1. Pengertian wildlife fotografi itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan wildlife fotografi ?
  3. Apa arti kata wildlife photography ?
  4. Apa itu wildlife photography ?
  5. Bagaimana teknik fotografi wildlife / cara wildlife fotografi ?

Pengertian Wildlife Fotografi


Foto Terbaik dari Alam Bebas

Apa pengertian foto wildlife / pengertian wildlife photography ?

Kehidupan di alam bebas memang menawarkan pesona yang luar biasa. Kita pun kadang melihat foto yang tercetak di kalender dinding yang menampilkan foto kehidupan satwa liar, memotret momen ketika objek satwa itu sedang berburu makan, sedang berkoloni atau bertarung sesamanya. Selain itu, kita juga bisa menikmati foto-foto satwa liar dengan berbagai momen yang diabadikan di berbagai majalah, salah satunya yang terkenal adalah National Geographic.

Foto – foto dengan objeknya adalah tingkah laku satwa liar di habitat aslinya biasa dikenal dengan sebutan foto wildlife atau foto alam bebas. Beberapa fotografer yang menyukai hewan dan memiliki jiwa petualang, kebanyakan terjun dalam foto wildlife ini. Untuk kamera yang digunakan sama pada umumnya kamera jenis apapun bisa, bisa kamera dslr full frame, kamera dslr semi pro atau kamera dslr pada umumnya, namun untuk lensa direkomendasikan untuk menggunakan lensa tele. Penggunaan lensa tele ini memang karena kita akan membidik objek dalam jarak jauh, agar kehadiran kita tidak mengganggu aktivitas si satwa liar tersebut.

Ketika kita ingin terjun ke dalam dunia fotografi wildlife atau alam bebas, kita tetap harus menjaga spot agar habitat tidak terganggu dan siklus kehidupan alam tidak terusik. Dalam salah satu artikel pernah dikisahkan oleh seorang fotografer wildlife. Dirinya ingin menjepret anak burung yang baru menetas yang ia temukan dalam sarangnya. Dia kemudian menaruh anak burung tersebut ke pinggiran sarang agar bisa dipotret. Tak hanya itu, dirasa lightingnya kurang bagus, dia memindahkan sarang burung tersebut ke dahan yang lebih tinggi.

Saat foto sudah jadi dan tercetak, dan dia berhasil mendapatkan foto yang bagus. Beberapa hari kemudian, sang fotografer mendapati si anak burung dalam keadaan tak bernyawa jatuh dari sarangnya. Rupanya anak burung itu dijatuhkan induknya, sebab sarangnya sudah berpindah dan dari badan anak burung sudah tercampur bau manusia. Sang fotografer pun menyesal, demi mendapatkan foto yang bagus, ia rela merekayasa dan bahkan mengakibatkan satwa liar mati.

Di komunitas fotografer wildlife dunia atau yang dinamakan The Wildlife Photographer Community, mereka membuat batasan untuk disepakati sesama fotografer wildlife. Beberapa hal yang menjadi patokan utama dalam mengambil foto wildlife. Pemotretan dilakukan dengan tanpa memindahkan objek foto pindah dari habitat aslinya, dengan tidak merusak dan mengambil bagian apapun dari objek maupun dari habitatnya.

Selain itu, juga masih menjadi batasan untuk memotret wildlife yakni tidak diperkenankan memberi makanan satwa liar atau mengganggu aktivitas pemberian makanan oleh induk satwa liar tersebut. Jarak antara objek foto dengan fotografer harus di jarak yang aman tanpa mengganggu aktivitas apapun itu, termasuk tidak boleh menjebak satwa liar untuk mendapatkan momen yang tepat.

Yang terpenting dari foto wildlife itu harus mengedepankan kejujuran dalam proses pembuatan fotonya. Mirip dengan proses foto jurnalistik. Untuk itulah, selain perlu insting yang tepat serta memahami perilaku satwa liar tersebut, sang fotografer juga perlu melatih kesabarannya untuk menunggu saat yang pas untuk menekan tombol shutter pada kamere sehingga dihasilkan foto wildlife yang istimewa. Nah apakah kamu tertarik ingin menjadi seorang wildlife fotografer ?


Itulah penjelasan singkat mengenai pengertian wildlife fotografi. Semoga bermanfaat  🙂