arti kata junk food dan fast food ?
  5. Apa itu junk food dan fast food ?

Pengertian Junk Food dan Fast Food Menurut Para Ahli


Definisi junk food dan fast food adalah :

Pengertian junk food adalah makanan-makanan yang mempunyai rasa enak dan gurih, berkalori tinggi tetapi rendah nilai nutrisinya, banyak mengandung saturated fat, sodium, dan kolesterol. Pada umumnya kandungan garam, lemak, gula dan kalori dari junk food sangat tinggi, namun kandungan mineral, vitamin, dan proteinnya sedikit. Contoh junk adalah keripik kentang yang mengandung garam, makanan pencuci mulut yang manis, permen, dan minuman soda berkarbonasi yang memiliki kandungan gula yang tinggi. (Sallika NS : 2010)

Definisi junk food adalah berbagai makanan yang lebih mengutamakan cita rasa dan penampilan luar yang lebih menarik, namun nilai gizinya terabaikan. (Muchtar AF : 2013)

Pengertian fast food adalah makanan yang dijual di restoran atau toko yang memerlukan sedikit persiapan dan penyajian untuk dibawa pulang dalam bentuk kemasan. (Merriam-Webster : 1951)


Pengertian Junk Food dan Contohnya

Apa saja makanan junk food dan fast food ? Apa perbedaan junk food dan fast food?

Penggunaan kata junk food dan fast food sering diartikan sama oleh sebagian orang. Padahal sudah jelas kedua kata ini memiliki arti yang berbeda. Pengertian junk food adalah makanan rendah gizi, rendah serat, rendah vitamin, karena memang pada dasarnya makanan ini tidaklah sehat dan hanya mengandung sedikit nutrisi namun kandungan lemak, kalori yang ada di dalamnya sangatlah besar. Contoh makanan junk food antara lain adalah hamburger, pizza, kentang goreng, KFC, dan masih banyak lagi.

Pengertian Fast Food dan Contohnya

Sedangkan pengertian fast food adalah makanan cepat saji. Dikatakan makanan cepat saji karena memang dapat disiapkan atau disajikan dengan cepat alias dengan waktu yang singkat. Jadi fast food itu bukanlah makanannya akan tetapi teknik penyajiannya.

Fast food itu sendiri memang identik dengan junk food. Akan tetapi tidak semua makanan fast food itu tidak sehat lho! Ada juga makanan tradisional yang tergolong fast food memiliki kandungan gizi yang baik untuk kesehatan, diantaranya pecel, gado-gado, dan lotek. Namun memang kebanyakan jenis fast food ini disajikan pada menu makanan restoran seperti hot dog, dan lain sebagainya.

Mengapa orang doyan mengkonsumsi fast food? Padahal kan sudah jelas bahwa makanan fast food tidak baik untuk kesehatan. Apa kelebihan dan kekurangan fast food? Ini dia kelebihan dan kekurangan makanan fast food :

Kelebihan

  • Teknik penyajiannya cepat, praktis, dan sangatlah mudah
  • Makan makanan yang tergolong fast food dapat meningkatkan status sosial di masyarakat, karena makanan jenis ini banyak disajikan di restoran jadi ya agak sedikit berbangga karena makan di restoran apalagi kalau sering-sering

Kelemahan

  • Sering-sering mengkonsumsi akan menimbulkan berbagai macam penyakit seperti diabetes, serangan jantung, kanker, dan kegemukan atau obesitas

Pada umumnya rasa dari junk food itu sendiri sangatlah lezat dan membuat kita ingin lagi dan lagi. Tidak salah jika kita mengkonsumsi junk food, asalkan jangan terlalu sering karena banyak resiko yang akan dihadapi nantinya. Sekali-sekali tidak apa-apa kok. Namun kalau Anda memakan junk food ada baiknya jika diimbangi dengan berolahraga untuk membakar kandungan lemak yang ada pada junk food tadi. Bagi orang-orang yang memiliki kadar asam urat yang tinggi, mengkonsumsi jenis junk food tidaklah disarankan karena akan menyebabkan asam urat dalam tubuh akan semakin tinggi.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian junk food dan fast food & contoh makanan junk food dan fast food. Semoga kalian bisa menjelaskan contoh perbedaan junk food dan fast food secara umum ya ! Baca juga pengertian jari jari atom dan energi ionisasi 🙂