1. Pengertian still life dalam fotografi itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan still life dalam fotografi ?
  3. Apa arti still life photography / arti fotografi still life ?
  4. Apa itu still life photography / definisi still life photography?
  5. Bagaimana cara still life photography / teknik still life photography?

Pengertian Still Life Dalam Fotografi


pengertian still life photography – Buat kamu yang saat jarang ada waktu untuk hunting foto menarik maka kamu tetap bisa mengasah skillmu di bidang fotografi dengan konsep fotografi still life. Fotografi still life memanfaatkan obyek berupa benda mati sehingga tak masalah buat kamu karena bisa mempraktekkannya dirumah. Jika kamu masih asing dengan jenis fotografi still life maka simak dulu penjelasannya agar kamu lebih mudah memahaminya.

Stiil Life merupakan dua kata bahasa Inggris yang jika diartikan secara terpisah kata still berarti diam atau mati dan kata life dapat diartikan sebagai kehidupan. Jika disatukan makna dari fotografi still life adalah foto yang menggunakan benda mati sehingga nampak lebih hidup atau mampu berbicaara dalam sebuah frame.

Bagaimana teknik foto still life / teknik photo still life serta teknik lighting foto still life?

Jenis kamera yang digunakan untuk pemotretan still life adalah bebas bisa kamera dslr dan slr ataupun kamera pocket. Objek dari fotografi still life ini beraneka ragam, mulai dari makanan, mainan, patung, produk dan berbagai macam benda mati lainnya. Karena memotret benda mati berbeda dengan memotret manusia yang memiliki emosi, maka agar lebih menarik maka fotografer still life akan membuat konsep terlebih dahulu sehingga foto yang dihasilkan memiliki cerita. Konsep yang kuat dari fotografi still life itulah yang sebenarnya bagian paling sulit untuk membuat foto still life yang menarik.

Memotret still life bukanlah hal yang sulit namun perlu daya imajinasi tinggi dan kreativitas agar benda-benda yang difoto terlihat menarik dalam frame. Ketika kamu akan mencoba still life dirumah maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar hasil fotomu akan nampak menarik.

Pertama yaitu objek, objek merupakan point of interest dari foto bergaya still life ini. Carilah objek menarik yang ada disekitarmu. Misalnya kamu memiliki mainan karikatur mini maka itu dapat menjadi objek yang menarik. Kemudian untuk membuat objek tersebut mampu bercerita tambahkan properti yang kamu butuhkan sesuai dengan konsep foto yang kamu inginkan.

Setelah itu atur komposisi objek, properti dan background terlihat seimbang di dalam frame. Jika kamu melakukan pemotretan di dalam ruangan atau rumah maka cari sumber cahaya yang bisa membuat objek terlihat jelas. Jika pencahayaan alami kurang mendukung maka gunakanlah cahaya dari flash eksternal agar lebih baik.


Nah itulah penjelasan singkat tentang pengertian still life dalam fotografi serta teknik still life fotografi. Semoga menambah ketertarikan kamu untuk memperdalam aliran fotografi still life ya!