1. Pengertian luka bakar itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan luka bakar ?
  3. Apa arti luka bakar ? Apa itu luka bakar ?
  4. Apa yang dilakukan jika terkena luka bakar ?

Pengertian Luka Bakar Menurut Para Ahli


Arti luka bakar adalah :

Pengertian luka bakar adalah suatu kondisi atau terjadinya luka akibat terbakar, yang tidak hanya disebabkan oleh panas yang tinggi, namun juga oleh senyawa kimia, listrik, dan pemajanan (exposure) yang berlebihan terhadap sinar matahari. (A. Aziz Alimul Hidayat : 2008 dalam buku Pengantar Ilmu Kesehatan Anak untuk Pendidikan Kebidanan)

Definisi luka bakar adalah cedera pada jaringan kulit yang disebabkan oleh cairan panas (panas basah) maupun panas api (panas kering). Beratnya rasa sakit tidak bisa digunakan sebagai acuan untuk menentukan beratnya luka. (Suara muhammadiyah, Volume 89,Masalah 1-8 : 2004)

Pengertian luka bakar adalah suatu luka yang disebabkan oleh 1) Listrik: Voltage tinggi, petir 2) Panas : basah (air panas, minyak) & kering (uap, metal, api) 3) Kimia : Asam kuat seperti Asam Sulfat dan Basa kuat seperti Natrium Hidroksida 4) Radiasi : termasuk sinar X-ray (Wong : 2003) 


Apa sih pengertian luka bakar dan cara penanganannya ? Sebagian besar kita pasti pernah mengalami luka bakar, setidaknya luka bakar ringan seperti tersentuh panci panas ketika memasak, tersiram air panas ketika menyeduh teh, terkena setrika, dan lain sebagainya. Luka bakar merupakan jenis luka yang cukup serius karena termasuk penyebab kematian ketiga terbesar karena kecelakaan.

Luka ini ditandai dengan rusaknya jaringan di permukaan tubuh/kulit karena terpapar suhu yang sangat tinggi yang menyebabkan berbagai gangguan pada tubuh seperti kerusakan fisik kulit, gangguan cairan dan elektrolit dalam tubuh, hingga masalah metabolisme dan hormonal. Gejala luka bakar dapat dilihat dari kulit yang memerah, mengelupas, melepuh, hangus, dan membengkak.

Luka bakar dapat disebabkan oleh beberapa faktor yaitu :

  • Thermal/panas

Seperti terkena cairan panas, terkena api secara langsung, atau terkena objek-objek lainnya yang bersifat panas.

  • Chemical/kimia

Luka bakar yang disebabkan oleh paparan zat kimia yang bersifat asam atau basa yang sangat kuat. Tingkat keparahan luka ditentukan oleh konsentrasi zat kimia tersebut, luasnya jaringan tubuh yang terpapar, dan lamanya paparan. Contohnya seperti terkena bahan-bahan pembersih rumah tangga, terkena bahan-bahan kimia yang digunakan dalam pertanian, dan lain-lain.

  • Electric/listrik

Luka bakar yang disebabkan oleh panas yang dihasilkan oleh aliran listrik yang mengalir ke tubuh. Tingkat keparahan luka ditentukan oleh lamanya kontak dengan sumber listrik, cara aliran listrik mengenai tubuh, serta besarnya tegangan listrik.

  • Radiasi

Luka bakar karena terpapar sumber radioaktif yang digunakan dalam industri atau dunia kedokteran. Paparan sinar matahari juga merupakan salah satu jenis radiasi yang jika terpapar terlalu lama dapat mengakibatkan luka bakar.

Awalnya luka bakar menyerang permukaan kulit dan jika semakin parah juga dapat mengakibatkan kerusakan lapisan-lapisan di bawahnya seperti otot, pembuluh darah, saraf, hingga ke paru-paru. Selain kulit, mata merupakan organ yang dapat terkena luka bakar. Tingkat keparahan luka bakar ditentukan oleh beberapa faktor diantaranya ukuran dan bagian tubuh yang terkena luka bakar, tingkat ketebalan lapisan kulit yang terbakar, usia dan kondisi kesehatan penderita, serta penyebab timbulnya luka bakar.

Apa yang harus dilakukan jika terkena luka bakar ?

Pengetahuan pertolongan pertama luka bakar sangat diperlukan agar kita dapat meminimalisir efek yang ditimbulkan. Jika terjadi luka bakar maka pertama kali yang harus dilakukan adalah mendinginkan luka tersebut menggunakan air biasa sekitar 20-30 menit. Lepaskan pakaian atau aksesoris lain yang menutupi luka bakar, jika pakaian atau aksesoris tersebut menempel maka biarkan saja. Kemudian buatlah kondisi tubuh orang tersebut tetap merasa hangat. Kemudian luka bakar dapat ditutup dengan perban atau plastik yang steril. Jika penderita merasa sangat kesakitan dapat diberikan obat untuk meredakan rasa sakit seperti ibuprofen dan parasetamol.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian luka bakar menurut para ahli. Semoga kalian bisa menjelaskan pengertian luka bakar secara umum ya ! Baca juga pengertian kerajinan serat alam 🙂