1. Pengertian objek dalam fotografi itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan objek fotografi ?
  3. Apa pengertian point of interest dalam fotografi ?
  4. Apa arti objek foto ? Apa itu objek foto ?
  5. Bagaimana komposisi objek dalam fotografi ?
  6. Bagaimana memotret objek pada fotografi untuk mendapatkan objek fotografi keren ?

Pengertian Objek Dalam Fotografi


Apa Objek Fotografi Sebenarnya?

Dalam dunia fotografi, baik itu fotografi komersial, fotografi jurnalistik, fotografi arsitektur dsb sebenarnya tujuan sederhana yang ingin didapatkan adalah memotret suatu hal yang menarik. Hanya saja tidak berhenti ketika sudah mendapatkan foto tersebut, namun kita juga perlu tahu bagaimana membuat foto kita lebih indah. Hal yang utama yang harus diperhatikan itu objek itu sendiri. Untuk mendapatkan objek yang menarik dan indah untuk diabadikan dalam jepretan foto, kita sebenarnya perlu memahami apa arti objek sebenarnya.

Tidak ada arti baku mengenai objek dalam dunia fotografi. Bukan pula terbatas pada sebuah benda saja, bukan juga  terbatas foto seorang model cantik atau tampan, bukan juga tentang seekor hewan, atau tidak terbatas juga objek adalah panorama. Itu semua bisa jadi objek, namun objek dalam foto adalah segala sesuatu atau yang menarik, tampak hidup dan dapat bercerita, ekspresif serta mengandung sebuah makna. Kemudian hal itu tergabung dalam satu kesatuan frame foto, baik sebagai titik yang utama maupun titik yang berguna sebagai variasi saja.

Selain kita mengenal istilah objek foto, dalam dunia fotografi ada juga mengenai objek yang lain. Yakni apabila dalam sebuah foto terdapat titik utama yang menonjol yang ingin ditunjukkan oleh fotografer dikenal oleh kalangan fotografer sebagai Point Of Interest atau POI. Titik utama POI ini merupakan titik yang sangat menarik perhatian orang ketika pertama kali melihat foto kita.

Namun juga terdapat perbedaan dalam mengartikan objek foto ini. Terutama apabila kita bandingkan dengan subjek foto. Dalam persepsi lain dikatakan bahwa objek adalah adegan dalam lingkup yang besar. Sedangkan subjek foto merupakan benda-benda atau sesuatu yang lebih kecil yang menyusun semua elemen menjadi satu frame foto.

Contohnya kita memotret desa yang di dalam frame terlihat ada gunung, sawah, orang-orangan sawah, gubuk dan petaninya. Maka dari persepsi tersebut, maka pedesaan sebagai skala yang besar disebut sebagai objek, sedangkan skala yang lebih kecil seperti gunung, sawah, orang-orangan sawah, gubuk dan petani adalah subjeknya.

Mengenai perbedaan persepsi antara subjek dan objek ini, kita tidak perlu bingung. Intinya, apabila kita ingin membuat sebuah foto, harus jelas ada sesuatu yang ingin ditonjolkan. Kita bisa sebut itu objek maupun subjek foto, yang penting kita tetap dapat membingkainya dalam karya seni yang indah.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian objek dalam fotografi. Semoga kalian bisa memotret objek fotografi yang bagus ya!