1. Pengertian pose dalam fotografi itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan pose ?
  3. Apa arti pose dalam bahasa indonesia ?
  4. Apa itu pose foto / arti pose foto ?

Pengertian Pose Dalam Fotografi


pengertian kata pose – Dalam dunia fotografi pastinya kamu seringkali mendengar istilah pose. Penyebutan pose ini seringkali digunakan ketika biasanya melakukan pemotretan dengan objek orang atau model. Dalam Bahasa Indonesia pose memiliki arti sikap atau gaya. Dalam dunia fotografi pose adalah sebagai sikap atau gaya yang ditunjukkan oleh seseorang atau model ketika berada di depan kamera.

Ketika memotret model atau orang maka pose menjadi hal yang paling penting karena seorang model lah yang menjadi point of interest dalam sebuah foto. Sehingga ketika seorang model tidak dapat menampilkan pose yang bagus maka hasil foto pun juga kurang maksimal.

Bagaimana pose foto dengan kamera dslr / pose saat menggunakan kamera dslr?

Ketika pemotretan berlangsung, maka biasanya seorang fotografer akan mengkonsep terlebih dahulu foto yang diinginkan. Kemudian seorang model akan berpose sesuai dengan arahan fotografer dan konsep yang diinginkan fotografer. Seorang model yang profesional dia akan berpose sesuai dengan konsep yang telah diinginkan oleh fotografer meskipun tanpa diarahkan. Namun agar hasil foto lebih maksimal, seorang fotografer juga harus memiliki kemampuan untuk memberikan arahan kepada model agar berpose sesuai dengan konsep yang telah dibuat.

Jika pemotretan menggunakan objek seseorang yang bukan model maka seorang fotografer harus mengarahkan dengan arahan yang komunikatif dan mudah dipahami. Biasanya seorang fotografer juga harus memberikan treatment khusus kepada seseorang yang akan difoto tersebut agar tidak kaku di depan kamera. Apalagi jika banyak peralatan lain seperti lighting biasanya orang yang tidak terbiasa di foto akan merasa canggung. Karena itulah sang fotografer harus memiliki keahlian untuk mengatasi situasi tersebut. Wajib hukumnya seorang fotografer untuk memberikan arahan agar hasil foto nantinya akan terlihat bagus dengan pose yang natural.

Intinya ketika kamu melakukan pemotretan dengan melibatkan seseorang yang dijadikan objek maka kamu harus mampu mengkomunikasikan konsep foto yang ingin kamu bangun. Untuk seseorang yang tidak biasa berhadapan dengan kamera maka aturlah mereka dengan pose natural sehingga tetap terlihat oke di kamera. Keahlian untuk mengatur pose orang yang kita potret tidak bisa kita dapatkan secara instan namun dengan cara sering berinteraksi dengan bermacam-macam orang yang berbeda.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian pose dalam fotografi . Semoga kalian semakin paham akan apa arti dari kata pose & makna pose dalam foto ya!